Rezaldy Hanya seorang pengangguran yang doyan rebahan. Senang menulis konten seputar android, komputer, gadget dan mereview aplikasi.

Cara Flashing Xiaomi Redmi Note 3G (2013121) Global

2 min read

cara membuat jam hp xiaomi menjadi di tengah

Cara Flashing Xiaomi Redmi Note 3G – Perangkat berbasis Android memang tak bisa lepas dari berbagai masalah. Masalah seperti lemot, bootloop, aplikasi crash, layar menjadi blank, tak bisa masuk ke layar utama, dan berbagai masalah lainnya tak jarang menimpa pengguna Android.

Dari berbagai masalah yang ada, bootloop adalah masalah yang paling menyebalkan. Bootloop sendiri adalah keadaan dimana pengguna sama sekali tak bisa menyalakan ponsel dan masuk ke layar utama. Keadaan ini akan mengakibatkan pengguna sama sekali tidak bisa menggunakan ponsel seperti biasanya.

Beberapa masalah lainnya seperti aplikasi yang sering crash, atau lemot, bisa diperbaiki dengan melakukan reset pabrik. Namun, untuk masalah bootloop sendiri, pengguna hanya bisa memperbaikinya melalui metode flashing.

Apa itu Flashing?

Flashing adalah metode menginstall ulang sistem ponsel menggunakan software tertentu untuk memperbaiki kerusakan atau masalah yang menimpa software ponsel.

Sebelum lanjut melakukan flashing, ada baiknya kamu mempertimbangkan terlebih dahulu. Pasalnya, dengan melakukan flashing seluruh data sistem di memori internal ponsel kamu akan di reset sepenuhnya. Sehingga seluruh file yang tersimpan di memori internal kamu akan hilang ketika melakukan proses flashing.

Ponsel dengan sistem Android, rata-rata bisa menerapkan metode ini untuk memperbaiki masalah software. Tak terkecuali dengan ponsel Xiaomi Redmi Note 3 2013121 Global. Ponsel murah ini dan populer ini, tak lepas dari masalah seperti bootloop dan lain sebagainya.

Jika kamu mengalami masalah bootloop atau apapun, kamu bisa mencoba melakukan Flash Xiaomi Redmi Note 3G (2013121) Global dengan menggunakan cara berikut. Namun sebelum masuk ke tutorial, kamu perlu mengetahui keuntungan dan kerugian melakukan flashing terlebih dahulu.

Keuntungan

  • Memperbaiki kerusakan di ponsel
  • Memodifikasi tampilan ponsel menjadi lebih menarik
  • Mampu meningkatkan peforma ponsel
  • Mengurangi celah (bug) pada sistem
  • Memperbaiki fitur-fitur yang menjadi kelemahan dari vendor

Kerugian

  • Menghilangkan garansi ponsel
  • Kualitas update tidak menjamin baik
  • Menghilangkan beberapa fungsi bagian perangkat
  • Mengurangi “umur” ponsel

Setelah membaca keuntungan dan kelemahan melakukan flashing. Untuk melanjutkan ke cara flash Xiaomi Redmi Note 3G 2013121, kamu harus mengunduh bahan-bahanya terlebih dahulu.

Bahan-Bahan Flashing Xiaomi Redmi Note 3G

Setelah berhasil mengunduh bahan-bahan untuk flashing di atas, kamu bisa memulai proses flashing Xiaomi Redmi Note 3G 2013121 melalui panduan berikut ini.

Cara Flashing Xiaomi Redmi Note 3G (2013121) Global

  1. Ekstrak Firmware dan SP Flash Tool yang telah di unduh
  2. Lalu ekstrak juga MTK USB Driver dan Driver Auto Installer, kemudian install programnya
  3. Jalankan SP Flash Tool dengan Run as administrator
  4. Tekan Scatter-loading, kemudian cari file Android_Scatter pada folder Firmware yang telah di unduh sebelumnya
  5. Hapus tanda centang pada opsi Preloader
  6. Tekan tombol Download pada SP Flash Tool
  7. Hubungkan ponsel ke PC menggunakan USB dengan menekan tombol volume atas selama beberapa saat hingga driver sukses terinstall
  8. Apabila driver telah terinstall, maka proses flashing akan berjalan secara otomatis
  9. Jika proses flashing berhasil, maka akan muncul tanda ceklis hijau

Tips Flashing Xiaomi Redmi Note 3G

Sebelum melakukan flashing, ada baiknya kamu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Apalagi jika terdapat data-data penting di ponsel kamu. Jika kamu khawatir data-data penting itu hilang dan belum dipindahkan, saya sarankan agar kamu mencoba untuk mengunjungi service center terlebih dahulu.

Selain itu, pastikan kamu memiliki baterai yang cukup saat hendak melakukan proses flashing, hal ini untuk berjaga-jaga agar nanti tidak terjadi kegagalan saat proses flashing yang bisa menyebabkan dampak yang lebih buruk.

Sedikit tambahan, jika ponsel Redmi Note 3G 2013121 kamu dalam keadaan mati total saat melakukan tutorial flashing ini, pada langkah ke 5, biarkan saja centang yang terdapat opsi Preloader. Opsi centang tersebut hanya untuk berjaga-jaga jika file tidak memiliki kecocokan saja.

Akhir Kata

Jika cara ini tidak bekerja, saya sarankan agar kamu membawa ponsel ke konter atau tempat service ponsel terdekat dan terpercaya.

Demikianlah Cara Flash Xiaomi Redmi Note 3G (2013121) Global, semoga tutorial ini bermanfaat.

Rezaldy Hanya seorang pengangguran yang doyan rebahan. Senang menulis konten seputar android, komputer, gadget dan mereview aplikasi.

Sinyal Hilang

Rezaldy
3 min read

Cara Reset Andromax M3Z

Rezaldy
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *