Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Downgrade Asus Zenfone Max Pro M1

2 min read

cara downgrade asus zenfone max pro m1

Dalam update software terbaru Asus Zenfone Max Pro M1, sebagian orang tidak menyukai fitur-fitur terbarunya. Satu-satunya cara untuk mengembalikannya adalah dengan melakukan downgrade software. Lantas bagaimana cara downgrade asus zenfone max pro m1?

Seperti yang kita ketahui, Asus memang getol menambahkan pembaruan pada ponsel terkini mereka. Salah satu ponsel yang getol diperbarui adalah Asus Zenfone Max Pro M1.

Salah satu contoh pembaruan dari Asus adalah menaikan versi Android dari Android 9 Pie menjadi Android 10 Q. Dalam pembaruan tersebut, terdapat banyak sekali perbaikan bug atau penambahan fitur baru.

Namun, banyak pengguna yang merasa kurang cocok menggunakan Android 10. Tak heran apabila banyak pengguna yang ingin mengetahui bagaimana cara downgrade asus zenfone max pro m1.

Persiapan Sebelum Melakukan Downgrade

Sebelum masuk ke cara melakukan downgrade asus zenfone max pro m1. Perlu kalian ketahui jika cara ini dapat menghapus seluruh data atau berkas yang tersimpan di dalam penyimpanan internal ponsel Anda.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan panduan ini, saya sarankan agar Anda terlebih dahulu memindahkan berkas-berkas penting yang ada di penyimpanan internal ke penyimpanan eksternal.

Selain itu, tentu saja, untuk mengikuti langkah ini selanjutnya, Anda diharuskan untuk memiliki firmware lama Anda yang bisa Anda unduh dalam situs resmi Asus disini.

Cara Downgrade Asus Zenfone Max Pro M1

Setelah Anda berhasil mengunduh firmware tersebut Anda sudah siap langsung mempraktikan tutorial berikut ini untuk melakukan downgrade pada ponsel Asus Zenfone Max Pro M1 Anda.

Langkah 1: Letakkan Firmware di MicroSD Card

Langkah yang pertama yaitu meletakkan file firmware yang sebelumnya telah di unduh pada MicroSD atau kartu SD.

Jika Anda mengunduhnya melalui hp. Anda bisa langsung memindahkan file tersebut ke MicroSD secara langsung, namun jika Anda mengunduhnya menggunakan PC atau laptop, Anda bisa memasukan filenya ke MicroSD menggunakan kabel data atau USB.

Langkah 2: Buka Android Recovery

Selanjutnya, Anda harus masuk pada mode Android Recovery di ponsel Asus Zenfone Max Pro M1 Anda. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan.

Tahan kedua tombol tersebut secara bersamaan, kemudian nantinya, Anda akan dibawa langsung pada mode Android Recovery.

Langkah 3: Instal Firmware

Setelah berhasil masuk ke Android Recovery, selanjutnya Anda hanya perlu memilih firmware yang sebelumnya telah dipindahkan ke MicroSD atau kartu SD.

Anda bisa memasukan file firmware melalui menu “Apply update from external storage“, disana kemudian Anda bisa mencari lokasi atau folder penyimpanan firmware itu disimpan.

Setelah menemukan file firmware, selanjutnya Anda hanya perlu melanjutkan ke tahap berikutnya hanya dengan menekan tombol OK. Lalu, tunggulah selama beberapa saat hingga proses instalasi firmware selesai.

Langkah 4: Wipe Data/Factory Reset

Apabila proses instalasi firmware telah selesai dilakukan, Anda masih akan di bawa ke halaman Android Recovery. Nah, yang harus Anda lakukan setelah itu yakni melakukan Wipe data/factory reset.

Factory reset ini berfungsi untuk menghapus seluruh aplikasi dan data yang telah terpasang atau tersimpan di penyimpanan internal, untuk kemudian nantinya ponsel Anda akan terlihat seperti keluaran baru dari pabrik.

Langkah 5: Wipe Cache Partition

Untuk mengakhiri cara downgrade asus zenfone max pro m1 ini, lakukanlah Wipe cache partition. Menu ini masih dapat Anda temukan pada halaman Android Recovery.

Dengan melakukan wipe cache partition ini, data-data sampah yang sebelumnya tersimpan pada sistem sebelumnya akan dihapus secara keseluruhan.

Langkah 6: Reboot Hp

Jika seluruh proses di atas telah dilakukan dengan baik dan benar. Selanjutnya Anda hanya perlu mereboot ponsel Anda. Tekan opsi Reboot system now di halaman Android Recovery untuk merestart ponsel Anda.

Setelah itu, jangan lupa juga untuk menyetting ulang ponsel Anda. Jangan lupa juga untuk mengecek sistem operasi yang telah terinstal sekarang melalui menu Settings > System > About Phone.

Akhir Kata

Oh iya, sebelumnya saya lupa mengatakan, apabila Anda akan melakukan panduan di atas. Pastikan ponsel telah memiliki baterai yang cukup untuk instalasi supaya tidak terjadi kegagalan atau corrupt.

Cukup mudah bukan? demikianlah cara downgrade asus zenfone max pro m1 terbaru tanpa pc atau laptop, semoga dapat bermanfaat. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan, silahkan komentar di bawah ini.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cek IMEI Sony

Rezaldy
2 min read

Cara Root HP Asus

Rezaldy
2 min read

One Reply to “Cara Downgrade Asus Zenfone Max Pro…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *