5 Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus

5 Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus

Munculnya alat komunikasi seperti HP, tentu saja dapat membuat kita lebih mudah menjangkau seseorang dimanapun dan kapanpun.


Untuk menjaga silaturahmi dan mempermudah kita dalam berkomunikasi. Bagusnya, kita harus selalu menyimpan nomor kontak dari orang yang kita anggap penting, baik itu kerabat, teman dekat, atau orang yang baru kita kenal. Karena pada suatu saat, kita mungkin membutuhkan bantuan dari mereka.

Dengan menyimpan nomor kontak, kita tak perlu repot mencari nomor seseorang yang sedang kita cari. Hanya dengan menuliskan nama kontak yang telah kita simpan sebelumnya, kita sudah dapat langsung menghubunginya tanpa perlu khawatir salah sambung.

Saat ini, menyimpan nomor kontak di HP juga dapat menghubungkan kita dengan seseorang di berbagai sosial media, salah satunya adalah WhatsApp (WA). Apabila kamu menyimpan nomor kontak seseorang di WhatsApp, begitupun juga sebaliknya, maka kalian berdua dapat melihat status WhatsApp masing-masing.

Pentingnya nomor kontak, harus membuat kita selalu berhati-hati untuk tidak menghapus atau memformat data kontak di HP kita. Apabila tidak, akibatnya bisa fatal. Nomor orang-orang penting yang telah disimpan dapat hilang begitu saja.

Namun apabila kalian secara tidak sengaja menghapus seluruh nomor kontak atau mengganti ponsel sehingga seluruh kontak hilang, jangan dulu panik. Kamu masih bisa mencoba mengembalikan kontak hp yang telah terhapus.

Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus

Cara mengembalikan kontak hp yang terhapus sendiri bukanlah hal yang begitu rumit untuk dilakukan, kamu dapat mengembalikan kontak-kontak yang secara tidak sengaja terhapus dengan menggunakan beberapa metode berikut ini.

1. Mengembalikan Kontak Terhapus dengan Aplikasi

Bagi pengguna Android, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi pengembali kontak yang terhapus. Aplikasi yang dinamakan Restore Contact ini dapat ditemukan dan kamu unduh secara gratis melalui Play Store.

Perlu kamu ketahui, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengembalikan kontak yang terhapus tak lama setelah kamu tak sengaja menghapus kontak di HP kamu. Hal ini karena data yang kamu hapus belum sepenuhnya terhapus, sehingga masih kamu masih memiliki kesempatan untuk mengembalikan kontak tersebut.
  1. Download aplikasi Recovery deleted contacts di Google Play Store
  2. Selanjutnya buka aplikasinya
  3. Ketuk tombol Recover Contacts
  4. Disana kamu dapat menemukan daftar kontak yang beberapa saat sebelumnya tidak sengaja kamu hapus
  5. Klik Recover All untuk mengembalikan kontak yang terhapus.
  6. 5 Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus

2. Mengembalikan Kontak Terhapus Menggunakan Google Kontak

Sudah menjadi sebuah keseharusan bagi pengguna Android untuk login menggunakan akun Google. Dengan login menggunakan akun Google, banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, salah satunya yaitu dapat mengembalikan akun yang terhapus.
  1. Buka halaman Google Kontak
  2. Masuk dengan akun Google kamu
  3. Di bagian menu Lainnya, klik Urungkan perubahan
  4. 5 Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus
  5. Atur waktu sebelum kontak terhapus. Misalnya kontak terhapus sehari yang lalu, pilih Kemarin > Konfirmasi
  6. 5 Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus
  7. Buka pengaturan di HP kamu
  8. Pilih Akun > Tambahkan akun > Google > login dengan email kamu > Sinkonrisasi akun
  9. Aktifkan sinkronsisasi Kontak > ketuk icon titik tiga di pojokan > Sinkronkan sekarang
  10. 5 Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus
  11. Tunggu beberapa saat, setelah itu seluruh kontak akan kembali.

Jika kontak tidak kembali seperti semula, pastikan kamu masuk di laman Google Kontak menggunakan akun Google yang secara otomatis menyimpan kontak di perangkat kamu sebelumnya. Untuk memastikan akun Google yang kamu gunakan benar, kamu dapat melihat jumlah dan daftar kontak yang telah tersimpan di laman Google Kontak.

3. Mengembalikan Kontak Terhapus di Kartu SIM

Nomor kontak tak hanya dapat disimpan di penyimpanan perangkat atau juga melalui akun Google. Tetapi, kita juga dapat menyimpan nomor kontak di kartu SIM.

Bagaimana apabila kontak yang tersimpan di kartu SIM secara tidak sengaja terhapus. Apakah bisa dikembalikan?

Nomor kontak yang hilang di kartu SIM dapat dikembalikan, caranya tak jauh berbeda dengan langkah-langkah sebelumnya. Lantas bagaimana cara mengembalikan kontak yang terhapus di kartu SIM? berikut panduan selengkapnya.
  1. Download aplikasi Recovery deleted all contacts di Google Play Store
  2. Selanjutnya buka aplikasinya
  3. Ketuk tombol Start
  4. Pilih Recovery Contacts
  5. 5 Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus
  6. Disana kamu dapat menemukan daftar kontak yang beberapa saat sebelumnya tidak sengaja kamu hapus
  7. Klik tombol Recover untuk mengembalikan semua kontak yang terhapus.

4. Mengembalikan Kontak Terhapus di Semua HP Android

Merujuk pada pertanyaan yang dijadikan rekomendasi oleh Google Questionhub, banyak sekali orang-orang yang menanyakan bagaimana cara mengembalikan kontak yang terhapus di jenis hp tertentu. Seperti di Vivo, Oppo, Samsung, Asus, iPhone, Xiaomi, dan lain sebagainya. Padahal, caranya tak jauh berbeda dengan cara-cara sebelumnya.

Jika ponsel masih memiliki sistem Android atau iPhone, kamu masih bisa menggunakan aplikasi atau memanfaatkan Google Kontak untuk mengembalikan kontakmu. Intinya, kamu tak perlu repot mencari cara mengembalikan kontak hp berdasarkan jenis ponsel kamu.

5. Mengembalikan Kontak Terhapus via Situs Live.com

Khusus bagi kamu yang memiliki Windows Phone, kamu dapat mengembalikan kontak yang terhapus melalui situs live.com.
  1. Buka situs live.com
  2. Masuk ke situs tersebut menggunakan akun Microsoft yang terhubung di Windows Phone kamu
  3. Klik Manage > pilih Restore Deleted Contacts
  4. Tunggu beberapa saat hingga muncul daftar kontak yang terhapus atau hilang
  5. Pilih kontak yang ingin kamu kembalikan secara satu persatu, namun jika kamu ingin memilih semua kontak, klik Select All.

Perlu diketahui bahwa akun Microsoft hanya dapat menyimpan data kontak kamu selama 30 hari. Artinya, jika kontak yang terhapus sudah melebihi 30 hari, maka kontak tersebut sudah tak dapat dikembalikan.

Mengapa Kontak Tidak Ditemukan

Jika kamu telah menggunakan langkah-langkah diatas untuk mengembalikan kontak yang terhapus namun hasilnya tetap nihil. Ada beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Kontak Telah Lama Terhapus

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, dengan bantuan aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan di atas, kamu hanya dapat mengembalikan kontak yang terhapus beberapa saat sebelumnya. Hal ini dikarenakan data belum terhapus sepenuhnya, sehingga kamu memiliki harapan untuk mengembalikan data tersebut.

Namun, jika kamu ingin mengembalikan kontak yang telah lama terhapus, kamu tidak dapat menggunakan aplikasi-aplikasi di atas. Bahkan, jika kamu menggunakan Windows Phone, kamu hanya bisa mengembalikan kontak yang telah terhapus 30 hari sebelumnya saja.

Tidak Login Google

Penting bagi kamu untuk login akun Google di perangkat yang sedang digunakan. Dengan login Google di ponsel dan mensinkronisasikan akun Google dan ponsel kamu, maka secara otomatis Google akan menyimpan nomor-nomor baru ke akun Google kamu.

Kamu juga dapat mengekspor kontak lama kamu ke akun Google, supaya kontak yang telah lama tersimpan akan tersimpan dengan aman di akun Google kamu.

Cara Backup Nomor Kontak

Agar nomor kontak tidak hilang, sangat disarankan agar kamu membackup nomor kontak. Fungsinya, apabila kontak tiba-tiba hilang atau secara tidak sengaja terhapus. Kamu dapat mengembalikannya dengan sangat mudah.

Cara Backup Kontak Dengan Aplikasi

  1. Download aplikasi Recovery deleted contacts di Google Play Store
  2. Selanjutnya buka aplikasinya
  3. Ketuk tombol Backup Contacts
  4. Disana kamu dapat menemukan daftar kontak yang beberapa saat sebelumnya tidak sengaja kamu hapus
  5. Klik Backup All untuk membackup seluruh kontak.

Akhir Kata

Dengan menggunakan cara mengembalikan kontak hp yang terhapus di atas, kamu tak perlu khawatir seluruh nomor kontak yang kamu miliki hilang. Kamu dapat mengembalikan atau memindahkan kontak-kontak tersebut ke perangkat lain dengan sangat mudah.

Akan tetapi sekali lagi, perlu diingat bahwa penting sekali untuk sering melakukan backup nomor kontak. Karena dengan membackup nomor kontak, resiko kehilangan nomor kontak akan dapat dengan mudah dihindari.

Demikian 5 Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus, semoga dapat bermanfaat. Apabila kamu cukup kesulitan dengan tutorial di atas, silahkan komentar di bawah ini untuk kami pandu.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus"

Posting Komentar

Centang Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi balasan dari kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel