Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Dikala musim hujan seperti saat ini, Ibu Kota tak absen dari hadirnya tamu tak di undang yang datang setiap tahunnya. Ya, banjir kini tengah menggenang beberapa daerah di Ibu Kota Jakarta dan di beberapa kota lainnya seperti di Jawa Barat dan Banten.


Tingginya gengangan air membuat masyarakat harus terpaksa mengungsi ke tempat yang tak terdampak banjir. Tak sampai disitu, banjir juga memakan banyak korban. Hingga artikel ini dimuat, menurut detik.com dikutip dari BNPB, korban meninggal dunia akibat banjir telah mencapai 67 orang.

Meski telah memasuki musim masuk sekolah, beberapa sekolah justru kembali diliburkan. Namun, tak sedikit pula sekolah yang juga terdampak banjir justru tetap memaksakan muridnya untuk tetap masuk.

Apabila Anda merupakan murid SD / SMP / SMA yang juga ikut terdampak banjir, dan tak bisa mengikuti aktivitas belajar mengajar seperti biasa. Anda bisa mencoba untuk membuat surat izin tidak masuk sekolah.

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Dalam cara membuat surat izin sekolah yang baik dan benar, Anda harus mengetahui bagian-bagian yang ada pada surat izin sekolah. Dalam surat izin sekolah harus ada bagian-bagian sebagai berikut ini.

1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Dalam baris pertama pembuatan surat izin biasanya diisi dengan tempat dan tanggal pembuatan surat.

2. Tujuan Pengiriman Surat

Apapun jenis surat izinnya, termasuk surat izin sekolah, komponen yang penting harus ada pada surat izin adalah tujuan pengiriman surat. Dalam hal ini, Anda bisa menujukan surat ke wali kelas, guru, atau kepala sekolah.

Sedikit tips untuk tujuan pembuatan surat, jika Anda menggunakan kata "Kepada," Anda tak usah menambahkan "Yth," serta dalam penyebutan gelar Kepala Sekolah tak usah disertai dengan "Bapak/Ibu".

3. Salam Pembuka

Setelah membuat tujuan pengiriman surat, selanjutnya diikuti oleh salam pembuka, biasanya dalam poin ini diisi dengan Dengan hormat, diikuti oleh identitas nama dan kelas.

4. Nama, Kelas dan Alamat

Dalam menulis surat izin tidak masuk sekolah, jangan lupa untuk mencantumkan identitas seperti nama, kelas dan alamat tempat tinggal. Tulislah nama kelas sedetail mungkin, contohnya XI-IPA 1.

5. Isi dan Alasan Pembuatan Surat

Tentu saja, dalam surat izin, harus ada alasan yang jelas mengapa Anda tak bisa mengikuti kegiatan sekolah seperti biasa. Pastikan alasan izin haruslah logis atau masuk akal, serta ditulis sejujur-jujurnya sesuai dengan keadaan.

6. Salam Penutup

Seperti biasa, tulisan ditutup dengan salam penutup. Dalam salam penutup biasanya diisi dengan permintaan terima kasih.

7. Identitas Pembuat Surat dan Tanda Tangan

Tak lupa, di akhir surat harus ada keterangan identitas serta tanda tangan dari pembuat surat. Hal ini untuk menunjukan kebenaran surat tersebut yang nantinya bisa dipertanggungjawabkan.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Surat izin tidak masuk sekolah bisa disebabkan karena berbagai hal. Pertama bisa karena sakit, ada keperluan keluarga, kecelakaan, kebanjiran, atau karena perlu menghadiri pernikahan saudara.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Kebanjiran

Jakarta, 10 Januari 2020

Kepada
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X IPA 2
SMA 1 Jakarta
Di Tempat

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama : Nuurdin
Kelas : X IPA 2
Alamat : Jl. KH Agus Salim 16, Sabang, Menteng Jakarta Pusat

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasanya, pada hari Jum'at, 10 Januari 2020 dikarenakan terdampak oleh banjir, sehingga harus mengungsi. Karena itu, kami mohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X IPA 2 agar memberikan izin.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Orang tua/Wali murid,

Purnomo

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit

Jakarta, 10 Januari 2020

Kepada
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII IPS 1
SMAN Jatinangor
Di Tempat

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama : Nuurdin
Kelas : XII IPS 1
Alamat : Desa Cibeusi RT 01/02 Kecamatan Jatinangor

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasanya, pada hari Jum'at, 10 Januari 2020 dikarenakan sakit. Karena itu, kami mohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII IPS 1 agar memberikan izin.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Orang tua/Wali murid,

Agung

Akhir Kata

Itulah cara membuat surat izin sekolah dan beberapa contoh surat izin tidak masuk sekolah, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Namun sekali lagi, saya berharap agar Anda menggunakan panduan ini dengan sejujur-jujurnya, dengan tidak memanipulasi surat izin hanya untuk menghindari kegiatan belajar di sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel