Cara Cek Data Tokopedia yang Bocor

cara cek email bocor

Sejumlah 91 juta akun Tokopedia diduga bocor dan dijual di internet. Lantas, bagaimana cara mengetahui atau cek data email tokopedia yang bocor ke internet?

Beberapa media sosial besar di internet, memang telah diduga memiliki skandal besar dengan memperjual-belikan data akun para penggunanya ke internet.

Skandal tersebut memang masih belum jelas, apakah memang dijual oleh pembuat dari media sosial tersebut, atau memang karena murni disebabkan oleh kebocoran data.

Terlepas daripada hal tersebut, pada umumnya, media sosial memiliki kebijakan yang menjamin akan melindungi data pribadi pengguna. Namun, hal tersebut tak dapat menjamin sepenuhnya bahwa data tak akan mengalami kebocoran.

Hal tersebut lalu menimbulkan pertanyaan, adakah cara atau metode untuk mengetahui data email telah bocor di internet? berikut adalah jawaban selengkapnya.

Cara Cek Data Tokopedia yang Bocor

Email atau data yang telah bocor di internet, dapat diketahui melalui situs-situs yang telah dirancang khusus untuk menangani masalah seperti ini.

Cara Cek Email Bocor melalui Firefox Monitor

Begini caranya:

  1. Buka situs Firefox Monitor disini.
  2. Masukan alamat email Anda pada kolom yang ada.
  3. Klik tombol Periksa Pelanggaran Data.
  4. Setelah itu, Anda bisa mengetahui media yang mengalami kebocoran data dan membuka atau menyebarkannya ke internet.

Cara Cek Email Bocor melalui Avast Scan

Ini caranya:

  1. Buka halaman Avast berikut ini.
  2. Masukan email Anda pada kolom yang disediakan.
  3. Klik tombol Check Now.
  4. Setelah itu, Avast akan mengirim detail informasi ke email Anda.

Cara Cek Email Bocor melalui Haveibeenpwned

Berikut ini adalah tutorialnya:

  1. Buka situs haveibeenpwned.com.
  2. Masukan alamat email pada kolom yang tersedia.
  3. Klik tombol pwned? untuk memeriksa.
  4. Setelah itu, Anda akan mengetahui media mana saja yang telah membocorkan data akun email milik Anda.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Data Akun Tokopedia Kita Bocor?

Jika kalian mendapatkan informasi dari situs-situs di atas apabila data Anda telah dijual ke internet melalui media-media tertentu, berikut adalah hal yang harus Anda lakukan.

Ganti Password

Pertama, yang perlu Anda lakukan ialah dengan mengganti password. Pastikan password baru terdiri dari lebih 8 karakter yang mengandung huruf kecil, besar, angka, serta simbol.

Semakin sulit karakter sandi yang Anda buat, semakin sulit juga email untuk diretas atau disebarluaskan.

Pasang Verifikasi 2 Langkah

Tips selanjutnya yakni memasang verifikasi 2 langkah. Fitur ini berfungsi untuk meminta verifikasi setiap kali Anda masuk atau mengakses akun email Anda melalui kode yang akan dikirim pada nomor ponsel atau email alternatif.

Dengan memasang fitur ini, peretas akan kesulitan untuk menerobos ke akun Anda, apabila umpamanya data email Anda telah bocor ke internet.

Akhir Kata

Dari informasi yang saya dapatkan, seluruh data email yang telah tersebar luas di internet, diperjual-belikan di deep web untuk kepentingan tertentu, seperti iklan dan lain sebagainya.

Untuk itu, saat ini, kita harus lebih hati-hati dalam melakukan pendaftaran pada sebuah situs atau aplikasi, karena aplikasi besar seperti Bukalapak dan Canva saja telah terbukti pernah mengalami kebocoran, apalagi aplikasi ecek-ecek.

Itulah sedikit informasi terkait bagaimana cara mengetahui atau cek email kita bocor atau tidak di internet. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.