Penyebab Calon Sarjana Dihapus dari Youtube

Penyebab Calon Sarjana Dihapus dari Youtube

Jagat maya sempat dihebohkan dengan keberadaan channel Youtube Calon Sarjana yang tiba-tiba menghilang dan tak dapat di akses. Tercatat, channel Youtube yang telah mendapatkan 13 juta subscribers ini sudah tak dapat di akses lagi pada Rabu malam (22/01).

Apabila kamu adalah seorang pengikutnya dan bertanya-tanya, mengapa Calon Sarjana dengan jumlah subscribers yang banyak ini bisa tumbang ditangan Youtube? well, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Penyebab Calon Sarjana di Banned

Dari keterangan yang terdapat pada channelnya, Youtube mengatakan bahwa channel tersebut telah dihapus akibat pelanggaran hak cipta yang dilaporkan oleh pihak ketiga (yang mengklaim atas videonya)

Seperti yang kita ketahui, channel Youtube Calon Sarjana menyajikan konten hiburan, dengan mengambil referensi video serta informasi dari berbagai sumber. Sayangnya, penggunaan video yang tak diselingi oleh izin dan tak adanya credit yang dilayangkan ke pembuat video aslinya, membuat Calon Sarjana diduga melakukan aksi plagirasisme.

Hal yang telah dilakukan oleh Calon Sarjana kemudian di ekspos oleh channel Youtube JT sesaat setelah video yang baru diunggah oleh dirinya ditiru dan diduga diplagiat oleh Calon Sarjana. Meskipun pihak Calon Sarjana telah memposting permintaan maaf melalui akun Twitternya, JT tetap tak tinggal diam dan tetap melaporkan channel Calon Sarjana.

Dalam video terbarunya, setelah Calon Sarjana di takedown. JT menambahkan bahwa dirinya memberitahukan kepada pembuat-pembuat video orisinil yang diduga telah diplagiat oleh Calon Sarjana bahwa videonya telah diplagiat oleh Calon Sarjana, dan hasilnya, dua dari beberapa orang yang telah diberitahu ikut melaporkan videonya.

Mungkinkah ini yang menjadi penyebab channel Calon Sarjana di-banned oleh Youtube?

Sempat Unggah Video Dengan Gaya Baru

Setelah di ekspos oleh JT dan sebelum channel Youtube Calon Sarjana dihapus. Calon Sarjana tak mengunggah video apapun dalam kurun waktu yang cukup lama. Namun setelah kembali, Calon Sarjana hadir dengan gaya yang berbeda.

Hadir dengan gaya video baru yang lebih cartoonish, Calon Sarjana disambut dengan baik oleh sebagian penontonnya. Namun, sayangnya video-videonya terdahulu yang diduga plagiat tak dapat membuat dirinya terhindar dari hukuman Youtube.

Channel Youtube Baru Calon Sarjana

Sehari setelah dihapus oleh Youtube, channel Calon Sarjana dengan jumlah subscriber sekitar 2,5 juta muncul kepermukaan. Setelah ditilik lebih dalam, channel tersebut sebelumnya memiliki nama Calon Ilmuwan yang dulunya merupakan bagian dari 'keluarga' Calon Sarjana.

Hingga artikel ini diterbitkan, belum ada unggahan atau klarifikasi resmi dari Calon Sarjana terkait dengan penghapusan channelnya.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Calon Sarjana Dihapus dari Youtube"

Posting Komentar

Centang Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi balasan dari kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel