Cara Cek Nomor KK Secara Online

Cara Cek Nomor KK Secara Online

Selain Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK) juga merupakan dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap individu yang berkeluarga. Dokumen-dokumen tersebut tak hanya digunakan sebagai syarat untuk kepentingan lamaran kerja saja, tetapi berguna juga ketika melakukan berbagai kepengurusan.

Biasanya Kartu Keluarga diperlukan ketika melakukan kepengurusan sertifikat tanah, mengurus izin surat nikah di KUA, hingga melakukan registrasi kartu sim. Tanpa KK, berbagai kepengurusan tersebut tentu saja akan ditolak.

KK sendiri memuat berbagai informasi dan data tentang keluarga. Seperti nama ayah, ibu, kakak, dan adik. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan tanggal kelahiran anggota keluarga yang tercatat pada KK.

Apabila kamu ingin mengetahui apakah nomor KK kamu valid atau telah terdaftar pada database Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), kamu harus datang ke kantor Dukcapil. Namun, itu agak sedikit merepotkan.

Untuk sementara, kamu bisa melakukan cek nomor KK secara online melalui internet. Dengan fasilitas cek KK online yang disediakan oleh Dukcapil, mengetahui data pribadi kamu di internet akan menjadi lebih efisien.

Cara Cek KK Online

Dalam melakukan cek KK online, tentu saja diperlukan persyaratan khusus untuk mendapatkan akses informasi kepada KK. Persyaratan itu biasanya berupa NIK, nama lengkap, serta pertanyaan-pertanyaan dasar lainnya seperti nama orang tua. Hal ini bertujuan melindungi privasi data agar tak dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Setelah kamu menyiapkan persyaratan-persyaratan tersebut. Kamu hanya perlu memasukan kata kunci "cek kk online [nama kabupaten/kota/provinsi kamu tinggal]" di pencarian Google. Setelah itu, akan muncul beberapa situs dari Dukcapil. Bukalah situs yang sesuai dengan kabupaten/kota/provinsi kamu tinggal.

Selanjutnya, kamu hanya perlu memasukan data-data yang diperlukan untuk bisa mengetahui KK kamu secara online.

Cara Cek Nomor KK Secara Online


Sayangnya, belum semua daerah dapat melakukan cek KK secara online. Saat ini, hanya beberapa situs dari beberapa daerah saja yang dapat melakukan cek KK secara online. Berikut adalah beberapa daftar situs cek KK online terbaru yang hingga kini masih bisa digunakan:
  • https://disdukcapil.tegalkab.go.id/informasi/cek_kk
  • https://dukcapil.kalbarprov.go.id/cek-kk
  • http://dukcapil.sragenkab.go.id/informasi/cek_kk
  • https://kependudukan.jogjaprov.go.id/olah.php?module=keluarga
  • https://disdukcapilbisa.batam.go.id/periksa/nokk

Bagi kamu yang tinggal di Kabupaten Tegal, Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Sragen, Jogja, atau Batam, kamu bisa melakukan cek KK secara online melalui tautan-tautan yang telah saya bagikan di atas.

Namun apabila kamu tak menemukan situs Dukcapil daerahmu yang mendukun cek KK online. Kamu harus mendatangi pelayanan pemerintah atau kantor Dukcapil terdekat di daerahmu.

Belum ada Komentar untuk "Cara Cek Nomor KK Secara Online"

Posting Komentar

Centang Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi balasan dari kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel