Apa Arti Centang Biru pada Instagram? Ini Penjelasannya

Apa Arti Centang Biru pada Instagram
Apa Arti Centang Biru pada Instagram

Seringkali, banyak pengguna Instagram yang menanyakan apa arti centang biru atau verified pada Instagram. Apakah kamu juga penasaran dengan jawabannya? Yuk simak artikel ini hingga akhir.

Pada setiap media sosial, mungkin kita sering melihat sebuah profil yang memiliki lencana atau ikon centang biru pada profilnya. Biasanya kita dapat menemukan logo centang biru ini di berbagai media sosial seperti Twitter, Facebook, Tiktok atau juga Instagram.

Banyak sekali selegram atau tokoh masyarakat yang menggunakan aplikasi Instagram, mendapatkan centang biru pada aplikasi ini. Lantas, apa artinya? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Apa Arti Centang Biru pada Instagram?

Akun terverifikasi adalah sebuah akun yang ditandai dengan ikon centang biru pada sebelah nama pengguna akun yang ada di Instagram. Lalu, apa makna dari centang biru tersebut?

Sesuai dengan sebutannya, akun terverifikasi atau akun yang ditandai dengan centang biru adalah tanda untuk sebuah akun resmi di Instagram, artinya bukan bodong atau akun palsu.

Untuk mendapatkan centang biru ini, pengguna Instagram harus memenuhi sejumlah persyaratan dan beberapa tahapan. Biasanya, pengguna yang bisa memiliki akun centang biru adalah akun tokoh atau orang yang dikenal di masyarakat luas.

Arti Verified Instagram

Pada intinya, apa arti centang biru pada Instagram adalah sebuah tanda yang menandakan jika akun seorang pada aplikasi Instagram tersebut adalah asli atau resmi dan bukan palsu.

Dengan adanya tanda ini, pengguna bisa membedakan mana pengguna akun Instagram yang asli atau palsu. Namun tidak semua orang biasanya menggunakan tanda ini.

Namun, kebanyakan akun selegram, artis, tokoh masyarakat atau lembaga yang asli akan mendapatkan centang biru ini supaya kamu tidak tertipu dengan akun palsu yang memiliki nama serupa.

Nah itulah tadi apa arti centang biru pada Instagram. Sudah cukup jelas bukan? Jika kamu masih belum sepenuhnya mengerti, kamu dapat berkomentar di bawah ini.

Syarat Mendapatkan Centang Biru

Untuk mendapatkan centang biru pada aplikasi, ada beberapa syarat yang harus kamu lakukan untuk bisa mendapatkan centang biru di Instagram. Berikut ini adalah persyaratannya.

  • Selebriti
  • Seniman atau atlet
  • Brand populer
  • Tokoh masyarakat atau pemerintahan
  • Akun hits
  • Selebgram
  • Akun pribadi yang banyak diduplikat
  • Akun yang memiliki lonjakan follower dan like.

Nah bagi kamu yang mungkin termasuk ke dalam salah satu kriteria atau persyaratan di atas, kamu bisa langsung mendapatkan centang biru di Instagram dengan sangat mudah.

Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Bagi kamu yang merasa sudah memenuhi syarat untuk memiliki centang biru pada akun Instagram kamu. Kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

  1. Pertama, masuk ke aplikasi Instagram kamu
  2. Lalu ketuk menu Profil Instagram kamu
  3. Klik ikon garis tiga yang terdapat pada pojok kanan atas, lalu pilih Pengaturan
  4. Kemudian pilih Akun, lalu pilih Minta Verifikasi
  5. Isi data diri kamu pada formulir yang ada, unggah pula kartu identitas kamu seperti passport, SIM atau KTP
  6. Setelah selesai mengisi data, klik Kirim.

Tahap berikutnya, kamu hanya perlu menunggu selama beberapa saat hingga proses verifikasi selesai. Setelah itu, jika telah memenuhi kriteria, kamu akan langsung mendapatkan centang biru.

Jika permintaan kamu ditolak, kamu bisa mengajukan kembali setelah 30 hari sejak penolakan. Mudah banget bukan bagaimana cara mendapatkan centang biru di Instagram.

Akhir Kata

Nah itulah tadi sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai apa itu arti centang biru pada Instagram. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat. Terimakasih banyak.