Cara Mengetahui Video Youtube Bebas Copyright

Mengutip atau menyisipkan sebuah potongan video dalam sebuah video tentu akan menambah penegasan serta aktualitas dari video tersebut. Namun, sebagai Youtuber, kita tak dapat mengambil video sembarangan karena hal tersebut dapat berdampak pada karir Youtube kita.

Cara Mengetahui Video Youtube Bebas Copyright

Berkaca dari kejadian kanal Youtube Calon Sarjana yang diduga melakukan plagiarisme dengan mengambil potongan video dari Youtuber bernama JT, tentu membuat kita harus lebih hati-hati saat ingin mengambil sebuah potongan video yang ada di internet.

Tidak hanya merusak nama baik kanal Youtube serta nama baik negara. Plagiarisme yang dilakukan Calon Sarjana merusak eksitensi dan karir mereka sendiri di dunia peryoutubean. Terbukti, setelah peristiwa dugaan plagiat yang dilakukan Calon Sarjana, hingga artikel ini dimuat, kanal tersebut masih belum mengunggah satu video pun.

Meskipun internet memiliki akses yang bebas, bukan berarti kita dapat mengambil potongan video secara sembarangan. Adanya copyright pada sebuah platform merupakan langkah platform untuk melindungi pembuat konten dan mencegah pencurian konten.

Namun, di internet sendiri, tak sedikit pula pembuat konten yang "mengikhlaskan," pengguna internet untuk memakai kontennya. Pada platform Youtube, pengguna dapat menemukan berbagai video yang tak memiliki hak cipta yang dapat dengan bebas kita gunakan. Lalu bagaiamana cara mengetahui video yang bebas copyright (hak cipta)? berikut panduan selengkapnya.

Cara Mengetahui Video Youtube Bebas Copyright

Untuk mengetahui apakah video yang bebas copyright di Youtube, kamu bisa mencarinya tepat dibawah deskripsi video. Apabila pada License video tersebut memiliki label Creative Commons Attribution license (reuse allowed), artinya video tersebut dapat dengan bebas kamu gunakan untuk kepentingan apapun dengan syarat kamu harus memberikan atribusi, credit atau tautan yang menuju ke sumber video aslinya.


Dengan menggunakan video yang memiliki lisensi Creative Commons, kamu tidak perlu khawatir lagi video akan di takedown atau menjadi isu yang sangat besar seperti yang terjadi pada kanal Calon Sarjana saat ini.

Untuk menemukan video yang memiliki lisensi Creative Commons bukanlah hal yang sangat mudah. Tidak semua video yang kita harap untuk dapat bisa digunakan di Youtube memiliki Creative Commons. Lantas bagaimana cara untuk menemukan video Creative Commons di Youtube? berikut adalah panduan selengkapnya.

Cara Menemukan Video Creative Commons di Youtube

  1. Masukan kata kunci video yang ingin kamu cari di kolom pencarian
  2. Klik tombol Filter
  3. Pilih opsi Creative Commons
  4. Cara Mengetahui Video Youtube Bebas Copyright
  5. Kemudian pencarian akan ditujukan pada video yang memiliki lisensi Creative Commons yang bebas kamu gunakan sesuka hati

Namun Creative Commons sendiri bukanlah acuan bahwa video yang hanya memiliki label tersebut dapat digunakan secara bebas, kamu juga dapat bertanya dan meminta izin secara langsung ke pemiliki video aslinya untuk menggunakan video tersebut pada video kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel