Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Instal Ulang HP

cara instal ulang hp

Apakah kamu tengah mencari cara instal ulang hp Android Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, Advan, Lenovo, Asus, dan merk hp / tipe lainnya karena sejumlah alasan, kamu datang pada artikel yang tepat.

Menginstal ulang hp Android ke versi pabrik adalah hal yang lumrah dilakukan oleh sejumlah orang. Biasanya, ada beberapa alasan dibalik hal tersebut, apa saja alasan atau penyebabnya?

Penyebab Instal Ulang HP

Ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang ingin mereset atau melakukan instal ulang hp. Apa saja?

1. Lupa Password

Hal yang paling sering menjadi alasan mengapa seseorang mereset hpnya karena lupa password, PIN, atau pola di hpnya. Tak heran apabila orang-orang ingin mereset hpnya setelah lupa password lantaran instal ulang hp merupakan opsi untuk dapat kembali mengakses hp.

2. Sering Mengalami Crash

Apabila kamu kesal karena aplikasi sering keluar sendiri atau dalam istilah kerennya adalah crash salah satu cara untuk mengatasinya tiada lain yakni dengan mereset hp. Dengan demikian, ponsel akan kembali fresh seperti pertama kali membeli hp.

3. Kinerja HP Lambat

Banyaknya aplikasi berjalan, penyimpanan atau malware terkadang dapat membuat hp menjadi lambat bukan main. Oleh sebab itu, cara untuk dapat membuat ponsel kembali cepat seperti sedia kala adalah dengan melakukan opsi instal ulang hp.

4. Terdapat Virus

Malware atau virus yang menginfeksi ponsel cukup berbahaya. Selain dapat merekam aktivitas kita, data pribadi seperti akun atau media privasi layaknya foto atau video juga dapat dicuri oleh peretas.

Nah jika kamu yakin bahwa ponsel kamu telah terinfeksi oleh sebuah malware atau virus, salah satu cara untuk menghilangkannya yakni dengan melakukan instal ulang hp.

5. Ingin Menghapus Data Secara Instan

Alasan yang terakhir mungkin karena ingin menghapus data secara instan. Karena seperti yang kita ketahui, jika melakukan instal ulang hp akan menghapus seluruh data yang terdapat pada penyimpanan internal kita.

Jadi itulah mengapa alasan ini masuk dalam penyebab mengapa orang ingin menginstall ulang hpnya. Lantas, bagaimana cara untuk cara menginstal ulang hp?

Cara Instal Ulang HP

Terdapat beberapa metode yang dapat kamu lakukan untuk menginstal ulang hp di semua merk atau tipe hp.

Berikut adalah ulasan selengkapnya:

1. Reset Pabrik

Langkah yang pertama adalah dengan melakukan reset pabrik. Reset pabrik ini sendiri dapat dilakukan dengan mudah karena opsi untuk reset ini sendiri biasanya tersedia di menu pengaturan ponsel.

Berikut adalah cara reset pabrik di semua merk dan tipe hp:

  1. Nyalakan ponsel Android kamu seperti biasanya.
  2. Buka menu Setelan di ponsel kamu.
  3. Ketuk menu Sistem > Opsi setel ulang.
  4. Tap opsi Reset ke setelan pabrik.
  5. Tunggu proses resetnya selama beberapa saat.
  6. Selesai.
cara instal ulang hp

Perlu kamu ketahui jika setiap ponsel memiliki nama atau tampilan menu yang berbeda. Ponsel yang saya gunakan adalah Asus, sehingga nama dan pengaturannya tepat seperti di atas.

Jika kamu memakai ponsel Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, Advan, Lenovo, Asus, dan merk hp / tipe lainnya kamu bisa melakukannya juga melalui menu pengaturan, namun dengan tampilan atau nama menu yang agak sedikit berbeda.

2. Flash Ulang

Tahap atau langkah berikutnya untuk instal ulang hp yakni bisa dilakukan dengan melakukan flash ulang. Langkah ini sama seperti sebelumnya, yakni menghapus seluruh data di internal menjadi seperti pabrik.

Namun, langkah yang dilakukan untuk melakukan flash ulang agak sedikit tricky karena dilakukan melalui sistem yang dapat di akses dengan melalui tahap-tahap yang mungkin kamu tidak ketahui.

Berikut ini cara flash ulang hp Android:

  1. Pertama, cari firmware yang mendukung ponsel kamu. Biasanya firmware dapat ditemukan pada laman resmi merk ponsel kamu.
  2. Setelah mengunduh firmware, pindahkan firmware ke MicroSD atau memori eksternal.
  3. Masuk ke Recovery Mode, biasanya untuk masuk ke mode ini kamu harus menekan tombol Power + Volume Bawah ketika ponsel dalam keadaan mati.
  4. Pilih opsi Wipe data/factory reset dan Wipe cache partition.
  5. Kemudian tekan opsi Apply update from SDCard. Lalu cari file firmware yang telah disimpan ke MicroSD atau memori eksternal tadi.
  6. Tunggulah hingga proses flash ulang selesai, setelah itu reboot ponsel kamu dan lihatlah hasilnya.
cara instal ulang hp

Perlu kamu ketahui jika flash ulang sendiri dapat dilakukan melalui beberapa metode, yakni menggunakan bantuan perangkat PC atau tidak memakai PC.

Nah untuk yang cara ini, kalian tidak perlu memerlukan bantuan perangkat PC untuk melakukan flash ulang. Cara ini lebih efektif dan lebih cepat ketimbang menggunakan metode melalui bantuan PC.

3. Menginstall Custom ROM

Metode terakhir kita bisa mencoba menginstall custom ROM. Custom ROM sendiri berfungsi untuk merombak sistem Android kita dengan tujuan untuk menunjang stabilitas atau performa ponsel.

Berikut adalah cara instal ulang hp dengan custom ROM:

  1. Pertama, install aplikasi TWRP di Android kamu.
  2. Kemudian unduh custom ROM berdasrkan merk dan tipe ponsel kamu. Simpan custom ROM yang telah di unduh pada memori internal.
  3. Selanjutnya, masuk ke Mode TWRP, lalu tap Install.
  4. Berikutnya, buka file custom ROM, lalu ketuk Konfirmasi Instalasi. Lalu tunggu selama beberapa saat.
  5. Pada TWRP, pilih Wipe untuk membersihkan sistem secara menyeluruh.
  6. Tunggulah selama beberapa saat, kemudian reboot ponsel jika telah selesai.

Sama halnya dengan metode-metode sebelumnya. Cara instal ulang hp yang satu ini juga dapat menghapus seluruh data yang ada pada memori internal kamu.

Oleh karena itu, sebelum kamu mempraktikkan metode ini, ada baiknya kamu mempertimbangkannya terlebih dahulu atau setidaknya melakukan backup file penting yang terdapat pada ponsel kamu.

Akhir Kata

Dengan menggunakan 3 cara instal ulang hp di atas, kini kamu bisa menginstall ulang hp Android kamu dengan mudah. Baik dengan bantuan aplikasi maupun tidak.

Perlu kamu catat sekali lagi jika cara instal ulang hp Android di atas berlaku untuk semua merk atau tipe hp Android dari Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, Advan, Lenovo, Asus, dan merk hp / tipe lainnya.

Nah, itulah tadi cara instal ulang hp Android. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat. Apabila kamu punya pertanyaan seputar tutorial ini, silahkan komentar di bawah ini.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *