Cara Menghapus Iklan Google Yang Tidak Relevan

Cara Menghapus Iklan Google Yang Tidak Relevan

Iklan merupakan sumber penghidupan bagi sebagian orang, terutama di internet. Sebagian orang yang memiliki profesi sebagai freelance atau pekerja lepas seperti menulis artikel di blog, atau membuat video di platform Youtube memiliki penghasilan yang rata-rata berasal dari iklan.


Meskipun hanya dibayar beberapa perak hingga ribuan rupiah per-kliknya, namun iklan bisa menjadikan seseorang sebagai jutawan atau bahkan milyuner. Atta Halilintar contohnya, seorang influencer di Youtube ini memiliki estimasi penghasilan Rp 22 milliyar per-bulannya.

Sebagai penikmat tulisan atau video dari seorang kreator, tentu saja kita harus tetap mendukung kreator tersebut untuk terus berkarir, salah satunya dengan ikut berkontribusi melalui iklan yang tayang pada video atau tulisan tersebut.

Namun, bagaimana apabila kita menemukan iklan yang tak relevan? sebagai konsumen, tentu kita akan memilih iklan mana yang relevan dan tidak relevan dengan kita. Meskipun Google sendiri telah memiliki fitur canggih untuk mengetahui minat penggunanya. Tetapi, terkadang pengguna masih saja menemukan beragam iklan yang tak relevan dengan apa yang diinginkan.

Bukan hanya tidak relevan, terkadang beberapa iklan di Google juga mengandung clickbait atau bahkan menyimpang. Contohnya dengan kemunculan iklan pembesar yang beberapa waktu lalu sempat menghebohkan komunitas Blogger. Padahal setelah dibuka, iklan tersebut merujuk kepada situs yang tak ada hubugannya sama sekali dengan pembesar.

Pada dasarnya, Google bukanlah pembuat iklan-iklan tersebut. Pemasang iklan --atau yang biasa disebut juga sebagai Advertiser-- adalah orang-orang yang membuat dan memasang iklan-iklan tersebut demi kepentingan dirinya atau perusahaannya. Google hanyalah perantara yang menyediakan tempat untuk beriklan.

Untuk itu, Google sendiri telah menyediakan opsi untuk menghilangkan iklan-iklan tersebut agar tak pernah tayang lagi di perangkat kamu. Berikut adalah bagaimana cara menghapus iklan Google yang tidak relevan.

Cara Menghapus Iklan Google

  1. Tekan lambang tutup [X] pada iklan Google (biasanya tombol ini terletak dipojokan)
  2. Ketuk tombol Stop lihat iklan ini
  3. Cara Menghapus Iklan Google Yang Tidak Relevan
  4. Pilih alasan mengapa kamu tidak ingin melihat tersebut
  5. Cara Menghapus Iklan Google Yang Tidak Relevan
  6. Setelah itu, dalam beberapa saat, akan muncul pemberitahuan Kami akan mencoba untuk tidak menampilkan iklan itu lagi. Artinya iklan tersebut tak akan pernah tayang lagi di perangkat kamu.
  7. Cara Menghapus Iklan Google Yang Tidak Relevan

Cara Melaporkan Iklan Google Yang Tidak Relevan

Nah apabila kamu sempat menemukan iklan yang kamu kira tak pantas untuk ditayangkan di Google. Kamu juga dapat melaporkannya ke Google. Caranya:
  1. Tekan lambang tutup [X] pada iklan
  2. Klik opsi Mengapa iklan ini?
  3. Kemudian pada Laporkan iklan yang tidak baik, klik tautan Buka formulir masukan iklan
  4. Pilih alasan mengapa iklan tersebut dilaporkan
  5. Selanjutnya pilih jenis iklan, dimana kamu menemukan iklan tersebut
  6. Lalu ketuk tombol Kirim

Cara Menghapus Iklan Google di Aplikasi

Tidak hanya di Youtube maupun blog atau website, iklan Google juga merambah ke aplikasi. Bagi kalian yang resah dengan iklan Google yang selalu muncul di aplikasi, berikut adalah cara menghapus iklan Google di aplikasi.

1. Upgrade Aplikasi ke Versi Berbayar

Rata-rata aplikasi yang memuat iklan didalamnya, senantiasa juga menyediakan aplikasi dalam versi pro. Biasanya, dalam aplikasi versi pro, pengguna akan disuguhkan dengan beragam fitur tambahan menarik yang tak ada pada versi biasanya.

Selain itu, pengguna juga akan ditawarkan dengan keuntungan lainnya seperti penghapusan iklan, dimana kamu tak akan lagi menemukan iklan-iklan yang akan mengganggu pengalaman kamu ketika menggunakan aplikasi tersebut.

Harga untuk upgrade atau membeli aplikasi pro sendiri tentu bervariasi, tergantung dengan jenis dan fungsi aplikasi itu sendiri.

2. Memasang Aplikasi Mod

Apabila kamu tak memiliki banyak uang untuk menghapus iklan Google dengan membeli aplikasi berbayar. Ada alternatif lain yang bisa kamu lakukan, yakni dengan menggunakan aplikasi mod. Aplikasi mod sendiri adalah aplikasi hasil dari modifikasi. Sehingga beragam fitur yang sebelumnya tak ada bisa menjadi ada, begitupun sebaliknya, fitur yang ada bisa menjadi hilang termasuk iklan.

Sayangnya, tak semua aplikasi memiliki versi mod. Namun, jika kamu beruntung, kamu bisa menemukan aplikasi mod yang sedang kamu cari di mesin pencarian.

Akhir Kata

Meskipun terkadang mengganggu, tetapi sebaiknya kamu tetap mendukung kreator dengan berkontribusi dalam iklan atau sponsor lainnya. Agar, kreator bisa tetap eksis dalam membuat karya-karya yang bermanfaat bagi audiensnya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghapus Iklan Google Yang Tidak Relevan"

Posting Komentar

Centang Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi balasan dari kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel