Cara Download Video Zenius

cara download video zenius
cara unduh video di aplikasi zenius

Cara Download Video Zenius – Tak terasa sebentar lagi tahun ajaran 2019 akan usai. Pelajar akan naik tingkat, sebagian ada akan masuk ke SMP, SMA, atau bahkan masuk ke perkuliahan. Untuk dapat lulus ujian akhir, belajar dengan sungguh-sungguh adalah kunci dari kelulusan.

Selain belajar secara mandiri, mengikuti bimbingan secara offline adalah alternatif lain yang bisa kamu pilih untuk meningkatkan tingkat keseriusanmu dalam belajar. Bimbel secara offline dapat dilakukan di tempat-tempat yang memang khusus menyediakan kelas bimbel, atau melalui guru privat.

Namun harga guru privat yang mahal dan jarak tempuh tempat bimbel, terkadang membuat seseorang mengurungkan niatnya untuk belajar dengan mengikuti bimbingan. Hal ini membuat beberapa perusahaan membangun inovasi baru untuk memecahkan persoalan seperti ini.

Buktinya, sekarang banyak sekali layanan bimbel online yang bisa kita temukan di internet yang tak jarang membuat kita bingung untuk memilihnya. Yang belakangan populer, diantaranya adalah Ruangguru dan Zenius.net.

Apa itu Zenius.net?

Zenius.net adalah salah satu platform yang menyediakan layanan bimbel online. Dibandingkan dengan Ruangguru.com yang memiliki popularitas yang lebih tinggi dibandingkan Zenius. Mengapa kita membahas Zenius.net?

Well, jawabannya karena gratis. Jika kebanyakan platform yang menyediakan layanan bimbel online berbayar. Di Zenius.net, kamu bisa mengakses bimbel online secara gratis.

Awalnya Zenius sendiri merupakan layanan bimbel online berbayar (hingga, namun secara mengejutkan, di Desember 2019, Zenius.net mengumumkan bahwa Zenius pada saat itu sudah dapat di akses secara gratis.

Kamu bisa mendapatkan materi belajar atau soal latihan baik dalam format teks atau video. Menurut informasi yang didapat, lebih dari 80 ribu video di Zenius.net kini dapat kamu akses secara gratis.

Bagaimana Cara Menonton Video di Zenius.net?

Materi pelajaran dalam format teks, dapat kamu buka atau unduh secara langsung setelah melakukan registrasi. Sementara untuk dapat mengakses video tak semudah itu, untuk menonton video di Zenius.net, kamu harus memverifikasi nomor ponsel kamu terlebih dahulu.

Ketika melakukan verifikasi, sangat disarankan untuk melakukannya melalui aplikasi Zenius.net yang dapat di unduh melalui Play Store atau App Store. Hal ini disebabkan karena, sebagian operator internet sangat sulit untuk mengakses situs Zenius.net daripada aplikasinya.

Setelah melakukan verifikasi nomor ponsel, kamu sudah bisa menikmati lebih dari 80 ribu video materi pelajaran secara gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya berlangganan bimbel online.

Akses video sendiri bukanlah sesuatu yang cukup murah. Memutar sebuah video akan memakan banyak kuota, apalagi jika kita memutarnya berkali-kali. Menyimpannya akan menjadi pilihan terbaik untuk lebih menghemat kuota.

Sayangnya, Zenius.net masih belum memiliki opsi atau fitur untuk menyimpan video secara offline. Menurut Zenius yang dikutip dari laman Bantuan di aplikasi Zenius, fitur menonton video secara offline di Zenius.net masih dalam tahap pengembangan.

Menunggu pengembangan fitur tersebut selesai, tak ada salahnya untuk mencoba cara download video zenius. Dengan mengunduh video menggunakan cara berikut, kamu bisa memutarnya kapan saja dan dimana saja tanpa perlu akses internet.

Cara Download Video Zenius

Begini caranya:

  1. Pasang program Internet Download Manager di PC/Laptop kamu
  2. Install ekstensi IDM Integration Module di browser
  3. Kemudian buka Zenius.net
  4. Masuk menggunakan akun Zenius kamu
  5. Verifikasi nomor ponsel akun Zenius
  6. Buka materi video yang akan di download
  7. Tekan tombol Download video from this page
  8. Lalu klik Start Download

Sementara ini, download video zenius hanya dapat dilakukan menggunakan metode ini melalui PC atau laptop saja. Untuk pengguna Android dan iOS sendiri harus sedikit bersabar menunggu fitur menonton video Zenius secara offline yang hingga kini masih dalam tahap pengembangan.

Keuntungan Download Video Zenius

Dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa menyimpan video Zenius cukup memiliki beberapa keuntungan. Pertama, kamu dapat memilih video dari materi yang kamu butuhkan.

Selanjutnya kamu juga dapat dengan mudah menemukan materi secara spesifik yang telah tersimpan di perangkat kamu.

Dan yang terakhir, kamu juga bisa menonton materi dalam bentuk video berkali-kali di perangkat kamu tanpa perlu khawatir akan memotong banyak data seluler kamu.

Akhir Kata

Seperti kata pepatah, kejarlah ilmu sampai ke ujung dunia. Maka dengan adanya layanan bimbel online gratis seperti Zenius.net ini, kita harus bisa memanfaatkan semaksimal mungkin layanan tersebut untuk menjadikan kita lebih baik di masa depan.