Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Cek ID Pelanggan PLN

2 min read

cara cek id pelanggan pln online

Cara cek ID pelanggan PLN secara online atau offline ternyata sangatlah mudah. Cara ini berguna apabila kalian ingin melakukan pembayaran PLN atau mendapatkan kompensasi pembayaran listrik PLN.

Tanpa adanya ID pelanggan PLN (IDPEL) pengguna tidak bisa membayar tagihan PLN melalui metode-metode seperti pembayaran tagihan online, minimarket atau tagihan-tagihan praktis lainnya.

Selain itu, pelanggan yang ingin mengajukan untuk mendapatkan kompensasi PLN juga tak dapat mengajukan apabila tak mengetahui ID pelanggan PLN.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tutorial atau cara untuk mengetahui ID pelanggan PLN atau IDPEL secara mudah dengan sejumlah metode. Simak langkah-langkah selengkapnya berikut ini.

Cara Cek ID Pelanggan PLN

Ada sejumlah cara yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui ID pelanggan PLN. Berikut adalah langkah-langkah atau metode-metode selengkapnya yang dapat kamu coba.

1. Cara Cek ID Pelanggan PLN Secara Online

Cara cek ID pelanggan PLN yang pertama dapat dilakukan secara online melalui toko online, seperti Tokopedia, Bukalapak, atau toko online serupa lainnya yang menyediakan layanan pembayaran tagihan listrik.

Namun, sayangnya cara ini hanya dapat digunakan untuk mengakurkan ID pelanggan PLN saja. Karena, nyatanya, untuk mengetahui IDPEL di toko online, kalian harus juga memasukan ID pelanggan terlebih dahulu.

Kalian bisa memasukan ID pelanggan PLN kalian yang dapat kalian cari pada cara berikutnya di situs penyedia pembayaran tagihan PLN ini untuk mengetahui tagihan serta mengakurkan ID pelanggan kalian.

Namun, jika kalian pernah melakukan pembayaran tagihan PLN di situs seperti Tokopedia atau Bukalapak, kalian bisa cek ID pelanggan PLN secara online hanya dengan mencari riwayat pembayaran tagihan.

2. Cara Cek ID Pelanggan PLN Melalui Struk Pembayaran

Selain cara cek ID pelanggan PLN secara online tadi, kalian bisa mengetahui ID pelanggan melalui struk pembayaran PLN. Kalian akan mendapatkan struk ini apabila melakukan pembayaran di kantor PLN terdekat.

Dalam struk pembayaran PLN tersebut, biasanya terdapat nomor atau IDPEL PLN kita. Nah, IDPEL tersebut bisa kita akurkan melalui cara pertama tadi untuk mengetahui jumlah tagihan pembayaran atau detail informasi IDPEL.

Artinya, jika kalian biasa menerima struk pembayaran PLN, pastikan apabila kalian tidak membuangnya yaaa, karena mungkin sewaktu-waktu kita akan membutuhkannya.

3. Cara Cek ID Pelanggan PLN Pada Meteran PLN

Selain cara tadi, ada juga cara cek ID pelanggan PLN pada meteran PLN. Biasanya, pada meteran PLN, akan terdapat beberapa digit angka yang menunjukan ID pelanggan PLN.

Untuk letak ID pelanggan PLN di meteran sendiri biasanya terletak tepat di dekat barcode atau kode batang. ID pelanggan sendiri biasanya terdiri dari 11 hingga 12 digit angka saja.

Jika kalian telah menemukan ID pelanggan pada meteran, siapkan kertas serta ballpoint untuk mencatat ID pelanggan, agar kedepannya kalian dapat mudah untuk membayar tagihan listrik atau meminta kompensasi.

4. Cara Cek ID Pelanggan PLN dari Struk ATM

Apabila kalian sebelumnya pernah melakukan pembayaran tagihan listrik PLN melalui ATM. Kalian bisa menemukan ID pelanggan pada struk pembayaran yang kalian bayar via ATM.

Pada struk pembayaran tagihan listrik PLN di ATM sendiri, kalian dapat menemukan ID pelanggan pada bagian IDPEL. Disanya kalian bisa menemukan ID pelanggan kalian yang memiliki 11-12 digit nomor.

Nah, jika kalian sering melakukan pembayaran tagihan listrik PLN melalui ATM. Pastikan kalian menyimpan struk PLN tersebut secara baik-baik ya, selain agar tidak hilang, kalian juga harus menjaga agar nomor IDPEL atau tulisan dalam struk tidak pudar.

5. Cara Cek IDPEL PLN via Customer Service PLN

Kalau cara cek ID pelanggan PLN secara online ataupun offline tidak membuahkan hasil. Jalan terakhir yakni dengan menghubungi customer service PLN dengan meminta informasi terkait IDPEL kalian.

Menghubungi customer service ini adalah jalan terakhir yang dapat kamu coba apabila kamu benar-benar tidak tahu menahu mengenai IDPEL atau alamat rumah atau tempat tinggal yang kamu tinggali.

Cara untuk menghubungi customer service PLN sendiri sangat mudah. Kalian hanya perlu mendatangi kantor cabang PLN terdekat. Jangan lupa untuk membawa kelengkapan surat seperti KTP atau KK apabila kalian ingin menanyakan IDPEL melalui customer service.

Akhir Kata

Agar kalian tidak lupa, pastikan kalian selalu menyimpan struk pembayaran tagihan listrik PLN atau mencatat IDPEL yang kalian dapatkan melalui struk pembayaran di kertas.

Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan pada artikel ini, semoga informasi yang terkandung di artikel ini bisa bermanfaat. Apabila masih ada yang ingin ditanyakan, silahkan komentar.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *