Cara Tes Kecepatan Internet Dengan Google Speedtest

Pengguna internet mana yang tak menginginkan kecepatan internet yang kencang dan tak lambat? setiap orang pasti bermimpi memiliki dunia dimana akses internet tanpa ada hambatan.

Cara Tes Kecepatan Internet Dengan Google Speedtest

Meskipun sekarang banyak operator seluler yang menawarkan jaringan 4G bahkan 4.5G, namun setiap operator seluler memiliki kecepatan internet yang berbeda-beda, walaupun kini rata-rata operator menawarkan jaringan 4G.

Jika Anda menggunakan operator Telkomsel pada SIM 1 dan Tri pada SIM 2, cobalah untuk membandingkan kecepatan kedua operator tersebut. Tentu saja Anda dapat merasakan perbedaan di antara kedua operator tersebut.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan internet, pertama karena faktor sinyal, kedua karena faktor waktu (jam sibuk), masalah pada hardware, masalah sistem atau karena adanya pelambatan dari operator.

Apabila Anda merasakan internet yang cukup lambat, mungkin penyebabnya bisa karena seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya. Namun, internet lambat juga bisa terjadi karena server dari situs yang Anda buka memiliki koneksi yang cukup lambat.

Cara Tes Kecepatan Internet Dengan Google Speedtest

Oleh karena itu, untuk memastikan bahwa kecepatan internet baik-baik saja. Anda bisa melakukan tes/uji kecepatan internet menggunakan Google Speedtest. Bagaimana cara tes kecepatan internet yang cukup simpel menggunakan Google Speedtest? berikut adalah tutorialnya.

  1. Buka browser apa saja di perangkat Anda
  2. Masukan kata kunci "Google Speedtest"
  3. Kemudian enter atau cari kata kunci
  4. Ketuk tombol JALANKAN UJI KECEPATAN
  5. Cara Tes Kecepatan Internet Dengan Google Speedtest
  6. Selanjutnya tunggu beberapa saat hingga proses uji kecepatan selesai
  7. Cara Tes Kecepatan Internet Dengan Google Speedtest
  8. Terakhir Anda bisa melihat hasil kecepatan internet Anda
  9. Cara Tes Kecepatan Internet Dengan Google Speedtest

Setelah itu, Google Speedtest akan menunjukan kecepatan unduh serta unggah. Biasanya, kedua kecepatan antara unduh dan unggah berbeda.

Untuk hasil uji kecepatan internet yang maksimal, saya sarankan agar Anda menghentikan seluruh aktivitas yang sedang Anda lakukan di internet, seperti mengunduh dan streaming sebaiknya dihentikan terlebih dahulu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel