Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Cek Infrared di Android

2 min read

Cara cek infrared di android

Saat ini infrared tak hanya digunakan pada ponsel jadul untuk berbagi file. Beberapa ponsel Android mengembangkan fitur ini menjadi sebuah fitur yang bisa bermanfaat bagi kehidupan keseharian kita. Namun, tak semua hp Android memiliki fitur ini. Lantas, bagaimana cara cek infrared di Android?

Namun sebelum masuk ke tutorial, seperti apa yang telah disebutkan sebelumnya, Sensor infra merah atau infrared, mungkin tak terdengar asing bagi pengguna ponsel yang lahir di awal 90-an. Yap, dulu, fitur infrared memang sering ditemukan di ponsel jadul yang memiliki fungsi  untuk berbagi file.

Seiring berkembangnya waktu, tren sensor infrared mulai redup, dan tergantikan oleh fitur pengirim file baru yang dikenal sebagai Bluetooth yang dinilai memiliki banyak kelebihan dibandingkan sensor infra merah.

Namun tahukah kamu jika sebagian ponsel android yang hingga kini masih memiliki sensor infrared?

Meskipun sensor ini memang telah ditinggalkan bahkan hampir dilupakan, beberapa jenis ponsel Android seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Huawei, Sony, LG, HTC, ZTE, LEECO, dan LETV masih memilik fitur infrared.

Hal tersebut tak lain karena fitur infrared masih bermanfaat digunakan dalam aktivitas kehidupan kita saat ini. Lalu apa saja fungsi atau manfaat dari fitur infrared di Android? bagaimana fitur ini bisa menjadi sangat bermanfaat?

Fungsi Infra Merah di Android

Banyak sekali manfaat menggunakan sensor infrared, mengingat sebagian alat-alat elektronik seperti TV, AC, dan teknologi lainnya masih menggunakan teknologi sensor infrared.

Salah satu fungsi infrared di Android adalah dengan membuat fungsi ponsel layaknya remot kontrol. Artinya, kamu dapat mengatur berbagai peralatan elektronik yang masih menggunakan sensor infrared melalui ponsel kamu.

Jika ponsel kamu memiliki sensor infrared, kamu dapat dengan mudah mengontrol peralatan elektronik seperti smart TV, TV tabung, dan AC menggunakan ponsel kamu menggantikan remot konvensional.

Nah, misalkan kamu kehilangan remot konvensional atau remot mengalami kerusakan, cara lebih efektif kamu gunakan jika dibandingkan dengan membeli remot baru.

Cara Cek Infrared di Android

Seperti yang telah disebutkan tadi, hanya beberapa jenis ponsel saja yang memiliki sensor infrared ini. Nah, jika kamu penasaran bagaimana cara mengetahui apakah ponsel telah memiliki sensor infrared atau belum, kamu bisa menggunakan cek infrared di Android melalui langkah-langkah berikut ini.

Cara Cek Infrared di Android Melalui Kode Dial

Buka papan panggilan di ponsel kamu

Masukan dial *#0*# di papan panggilan

Setelah itu, kamu akan dialihkan ke General Test Menu, disana kamu bisa menemukan berbagai fitur yang tersedia di ponsel kamuapk infra merah

Jika disana terdapat fitur IR LED, artinya ponsel kamu memiliki sensor infrared

Kamu bisa mencoba mengetikan dial ini melalui ponsel Oppo, Vivo, Samsung, Lenovo, atau Asus untuk mengetahui apakah ponsel memiliki infrared atau tidak.

Cara Cek Infrared di Android Dengan Aplikasi

  1. Unduh aplikasi IR Test di Google Play Store
  2. Buka aplikasi IR Test yang telah di unduh
  3. Jika disana terdapat tulisan “YOU HAVE AN IR BLASTER,” artinya ponsel kamu memiliki fitur infraredCara Cek Infrared di Android
  4. Sebaliknya, jika setelah membuka aplikasi IR Test kemudian terdapat tulisan “YOU DON’T HAVE AN IR BLASTER,” artinya ponsel kamu tak memiliki fitur infrared.Cara Cek Infrared di Android
  5. Selesai, kamu bisa mengetahui apakah ponsel kamu punya fitur infrared atau tidak menggunakan aplikasi di atas.

Cara Cek Infrared di Android Melalui Lampu Infrared

Selain melalui dua langkah di atas, kamu juga bisa mengetahui apakah ponsel memiliki infrared atau tidak dengan melihat lampu infrared. Lampu infrared pada ponsel biasanya terletak di bagian atas atau sisi lain bagian ponsel.

Cara Cek Infrared di Android
Gambar: droid-life.com

Cara Memasang Infrared di Android

Jika ponsel kamu tak memiliki sensor infrared. Tenang saja, karena kamu bisa memasang sensor infrared menggunakan hardware atau alat tambahan yang dapat kamu beli secara langsung di toko ponsel maupun toko online.

hp
Gambar: AliExpress.com

Bukan cuman buat Android, beberapa alat sensor infrared eksternal juga dapat digunakan untuk pengguna iPhone, namun sebelum kamu membeli sensor eksternal di toko, pastikan kamu memperhatikan deskripsi sensor infrared tersebut apakah cocok dengan ponsel kamu atau tidak.

Selain membeli sensor infrared, kamu juga bisa membuat sensor infrared dengan manual secara mandiri dengan mengikuti panduan tutorial pembuatan sensor infrared yang kini telah berserakan di internet.

Cara Menggunakan HP Untuk Dijadikan Remot Kontrol

  1. Pastikan ponsel telah memiliki sensor infra merah
  2. Unduh aplikasi Remote Control for TV di Google Play Store (beberapa jenis ponsel memiliki aplikasi bawaan)
  3. Buka aplikasi Remote Control yang telah berhasil di unduh
  4. Kemudian kamu bisa mengontrol berbagai peralatan elektronik yang memiliki sensor infra merah menggunakan ponsel!

Akhir Kata

Cukup gampang bukan? hanya dengan menggunakan ponsel yang memiliki sensor infrared, kamu dapat mengontrol berbagai alat elektronik seperti smart TV, TV tabung, AC, amplifier, dan berbagai alat elektronik lainnya yang mendukung fitur infrared.

Selain dapat digunakan untuk dijadikan sebagai alternatif remot konvensional, kamu juga dapat menggunakan sensor ini untuk iseng dengan teman kamu yang cukup gaptek, sehingga membuat teman kamu terengah-engah.

Demikianlah 3 Cara Cek Infrared di Android Dengan Mudah, semoga bermanfaat.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

2 Replies to “Cara Cek Infrared di Android”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *