Cara Mengaktifkan Mode Gelap di WhatsApp

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di WhatsApp

Meskipun ringan, WhatsApp merupakan aplikasi sosial media dengan beragam fitur. Tak jauh berbeda dengan aplikasi chatting lainnya, WhatsApp memiliki fitur status, voice note, serta voice chat untuk grup.

Namun sayangnya, dalam aplikasi WhatsApp saat ini, kita mungkin tak melihat fitur dark mode atau mode gelap. Padahal, sebagian aplikasi chatting yang salah satunya adalah induk dari WhatsApp yaitu Facebook telah memiliki fitur tersebut.

Pada tahun ini, WhatsApp memiliki rencana untuk merilis fitur-fitur baru yang salah satu fiturnya diketahui merupakan fitur mode gelap yang kini sedang masuk dalam tahap ujicoba. Meskipun belum dirilis secara global, namun fitur mode gelap WhatsApp ini telah dapat digunakan dalam aplikasi WhatsApp versi beta.

Lalu bagaimana cara mendapatkan mode gelap WhatsApp sesegera mungkin? namun sebelum mengetahui bagaimana cara mengaktifkan mode gelap di WhatsApp. Mari kita kenali terlebih dahulu fitur ini.

Apa itu mode gelap?

Sesuai dengan namanya, dark mode atau mode gelap adalah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengubah tema atau latar dasar dari aplikasi yang sedang dibuka menjadi gelap. Sementara warna  yang sebelumnya gelap, akan berubah menjadi cerah. Sehingga akan terlihat lebih kontras. Fitur ini biasa pengguna gunakan pada malam hari.

Banyak pengguna yang menikmati fitur ini karena dinilai memiliki banyak manfaat. Namun benarkah demikian? apakah mode gelap memiliki banyak keuntungan? berikut ulasan selengkapnya.

Manfaat mode gelap

Mode gelap dinilai memiliki banyak manfaat. Namun, benarkah demikian?

Dikutip dari idntimes.com, berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika menggunakan mode gelap.
  • Mampu menghemat baterai
  • Kontras menjadi lebih baik
  • Meminimalisir kelelahan mata
  • Memperjelas teks
  • Membuat tampilan menjadi lebih keren

Kekurangan mode gelap

Tak hanya memiliki keunggulan atau manfaat. Mode gelap WhatsApp juga memiliki kekurangan, salah satunya yakni tak semua pengguna bisa menggunakan mode gelap. Penderita astigmatisme atau mata silinder akan kesulitan apabila menggunakan fitur ini. Karena pada dasarnya, penderita mata silinder akan lebih mudah membaca teks hitam dalam latar putih daripada membaca teks putih pada latar hitam.

Selain itu, dilansir dari cnnindonesia.com menurut penelitian, penggunaan mode gelap juga kurang cocok digunakan untuk membaca cepat dan mengoreksi tulisan.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di WhatsApp

  1. Download aplikasi WhatsApp mode gelap
  2. Setelah terunduh instal aplikasinya seperti biasa
  3. Jika aplikasi berhasil terinstall, buka aplikasi WhatsApp
  4. Buka icon pengaturan, lalu pilih Setelan
  5. Ketuk menu Chat > Tema
  6. Lalu ubah Tema dari Cerah menjadi Gelap
  7. Kemudian klik Oke

F.A.Q

Ada beberapa pertanyaan umum yang mungkin akan ditanyakan seputar mode gelap WhatsApp ini. Agar lebih jelas, kami akan merangkum beberapa pertanyaan tersebut disertai dengan jawabannya.

Namun apabila pertanyaan berikut masih belum menjawab pertanyaan Anda, silahkan sampaikan saja pertanyaan Anda melalui kolom komentar di bawah artikel ini.

Apakah aplikasi mode gelap WhatsApp ini adalah mod?

Aplikasi WhatsApp mode gelap diatas bukanlah aplikasi mod atau hasil modifikasi. Aplikasi yang di download merupakan aplikasi WhatsApp versi beta (tahap ujicoba) yang belum dirilis di Play Store.

Apakah seluruh pesan akan hilang dan perlu di restore?

Pesan atau obrolan yang tersimpan sebelumnya tak akan terpengaruh ketika Anda menginstal aplikasi mode gelap WhatsApp tersebut. Jadi, Anda tak perlu khawatir seluruh histori pesan akan menghilang dan perlu kembali me-restorenya.

Bagaimana cara mengembalikan tampilan menjadi cerah?

Untuk mengubah kembali mode gelap menjadi cerah, pada pengaturan Tema, Anda bisa memilih opsi Cerah. Selain itu, ada juga opsi Setel berdasarkan Penghemat Baterai, yang dapat menyesuaikan mode gelap/cerah sesuai dengan kondisi baterai apabila Anda mengaktifkan fitur penghemat baterai di ponsel Anda.

Akhir Kata

Mode gelap WhatsApp ini mungkin akan memudahkan kita karena memiliki beberapa manfaat seperti yang sebelumnya saya sebutkan. Tetapi disisi lain, mode gelap ini tak dapat digunakan oleh setiap orang, khususnya untuk penderita mata silinder.

Jadi, pastikan ketika Anda akan menginstal aplikasi mode gelap WhatsApp ini, perhatikan kondisi Anda. Supaya mode gelap WhatsApp yang tadinya memiliki tujuan untuk membantu, justru tidak terbalik menyulitkan Anda.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Mode Gelap di WhatsApp"

Posting Komentar

Centang Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi balasan dari kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel