Copy Teks Dalam Foto Menggunakan Google Lens

Dengan berbagai kemajuan teknologi, hal apapun yang ada di dunia maya, dapat dengan mudah kita deteksi dan cari di media maya. Teknologi pencarian data baik melalui foto ataupun video tak lagi hanya dimiliki oleh pihak berwenang untuk mencari pelaku kejahatan, namun sebagai netizen, sekarang kita juga mampu untuk mencari sesuatu yang ada di dunia nyata melalui dunia maya.

Copy Teks Dalam Foto Dengan Google Lens

Google Lens merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Google untuk dapat mendeteksi dan mencari gambar melalui Google Pencarian. Tidak hanya berfungsi untuk mengetahui foto yang dicari, tetapi Google Lens juga bisa dimanfaatkan untuk konfirmasi atas kebenaran sebuah data, hal ini akan sangat bermanfaat untuk jurnalis.

Tidak hanya mendeteksi foto yang diambil melalui kamera, pengguna juga dapat menelusuri gambar screenshot ataupun gambar yang diambil melalui internet. Tak sampai disitu, pengguna juga bahkan dapat lebih mudah mengambil kutipan atau teks yang tersisip dalam sebuah gambar, sehingga pengguna tak perlu repot menulis ulang teks secara manual.

Lalu bagaimana cara copy teks dalam foto menggunakan Google Lens? berikut adalah tutorialnya.

Google Lens, Copy Teks di Dalam Foto

  1. Unduh aplikasi Google Lens
  2. Buka foto yang mengandung teks yang akan di copy
  3. Ketuk icon Google Lens seperti pada gambar di bawah
  4. Pilih bagian foto yang memiliki teks
  5. Pilih teks yang akan di copy
  6. Kemudian ketuk tombol Salin teks
  7. Copy Teks Dalam Foto Menggunakan Google Lens


Cara Mencari Foto Menggunakan Google Lens

  1. Unduh aplikasi Google Lens
  2. Buka foto yang mengandung teks yang akan di copy
  3. Ketuk icon Google Lens seperti pada di atas
  4. Setelah itu, jika gambar sinkron dengan gambar yang terdapat di Google, maka akan muncul beragam gambar serupa
  5. Untuk memfokuskan pencarian, Anda bisa menekan icon berikut, kemudian fokuskan gambar pada area yang akan dicari
  6. Kemudian di bawah, akan muncul gambar serupa jika gambar dapat ditemukan di Google Pencarian

Aplikasi Google Lens, telah secara default terinstall di sebagian perangkat Android terbaru, sehingga pengguna tak perlu lagi mengunduh aplikasi Google Lens di Play Store.

Karena aplikasi ini langsung terhubung dengan teknologi Google Pencarian, maka diperlukan akses internet untuk dapat menggunakan aplikasinya. Jika perangkat dalam keadaan offline, maka aplikasi tak dapat digunakan.

Jika gambar tidak ditemukan, artinya gambar tersebut belum pernah di unggah di Google, besar kemungkinan jika gambar tersebut masih original, atau hanya sebatas tersebar di media sosial saja.

Dengan adanya aplikasi Google Lens, pengguna tak perlu lagi menulis teks yang terkandung dalam foto secara manual, hanya dengan mengetuk layar beberapa kali saja, pengguna sudah dapat mencopy teks dalam sebuah gambar dengan sangat efektif dan lebih efisien. Selain itu, pengguna juga akan disuguhkan dengan gambar serupa di Google Pencarian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel