Cara Mengatasi Obtaining IP Address WiFi di Android

Sangat menyebalkan apabila akses internet melalui Wi-Fi tiba-tiba error atau bahkan tidak bisa terhubung. Hal seperti ini memang sering menjadi permasalahan yang mudah ditemukan, terutama di perangkat ponsel seperti Android atau iOS.

Cara Mengatasi Obtaining IP Address WiFi di Android

Obtaining ip address merupakan salah satu permasalahan pada akses Wi-Fi yang sering muncul di perangkat Android. Permasalahan ini ditandai dengan koneksi Wi-Fi yang tidak kunjung terhubung setelah mencoba dihubungkan.

Jika Anda mendapatkan permasalahan yang sama, Anda mungkin akan merasakan loading yang tak berujung, atau kemunculan berupa pemberitahuan permasalahan yang ada pada Wi-Fi sehingga  dampaknya, akses Wi-Fi tak dapat di akses.

Lantas apa yang menyebabkan permasalahan obtaining ip address ini terjadi? pertama, bisa saja karena sistem yang sedang mengalami masalah, sinyal wifi yang lemah, konfigurasi router yang salah, dan adanya perubahan password Wi-Fi.

Cara Mengatasi Obtaining IP Address WiFi di Android

Dengan memiliki berbagai kemungkinan sebab-akibat. Ada beberapa metode untuk mengatasi masalah obtaining ip address di Android. Berikut adalah beberapa langkah untuk mengatasi obtaining ip address wifi di Android.

1. Masukan Password Baru

Salah satu yang menjadi penyebab koneksi Wi-Fi stuck di obtaining ip address karena adanya perubahan kata sandi, nah untuk itu, pastikan Anda memasukan ulang kata sandi baru. Untuk measukan kata sandi terbaru, pastikan Anda menekan opsi lupa pada Wi-Fi, agar dapat menginput kata sandi baru.

2. Melakukan Koneksi Ulang

Melakukan koneksi ulang memiliki metode yang sama dengan langkah sebelumnya. Seperti memasukan password baru, pada langkah ini Anda juga harus memencet tombol lupa pada Wi-Fi, setelah itu, Anda dapat kembali menghubungkan perangkat Anda dengan Wi-Fi dengan memasukan kata sandi. Bedanya dengan langkah sebelumnya, pada langkah ini tak ada perubahan di kata sandi, sehingga Anda bisa menginput kata sandi lama.

3. Periksa Sinyal Wi-Fi

Seperti yang sebelumnya saya katakan, masalah obtaining ip address di Android ini bisa saja terjadi karena sinyal wifi yang lemah. Jika sinyal wifi yang didapat lemah, maka perangkat akan sulit untuk mengambil IP pada router wifi. Oleh karenanya, sangat disarankan apabila Anda mengalami masalah ini untuk mencari lokasi yang memiliki sinyal kuat dengan wifi, atau menggunakan bantuan antena untuk memperkuat sinyal wifi di lokasi Anda.

4. Reset Router

Menurut situs Maketcheasier.com, router yang dinyalakan terlalu lama bisa saja mengalami overheat, sehingga pengguna akan kesulitan mendapatkan IP dari router. Oleh karena itu, sangat disarankan apabila Anda melakukan reset pada router, mendiamkannya selama beberapa saat, kemudian menyalakannya kembali.

5. Reset Android

Apabila setelah dicoba di beberapa perangkat dan masalah obtaining ip address ini hanya terjadi pada perangkat Android, Anda bisa mencoba untuk melakukan reset perangkat Android Anda. Langkah ini sangat tidak direkomendasikan, karena dapat menghapus seluruh data yang ada pada penyimpanan perangkat internal Android. Namun, jika Anda ingin memakai cara ini, pastikan bahwa sebelum melakukannya, Anda harus melakukan backup pada data-data yang sekiranya penting.

6. Memakai IP Static

  1. Masuk ke menu wifi
  2. Tekan dan tahan beberapa saat pada wifi hingga muncul opsi baru
  3. Pilih ubah jaringan
  4. Ketuk Show advanced options
  5. Pada IP Settings, pilih opsi IP Static
  6. Masukan IP 192.168.1.@@@ (@ bisa diganti dengan angka nol hingga 225)
  7. Simpan pengaturan

7. Ubah Nama Perangkat

Mengganti nama perangkat juga bisa menangani masalah ini, untuk mengubah nama perangkat di Android, biasanya Anda bisa menemukan opsi untuk merubah nama perangkat di pengaturan pada menu tentang ponsel.

Jika permasalahan tak kunjung usai dengan langkah-langkah, sangat disarankan untuk menghubungi provider terkait untuk mengatasi masalahnya. Beberapa penyedia layanan wifi di Indonesia seperti Indihome dan Biznet, telah menyediakan layanan costumer service, sehingga mudah bagi Anda untuk menyampaikan keluhan Anda jika mendapatkan permasalahan seperti ini.

Itulah cara mengatasi obtaining ip address di Android, semoga dapat membantu menyelesaikan masalah Anda. Apabila Anda masih mengalami masalah ini, silahkan hubungi saya melalui kontak yang telah disediakan di laman ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel