Cara Copy Paste Tulisan Blog yang Dikunci

cara copy paste tulisan blog yang dikunci

Cara copy paste tulisan blog yang dikunci mungkin kini tengah dicari oleh sejumlah orang yang berusaha melakukan copypaste di sejumlah web atau blog yang tidak dapat di copy.

Yep, menyebalkan memang ketika kita tengah mencari sumber referensi untuk keperluan tugas atau laporan pada sebuah blog, namun blog tersebut tidak mengizinkan untuk melakukan copypaste.

Hal tersebut lantas membuat kita harus terpaksa merangkum teks yang terdapat pada blog tersebut secara manual dengan mengetik sendiri tulisan yang ada pada blog.

Teks yang terkunci atau tidak diizinkannya sebuah teks di copypaste pada sebuah blog atau web sendiri lantaran untuk menghindari plagiarisme yang kadang menimpa para blogger.

Konten duplikat yang terdapat di Google akan terdeteksi oleh robot Google membuat “nilai” sebuah blog akan berkurang apabila konten yang dimilikinya terlalu banyak duplikat.

Oleh karena itu, tak heran apabila kamu menemukan sejumlah blog atau website yang tidak memperbolehkan pembaca untuk melakukan copypaste sembarangan pada tulisan di blognya.

Walaupun demikian, terdapat sejumlah metode atau cara mengcopy paste tulisan di blog yang tidak bisa dicopy atau dikunci.

Cara Copy Paste Tulisan Blog yang Dikunci

Ada sejumlah metode atau cara yang bisa kamu coba untuk mengcopy tulisan di blog yang tidak bisa dicopy. Apa saja?

1. Mematikan Javascript

Cara copy paste tulisan blog yang dikunci yang pertama yakni dapat dilakukan dengan mematikan terlebih dahulu javascript di browser. Berikut adalah tutorialnya:

  1. Jalankan browser Google Chrome di PC kamu.
  2. Buka halaman website atau blog yang akan di copy.
  3. Klik ikon gembok yang berada tepat di sebelah kolom url.
  4. Selanjutnya, klik Site Settings.
  5. Ubah opsi Javascript menjadi Block.
  6. Refresh blog yang sedang kamu, buka, lalu cobalah untuk copy.
cara copy paste tulisan blog yang dikunci

Namun sayangnya, tidak semua website atau blog yang dikunci dapat di copy paste menggunakan cara ini. Kamu bisa menggunakan cara berikutnya apabila cara ini tidak bekerja di blog yang akan kamu copas.

2. Mengubah Pengaturan Browser

Cara copy paste tulisan blog yang dikunci yang terakhir yakni dapat dilakukan dengan mengatur peraturan pada browser. Berikut ini adalah panduan selengkapnya:

  1. Jalankan Google Chrome di PC kamu.
  2. Klik ikon titik tiga di browser.
  3. Pilih menu Settings.
  4. Cari Javascript di pengaturan.
  5. Lalu nonaktifkan Javascript.
  6. Selesai.
cara copy paste tulisan blog yang dikunci

Metode ini sama seperti sebelumnya, yakni dengan javascript. Perbedaannya adalah, kali ini dilakukan melalui pengaturan, dan berlaku untuk seluruh website tidak hanya satu saja seperti cara sebelumnya.

Jika kalian masih belum bisa mengcopy paste tulisan yang ada di blog yang dikunci. Maka kalian bisa menggunakan metode selanjutnya dengan memakai ekstensi atau add ons.

3. Menggunakan Ekstensi

Cara mengcopy tulisan di blog yang tidak bisa dicopy selanjutnya bisa juga dengan menggunakan ekstensi atau add ons di browser. Begini cara menggunakan ekstensi selengkapnya:

  1. Jalankan browser Google Chrome di PC kamu.
  2. Buka webstore Google, kemudian cari ekstensi Absolute Enable Right Click & Copy.
  3. Klik Tambahkan ke Chrome untuk menginstallnya di Chrome kamu.
  4. Setelah terinstall, buka web atau blog yang tidak di copy tadi.
  5. Kemudian klik ikon ekstensi Absolute Enable Right Click & Copy berupa kursor yang berada pada bagian ekstensi.
  6. Selanjutnya klik Enabled Copy.
  7. Setelah itu, kamu bisa melakukan copy paste di blog atau website tersebut.

Setelah kamu mengaktifkan opsi Enabled Copy pada ekstensi, langsung dapat melakukan aktivitas copy paste seperti biasanya tanpa perlu khawatir tulisan atau teks yang ada di web atau blog terkunci.

Akhir Kata

Cara mengcopy tulisan di blog yang tidak bisa dicopy yang saya sampaikan ini, hanya dapat dilakukan melalui browser PC, khususnya dengan menggunakan browser Google Chrome.

Saat ini, saya belum menemukan aplikasi Android atau iPhone yang memiliki fungsi serupa untuk dapat melakukan cara copy paste tulisan blog yang dikunci ini.

Jika kalian tahu cara bagaimana melakukan copy paste tulisan di blog yang dikunci di Android atau iPhone, silahkan komentar di bawah ini untuk berbagi informasi dengan kami.

Sedikit tips dari saya, jika kalian selesai mencopy, saya sarankan agar kalian menyimpannya langsung, atau menggunakan cara melihat riwayat copy paste agar tulisan yang telah di copy tidak hilang.

Sekian dulu cara mengcopy tulisan di blog yang tidak bisa dicopy semoga bermanfaat. Apabila kamu masih memiliki pertanyaan seputar tutorial ini, silahkan berkomentar di bawah ini.