Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Awas! File Subtitle dapat Meretas Komputer!

1 min read

Menonton film luar negri memang lebih asyik apabila menggunakan subtitle, apalagi untuk orang awam yang sama sekali tidak mengerti bahasa asing, tentu akan membuat malas untuk menontonnya karena tidak mengerti tentang bahasa dan apa yang dikatakannya.
Subtitle sendiri dapat diunduh dari berbagai macam website, salah satunya adalah web subscene, kamu dapat memasukan file subtitle tersebut dalam satu file agar tampil ketika video diputar, atau dengan menggunakan media player yang telah menyediakan menu import untuk memasukan file subtitle dan atau media player yang telah menyediakan OpenSubs sehingga tidak perlu mendownload lagi subtitle seperti pada media player Popcorn Time karena telah disediakan.
Awas! File Subtitle dapat Meretas Komputer!
Namun, tahukah kamu bahwa file subtitle dapat berbahaya? ya, seperti yang dikutip pada laman thehackernews.com, bahwa file subtitle kini dimanfaatkan oleh para peretas untuk meremote komputer kamu. Software pemutar video seperti VLC media player, Kodi, Popcorn Time, dan Stremio yang telah diunduh lebih dari 220 juta kali ini ternyata sangat rentan untuk disusupi oleh peretas.
Kerentanan ini terjadi di berbagai media player yang dapat memproses file subtitle, jika berhasil dieksploitasi, maka dapat membuat ratusan juta pengguna beresiko untuk diretas.
Sebuah team researchers dari situs Check Point mengatakan “Kami sekarang telah menemukan subtitle berbahaya yang dibuat dan dikirim ke jutaan perangkat secara otomatis, membypass software keamanan dan memberi peretas kontrol penuh terhadap perangkat yang terinfeksi dan data yang dimilikinya,”
Begitu media player mem-parsing file subtitle berbahaya tersebut sebelum menampilkan subtitle sebenarnya di layar kamu, peretas diberikan kontrol penuh atas komputer kamu atau Smart TV tempat kamu menjalankan file tersebut. Jadi bila file subtitle di load pada media player memerlukan loading yang cukup lama, kamu harus waspada, karena itu adalah proses ketika sang peretas merasuki komputer kamu.
Inilah ilustrasi bagaimana sang hacker dapat meretas komputer kamu ketika kamu sedang menikmati video/movies.
Awas! File Subtitle dapat Meretas Komputer
Image source: thehackernews.com
Untuk mengatasi kerentanan ini, pihak Check Point hanya mengatakan agar pengembang media player untuk segera mengatasi kerentanan ini, dan kini keempat media player yang disebutkan tadi telah memperbaharui softwarenya, dan akan lebih baik apabila penggunanya juga ikut memperbaharui software media playernya agar tidak menjadi korban peretasan.
Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *