Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Melihat Riwayat Copy Paste

2 min read

cara melihat riwayat copy paste di android

Lupa history atau riwayat hasil copy-paste sebelumnya? kini Anda bisa melihat riwayat copy paste baik di android maupun di komputer/laptop dengan menggunakan cara berikut ini.

Aktivitas copy paste atau salin tempel mungkin sudah biasa kita lakukan dalam beberapa dekade ini. Aktivitas ini, dapat membantu kita sebagai pengguna internet untuk menyalin sebuah tulisan di internet ataupun pada dokumen pribadi.

Terkadang, saking seringnya kita melakukan copy-paste di internet. Kita mungkin lupa dengan apa yang telah kita copy sebelumnya, karena banyaknya salinan baru yang menimpa salinan sebelumnya.

Untungnya, kini, seluruh data dari hasil copy-paste sebelumnya ternyata tersimpan secara otomatis di android atau komputer melalui clipboard.

Sehingga bagi Anda yang kehilangan tulisan hasil copy-paste, kini Anda dapat menemukannya kembali dengan mudah.

Apa itu Clipboard?

Clipboard atau papan klip adalah sebuah tempat penyimpanan sementara untuk menyimpan data hasil dari salinan atau potongan teks. Dengan melakukan aksi cut atau copy, tulisan atau teks akan tersimpan secara otomatis ke dalam papan klip.

Tidak hanya menyimpan sebuah teks yang telah di copy sebelumnya. Namun, clipboard pada umumnya menyediakan deretan teks yang pernah di copy atau di cut sebelumnya.

Artinya, tak hanya dapat menemukan satu teks saja, tetapi seluruh teks yang pernah di copy sebelumnya.

Beberapa ponsel dan perangkat lainnya, sudah menyediakan fitur ini. Lantas bagaimana cara melihat riwayat copy paste di android maupun komputer? simak tutorialnya berikut ini.

Cara Melihat Riwayat Copy Paste

Cara melihat riwayat copy paste di android dan di komputer tentu berbeda. Berikut adalah panduan selengkapnya.

Cara Melihat Riwayat Copy Paste di Android

  • Pastikan Anda telah menyalin beberapa teks sebelumnya.
  • Buka aplikasi apa saja yang dapat memunculkan keyboard di hp.
  • Munculkan keyboard lalu pilih menu Clipboard / Papan klip.
  • Pada menu Terbaru, Anda bisa menemukan beberapa tulisan yang pernah Anda copy sebelumnya.
cara melihat riwayat copy paste di android

Perlu diketahui, pada sebagian ponsel, fitur Papan klip ini harus diaktifkan terlebih dahulu untuk dapat mulai menyimpan teks yang telah di copy sebelumnya. Jika belum, maka seluruh data yang telah di salin sebelumnya, tidak akan tersimpan.

Apabila Anda tidak menemukan fitur ini pada aplikasi keyboard di ponsel. Anda bisa mengunduh aplikasi keyboard atau aplikasi clipboard yang dapat di unduh melalui Google Play Store.

Cara Melihat Riwayat Copy Paste di Komputer

  • Buka Microsoft Store.
  • Download aplikasi Ditto Clipboard di Microsoft Store.
  • Setelah itu, cobalah copy teks di internet.
  • Buka aplikasi Ditto Clipboard pada taskbar untuk mengetahui hasil copy-paste tadi.
cara melihat riwayat copy paste di android

Dari beberapa aplikasi clipboard yang saya temukan di Microsoft Store, aplikasi Ditto Clipboard adalah aplikasi papan klip terbaik.

Selain dapat menyimpan banyak hasil copy, aplikasi ini juga tidak mudah crash seperti aplikasi lainnya.

Selain menggunakan aplikasi clipboard, Anda juga bisa menggunakan Microsoft Word.

Akhir Kata

Dengan menggunakan panduan di atas. Sekarang, Anda tak perlu lagi khawatir data atau tulisan yang pernah Anda copy akan hilang atau kelupaan.

Yang sering jadi pertanyaan dari cara melihat riwayat copy paste di atas adalah, apakah cara ini dapat digunakan dalam keadaan offline? tentu saja, cara ini dapat digunakan dalam keadaan offline maupun online.

Namun perlu di catat apabila cara di atas bukanlah cara mengembalikan hasil copy-paste yang telah hilang sebelumnya. Melainkan cara untuk melihat atau menyimpan riwayat copy paste di android maupun komputer.

Cara tersebut akan mulai bekerja setelah Anda menginstall aplikasi atau mengaktifkan fitur papan klip.

Jika Anda memiliki saran tentang aplikasi clipboard terbaik di Windows yang menurut Anda mudah dan layak digunakan, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah.

Demikianlah cara menyimpan riwayat copy paste, semoga bermanfaat. Apabila Anda memiliki pertanyaan terkait dengan tutorial di atas. Silahkan komentar di bawah ini.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Download di MEGA

Rezaldy
2 min read

Layar Laptop Berkedip

Rezaldy
4 min read

One Reply to “Cara Melihat Riwayat Copy Paste”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *