Rezaldy Hanya seorang pengangguran yang doyan rebahan. Senang menulis konten seputar android, komputer, gadget dan mereview aplikasi.

Cara Melihat Backup Whatsapp

1 min read

cara melihat backup whatsapp di google drive

Beberapa orang mungkin penasaran tentang bagaimana cara melihat backup whatsapp di Google Drive untuk memastikan apakah data di aplikasi wa telah terbackup atau tidak.

Aplikasi whatsapp sendiri, sering menawarkan penggunanya untuk melakukan backup data. Opsi backup ini biasanya ditawarkan dalam jangka waktu harian, mingguan atau bulanan.

Ada juga opsi tidak pernah, yang artinya pengguna tak akan melakukan backup pada data yang ada di whatsapp.

Perlu diketahui, melakukan backup pada data di aplikasi whatsapp sangatlah penting, selain dapat merekam seluruh percakapan, opsi ini juga dapat menyimpan seluruh nomor ponsel yang telah melakukan percakapan dengan Anda.

Sehingga, jika Anda kehilangan seluruh kontak di ponsel. Anda bisa menggunakan opsi restore backup untuk mengembalikannya dengan sangat mudah.

Cadangan Whatsapp di Google Drive

Jika Anda mengaktifkan opsi backup. Anda diharuskan untuk login menggunakan akun Google Anda. Alasannya, karena seluruh data nantinya akan tersimpan di akun Google Drive Anda.

Jika pengguna Android bisa melakukan backup ke Google Drive. Pengguna iOS atau iPhone sendiri dapat melakukan cadangan whatsapp ke iCloud. Namun, kali ini kita akan fokus untuk Google Drive terlebih dahulu.

Namun, karena banyaknya akun yang satu pengguna miliki. Orang-orang seringkali lupa akun mana yang menyimpan backup wa mereka. Oleh sebab itu, kali ini saya akan membagikan cara melihat backup whatsapp di Google Drive.

Cara Melihat Backup Whatsapp

  1. Buka website atau halaman Google Drive.
  2. Selanjutnya masuk menggunakan akun Google.
  3. Setelah itu, klik icon gear > Setelan.
  4. Pilih menu Kelola Aplikasi.
  5. Gulir layar ke bawah, hingga menemukan WhatsApp Messenger.cara melihat backup whatsapp di google drive

Cara ini bisa Anda lakukan dengan membuka Google Drive melalui browser di hp ataupun PC. Apabila Anda menggunakan aplikasi Google Drive, Anda bisa simak cara berikut ini.

Cara Melihat Backup Whatsapp di Aplikasi

  1. Buka aplikasi Google Drive di hp Android Anda.
  2. Pastikan Anda telah masuk menggunakan akun Google.
  3. Ketuk opsi menu yang muncul di pojok kiri atas.
  4. Selanjutnya klik menu Cadangan.cara melihat backup whatsapp di google drive
  5. Apabila pada Cadangan lainnya Anda menemukan Cadangan WhatsApp, berarti data di WhatsApp Anda telah di backup.cara melihat backup whatsapp di google drive

Perlu diketahui jika cara di atas hanya dapat Anda gunakan untuk mengetahui apakah data whatsapp Anda telah terbackup atau tidak, dalam artian, Anda tidak bisa melihat isi data tersebut secara mentah-mentah.

Untuk dapat mengetahui isinya, yang harus Anda lakukan ialah dengan melakukan restore chat wa. Cara tersebut adalah satu-satunya cara untuk mengetahui isi data wa yang telah di backup sebelumnya.

Akhir Kata

Kesimpulannya, penting disini untuk Anda tetap melakukan backup pada data di akun whatsapp Anda. Apabila tidak, maka seluruh data percakapan atau nomor ponsel akan hilang dan tidak bisa dikembalikan.

Selain itu, sekali lagi perlu ditegaskan apabila cara ini dapat digunakan hanya untuk memastikan apakah Anda telah membackup data wa Anda atau belum saja, bukan berarti Anda bisa membaca data tersebut secara mentah-mentah.

Demikianlah cara melihat backup whatsapp di google drive, semoga bisa bermanfaat. Apabila Anda memiliki pertanyaan terkait dengan tutorial ini. Silahkan komentar di bawah.

Rezaldy Hanya seorang pengangguran yang doyan rebahan. Senang menulis konten seputar android, komputer, gadget dan mereview aplikasi.

Social Spy WhatsApp

Rezaldy
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *