Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Kompres File

2 min read

cara mengkompres file sekecil mungkin dengan winrar

Jika kamu ingin mengecilkan ukuran file sekecil mungkin, kamu bisa menggunakan cara mengkompres file sekecil mungkin dengan menggunakan aplikasi Winrar di PC atau Android.

Dengan menggunakan aplikasi Winrar, kamu bisa berbagi file kepada orang lain dengan ukuran file yang lebih ringan dan hemat untuk di unggah maupun di unduh oleh orang lain.

Selain itu, kamu juga dapat menyatukan seluruh file yang ingin kamu simpan atau bagikan ke dalam sebuah format hanya dengan menggunakan aplikasi Winrar yang satu ini di perangkat kamu.

Mengkompres file dengan menggunakan aplikasi Winrar akan membuat file yang telah kamu kompres berubah menjadi .rar atau .zip. Format tersebut bisa diibaratkan sebagai pembungkus file.

Nah, untuk membuka kembali bungkusan tersebut, pengguna yang telah mengunduh file tersebut harus menggunakan aplikasi seperti Winrar untuk mengembalikan format file seperti semula.

Lantas, bagaimana cara mengkompress file hingga sekecil mungkin dengan menggunakan aplikasi Winrar?

Cara Mengkompres File Sekecil Mungkin dengan Winrar

Setiap aplikasi pada platform berbeda seperti Android atau PC, memiliki cara mengkompres file sekecil mungkin dengan Winrar yang berbeda pula. Berikut adalah tutorial selengkapnya.

1. Cara Kompres File dengan Winrar di Android

Nah, bagi kalian yang menggunakan ponsel pintar berbasis Android, kalian bisa menggunakan cara berikut ini.

  1. Pertama, unduh aplikasi RAR di Google Play Store.
  2. Setelah terinstall, jalankan aplikasinya.
  3. Kemudian, pilih file yang akan di kompress.
  4. Lalu tekan tombol Archiving options seperti pada gambar berikut.cara mengkompres file sekecil mungkin dengan winrar
  5. Berikutnya, kamu bisa menambahkan password, memilih format, serta mengubah nama file.
  6. Centang opsi Create solid archive.cara mengkompres file sekecil mungkin dengan winrar
  7. Setelah selesai, klik tombol OK.
  8. Terakhir, tunggulah selama beberapa saat hingga proses pembungkusan file selesai.cara mengkompres file sekecil mungkin dengan winrar

Nah apabila proses pembungkusan file telah selesai, selanjutnya kamu bisa mengunggah file tersebut dimanapun yang kamu mau dengan biaya unggah atau unduh yang lebih hemat daripada sebelumnya.

2. Cara Kompres File dengan Winrar di PC

Selanjutnya, jika kamu menggunakan perangkat PC, baik itu komputer atau laptop, kamu bisa mengecilkan ukuran file dengan cara mengkompres file sekecil mungkin menggunakan Winrar berikut ini.

  1. Unduh program WinRAR di PC kalian terlebih dahulu.
  2. Setelah terunduh, kemudian install programnya seperti biasa.
  3. Kemudian buka File Explorer, lalu cari file yang akan di kompres.
  4. Pilih file yang akan di kompres, lalu klik kanan pada file tersebut.
  5. Selanjutnya klik Add to Archive.winrar pc
  6. Berikutnya, kalian bisa memilih lokasi penyimpanan, mengubah nama file, menambahkan password, atau memilih format file.
  7. Pilih Dictionary size yang paling besar. Lalu, centang opsi Create solid archive pada bagian Archiving options.
  8. Setelah selesai, klik tombol OK, lalu tunggu hingga prosesnya selesai.winrar pc

Agar lebih instan, pada langkah kelima kalian bisa langsung menekan tombol Add to “Download.rar” untuk mengkompres file secara cepat, namun kalian tak akan mendapatkan ukuran file sekecil mungkin seperti yang kalian harapkan.

Akhir Kata

Selain aplikasi RAR, pada platform Android, kalian bisa juga menggunakan aplikasi alternatif lainnya seperti ZArchiver atau aplikasi-aplikasi serupa lainnya untuk mengecilkan file sekecil mungkin menjadi format .rar atau .zip.

Sementara pada PC, baik itu komputer atau laptop. Kalian juga bisa menggunakan program alternatif selain WinRAR seperti program 7-zip atau WinZip yang dapat kalian unduh secara gratis layaknya WinRAR.

Dengan menggunakan cara mengkompres file sekecil mungkin dengan Winrar di atas, kini kamu dapat mengunggah atau membagikan file dengan ukuran yang lebih kecil, sehingga menghemat kuota kamu.

Untuk pengguna iOS, caranya sebetulnya agak mirip, di iOS cara ini dapat dilakukan menggunakan aplikasi seperti Zip & RAR File Extractor. Namun, karena saya tak memiliki perangkat iPhone, jadi saya tak bisa mencontohkannya melalui artikel ini.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini, semoga tutorial ini bisa menjadi manfaat. Apabila masih ada yang ingin kalian tanyakan seputar tutorial ini, silahkan komentar di bawah.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Melihat Alamat Email

Rezaldy
2 min read

Cara Translate Aksara Jawa

Rezaldy
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *