Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Freeze di Excel

1 min read

cara freeze excel

Cara menggunakan fitur freeze di Microsoft Excel sangatlah mudah. Namun, bagi orang awam mungkin banyak yang belum mengetahui definisi ataupun cara menggunakan fitur yang satu ini.

Nah, pada kesempatan kali ini, di artikel ini saya akan membagikan definisi fitur freeze yang terdapat pada Microsoft Excel serta bagaimana cara menggunakannya lengkap dengan gambar.

Pengertian Fitur Freeze Panes di Excel

Fitur Freeze Panes di Microsoft Excel adalah sebuah fitur yang digunakan untuk tetap menampilkan kolom atau baris di lembar kerja walaupun scrollbar bergeser, bergerak atau freeze di Excel.

Dengan demikian, pengguna Excel akan lebih mudah dalam mengolah data di Microsoft Excel. Fitur ini terdapat hampir di seluruh versi Microsoft Excel, baik itu 2007, 2010, 2013, 2016 atau 2019.

Macam-macam Freeze Panes

Fitur Freeze Panes sendiri memiliki beragam variasi yang berbeda-beda yang juga memiliki fungsi dan definisi yang berbeda. Lalu apa saja ragam fitur tersebut? berikut adalah ulasannya.

  • Freeze Panes: untuk freeze atau tetap menampilkan kolom dan baris yang dipilih pada lembar kerja.
  • Freeze Top Row: untuk freeze atau tetap menampilkan baris pertama dari lembar kerja yang sedang aktif.
  • Freeze First Column: untuk freeze atau tetap menampilkan kolom pertama dari lembar kerja yang sedang aktif.
cara freeze excel

Cara Freeze Panes di Excel

Jika kalian masih kebingungan bagaimana cara menggunakan fitur ini di Microsoft Excel, kalian bisa mengikuti panduan cara freeze di Microsot Excel berikut ini selengkapnya.

  1. Jalankan Microsoft Excel di komputer atau laptop kalian.
  2. Kemudian klik menu View.
  3. Blok atau pilih bagian kolom dan baris yang akan di freeze.
  4. Kemudian klik Freeze Panes.
  5. Selesai.
cara freeze excel

Setelah itu, kalian bisa menggeser atau menggerakan scrollbar kemana saja tanpa perlu khawatir kolom dan baris yang telah di freeze akan menghilang. Cara ini hanya berlaku jika kalian memilih Freeze Panes.

Apabila kalian ingin membekukan baris pertama atau kolom pertama saja. Kalian tidak perlu memblok bagian yang akan dibekukan. Kalian hanya perlu menekan menu Freeze Top Row atau Freeze First Column saja.

Akhir Kata

Kalau kalian ingin mengembalikan seperti semula, atau tidak lagi dibekukan. Kalian hanya perlu melakukan cara yang sama, dengan catatan, di akhir kalian hanya perlu menekan tombol Unfreeze.

Apabila setelah selesai di Freeze ternyata Microsoft Excel tidak bisa di save atau di simpan. Bacalah tutorial atau cara untuk mengatasinya di artikel yang telah saya bagikan sebelumnya di blog ini.

Cukup mudah bukan? demikianlah tutorial yang dapat saya sampaikan di artikel kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Apabila ada pertanyaan, silahkan komentar di bawah ini.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *