Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Downgrade Windows 10

1 min read

cara downgrade windows 10

Walaupun tampil dengan gaya baru, ada saja orang yang tak betah menggunakan Windows 10. Belakangan, sejumlah orang mencari cara downgrade Windows 10 ke Windows 7/8.

Seperti yang kita ketahui, setiap beberapa tahun, Microsoft merilis sistem operasi terbaru. Kali ini, sistem operasi terbaru dari Microsoft tersebut ialah Windows 10.

Meskipun hadir dengan gaya lebih modern, sejumlah orang lebih memilih untuk kembali menggunakan Windows 7/8 karena kesulitan beradaptasi dengan sistem operasi terbaru ini.

Penyebab Downgrade Windows

Ada beberapa alasan yang menyebabkan sejumlah orang ingin kembali menggunakan Windows 7 ketimbang Windows 10. Apa saja alasannya? simak alasannya dibawah.

  • Sulit beradaptasi dengan gaya atau tampilan baru Windows 10.
  • Perangkat PC tidak kuat menjalankan OS Windows 10. Efeknya, PC sering mengalami lag hingga bluescreen.
  • Tidak puas dengan Windows 10 dari berbagai aspek.
  • Serta berbagai alasan lainnya.

Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin melakukan downgrade Windows 10 ke Windows 7, Anda bisa mencoba cara berikut ini untuk melakukannya.

Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 7/8

Sebelum masuk ke cara downgrade Windows 10 ke Windows 7/8, perlu diketahui apabila cara ini tidak akan menyebabkan data hilang. Dengan catatan, sebelumnya, Anda melakukan upgrade dari Windows 7/8 ke Windows 10.

Melalui proses upgrade tersebut, nantinya akan ada sebuah folder Windows.old yang berisikan data-data lama Anda. Termasuk data sistem operasi sebelumnya baik itu Windows7/8.

Catatan tambahan, cara ini dapat dilakukan bagi Anda yang telah melakukan upgrade dari Windows 7/8 ke Windows 10 dalam waktu kurang lebih sebulan/30 hari. Setelah melewati masa tersebut, Anda sudah tidak bisa melakukan cara ini lagi.

  1. Buka Start > masuk ke menu Settings.
  2. Pilih menu Update & Security.
  3. Selanjutnya, pilih menu Recovery.
  4. Klik Get Started pada Go back to Windows 7/8.
  5. Ikuti intruksi-intruksi berikutnya dengan menekan tombol-tombol Next.
  6. Terakhir, Anda akan masuk ke proses downgrading.
cara downgrade windows 10 ke windows 7/8/8.1

Proses downgrading ini tidak akan memakan waktu yang instan. Oleh sebab itu, bagi pengguna laptop, saya sarankan agar Anda melakukan proses downgrading sembari mengisi baterai.

Apabila Anda telah melewati sebulan dan tidak bisa menemukan lagi opsi Go back to Windows 7 pada menu Recovery. Saya sarankan agar Anda melakukan instal ulang menggunakan file Windows 10 yang bisa di unduh disini melalui DVD atau flashdisk.

Perlu diingat, berbeda dengan cara downgrade Windows 10 ke Windows 7/8 di atas. Cara downgrade manual menggunakan DVD atau flashdisk ini tidak akan menyimpan data-data Anda.

Jadi, apabila Anda melakukan instal ulang manual menggunakan DVD atau flashdisk. Pastikan untuk melakukan backup data-data penting yang ada di PC Anda terlebih dahulu.

Akhir Kata

Nah, cukup mudah bukan? perlu diingatkan sekali lagi, jika cara di atas hanya berlaku bagi pengguna yang sebelumnya melakukan upgrade dari Windows 7/8 ke Windows 10 sebelum 30 hari.

Bagi kalian yang telah melewati waktu tersebut, maka kalian tak akan lagi menemukan opsi untuk kembali menggunakan Windows 7/8. Sudah cukup jelas?

Demikianlah cara downgrade Windows 10 ke Windows 7/8 tanpa kehilangan data. Semoga cara ini bisa bermanfaat. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan, silahkan komentar di bawah.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *