Cara Jual Foto di Shutterstock

cara jual foto di shutterstock
cara jual foto di shutterstock

Mau tau cara jual foto di Shutterstock untuk mendapatkan penghasilan tambahan hingga ribuan dollar? Di artikel kali ini saya akan mengupas tuntas bagaimana tutorial atau langkah-langkahnya.

Apa itu Shutterstock?

Sebelum kita membahas lebih lanjut bagaimana cara jual foto di Shutterstock. Buat yang belum tahu, mari kita mengenal terlebih dahulu mengenai situs Shutterstock yang satu ini lebih dalam.

Shutterstock adalah sebuah situs jual beli foto royalti secara online di internet. Tidak hanya foto, di situs ini kamu juga bisa menjual footage atau vektor hasil desain grafis yang telah kamu buat.

Jadi, buat kamu yang hobi dengan fotografi, videografi atau desain grafis, kamu bisa memanfaatkan situs ini untuk menjual hasil karyamu agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan hingga ribuan dollar.

Tapi, buat kamu yang berniat untuk menjual foto di Shutterstock, kamu harus memperhatikan terlebih dahulu ketentuannya. Supaya gambar atau karya yang kamu unggah tidak melanggar ketentuan.

Syarat dan Ketentuan Jual Foto di Shutterstock

Mengawali menjadi seorang kontributor di Shutterstock harus membaca syarat dan ketentuan penggunaannya. Kamu bisa membaca ketentuan Shutterstock disini atau panduan kontributor disini.

Namun buat kamu yang malas membaca syarat dan ketentuan pengguna atau panduan kontributor. Saya akan meringkasnya disini. Berikut adalah beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan.

  • Untuk bisa bergabung menjadi kontributor, kamu harus berusia minimal 18 tahun.
  • Foto atau karya yang akan diunggah harus milik pribadi, dilarang mengambil foto dari mesin pencari, website, atau foto orang lain, kecuali jika kamu mendapatkan izin untuk mengunggahnya.
  • Jangan mencantumkan watermark atau tanda air pada foto atau karya yang akan kamu unggah di Shutterstock.
  • Jangan mengunggah foto yang mengandung kekerasan atau hal-hal menjijikan lainnya.
  • Dan lain-lain, kamu bisa mengeceknya melalui tautan yang telah saya cantumkan di atas.

Cara Jual Foto di Shutterstock

Jika kamu memiliki karya yang ingin kamu jual di Shutterstock, kamu bisa langsung mengikuti panduan atau langkah-langkah berikut ini untuk menjual foto secara online di Shutterstock.

Begini cara jual foto di Shutterstock:

1. Langkah pertama, kamu bisa mendaftar kontributor Shutterstock pada halaman kontributor Shutterstock.

2. Daftarkan data diri kamu dengan sebenar-benarnya, lalu klik Next.

daftar

3. Setelah itu, verifikasi alamat email kamu, lalu klik Next.

4. Isi alamat tempat tinggal dengan sebenar-benarnya, lalu klik Next.’

cara jual foto di shutterstock

5. Setelah itu, klik Upload Images untuk mengunggah foto karya kalian. Pilih gambar, lalu klik tombol Next.

cara jual foto di shutterstock

6. Klik pada gambar yang akan dijual, lalu isi deskripsi, kategori, serta keyword. Lalu klik Submit.

cara jual foto di shutterstock

Sesudah foto berhasil disubmit, foto akan langsung masuk ke menu pending. Tahap selanjutnya kalian harus menunggu foto, footage atau vektor yang telah kalian buat di review oleh pihak Shutterstock selama beberapa waktu.

Jika telah berhasil di approve, maka foto yang telah kalian unggah dengan cara jual foto di Shutterstock di atas sudah bisa membuat kamu menghasilkan uang dari karya fotografimu di Shutterstock.

Walaupun telah diterima dan muncul di halaman Shutterstock, foto yang telah kamu unggah juga bisa kembali dihapus apabila ketahuan melanggar TOS. Oleh karena kamu juga harus hati-hati untuk tidak melanggar TOS.

Cara Payout di Shutterstock

Apabila kamu telah berhasil menjual sejumlah karyamu di Shutterstock, selanjutnya, kamu bisa langsung mencairkan uang tersebut melalui PayPal, Skrill, ataupun Payoneer. Begini cara payoutnya:

  1. Buka halaman kontributor Shutterstock, lalu login akun.
  2. Selanjutnya, klik pada bagian naman > lalu pilih Account Settings.
  3. Atur payment method, alamat email dan minimum payout yang kamu inginkan.
  4. Setelah itu, klik Save Settings.
  5. Selesai.
cara payout

Informasi yang telah kamu perbarui tersebut akan diterapkan pada tanggal tertentu yang kamu bisa lihat dalam keterangan di bawah pengaturan pembayaran Shutterstock tersebut.

Lantas, kapan uang tersebut bisa dicairkan? menurut informasi yang kami dapatkan, Shutterstock akan membayar kontributornya pada tanggal 7 – 15 di bulan tersebut. Jadi tunggu saja di tanggal-tanggal tersebut yaa.

Akhir Kata

Nah itulah tadi bagaimana cara jual foto di Shutterstock. Jika kamu punya foto, footage atau vektor yang ingin kamu jual. Kamu bisa menggunakan situs jual foto ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Sekian dulu artikel cara jual foto di Shutterstock kali ini. Apabila kamu masih punya pertanyaan yang berkaitan dengan artikel ini. Kamu bisa menanyakannya pada kolom komentar di bawah ini.