Fitur Baru! Cara Kunci WhatsApp Pakai Sidik Jari!

WhatsApp memang telah menjadi saluran komunikasi yang banyak digunakan saat ini. Dengan fitur-fiturnya yang beragam, aplikasi ini menyajikan berbagai kemudahan kepada penggunanya untuk melakukan komunikasi dengan pengguna lain di berbagai penjuru dunia.


Pesan yang dikirim tentu merupakan bagian dari privasi dan beberapa diantaranya mungkin berisi pesan yang Anda tak ingin orang lain ketahui. Mengunci aplikasi WhatsApp merupakan jalan terbaik untuk melindungi privasi Anda.

Dengan mengunci aplikasi WhatsApp, hanya Anda seorang yang dapat mengakses aplikasi WhatsApp. Anda juga akan dijauhkan dari teman atau orang terdekat Anda yang sering tengil dan penasaran akan aib seseorang.

Beberapa waktu yang lalu, WhatsApp baru saja merilis sebuah fitur baru. Dalam fitur terbarunya ini, pengguna dapat mengunci aplikasi WhatsApp menggunakan fingerprint atau sidik jari.

Dengan fitur ini, hanya pengguna yang telah tercantum sidik jarinya pada perangkat tersebut sajalah yang dapat mengakses aplikasi WhatsApp. Artinya, tak ada orang selain Anda sebagai pemilik sidik jari yang dapat membuka aplikasi WhatsApp Anda.

Cara Kunci Aplikasi WhatsApp Tanpa Aplikasi

  1. Aktifkan fitur keamanan dan sidik jari di pengaturan ponsel Anda
  2. Update WhatsApp ke versi terbaru
  3. Masuk ke aplikasi WhatsApp
  4. Buka Akun > Privasi > Kunci sidik jari
  5. Lalu aktifkan opsi Buka kunci dengan sidik jari
  6. Fitur Baru! Cara Kunci WhatsApp Pakai Sidik Jari!
  7. Tempatkan telunjuk Anda pada pemindai sidik jari

Setelah itu, jika Anda ingin membuka WhatsApp, Anda harus memasukan terlebih dahulu sidik jari yang Anda pasang sebelumnya. Untuk mengakses WhatsApp, Anda harus memasukan sidik jari yang sesuai, contohnya jika pada pemindaian sebelumnya Anda menggunakan sidik jari telunjuk kiri, maka Anda tak bisa menggunakan sidik jari telunjuk kanan.

Dalam langkah terakhir, akan tersedia tiga pilihan penguncian. Pertama, ada Segera, artinya penguncian akan dimulai setelah Anda menutup aplikasi WhatsApp. Selanjutnya ada satu menit, artinya WhatsApp akan terkunci satu menit setelah WhatsApp Anda tutup. Begitupun dengan yang terakhir yakni 30 menit.

Tak hanya itu, pengguna juga dapat mengatur pratinjau pengirim atau isi pesan yang diterima untuk ditampilkan atau tidak dalam notifikasi. Dengan adanya fitur ini, maka fitur keamanan dalam WhatsApp dapat dikatakan cukup meningkat.

Namun meski demikan, ada beberapa kondisi dimana pengguna dapat mengakses WhatsApp tanpa perlu terlebih dahulu memasukan sidik jari. Seperti fitur quick replay atau balas cepat. Fitur ini dapat di akses melalui notifikasi pesan WhatsApp tanpa memerlukan sidik jari.

Begitupun saat menerima panggilan, pengguna yang menerima panggilan di WhatsApp tak perlu menggunakan sidik jari untuk mengangkat panggilan tersebut.

Fitur ini lebih efektif jika dibandingkan dengan menggunakan cara lama untuk mengunci WhatsApp seperti menggunakan aplikasi pihak ketiga. Karena biasanya aplikasi pihak ketiga selalu berjalan dilatar belakang, sehingga dapat berpengaruh terhadap penggunaan memori serta RAM di perangkat yang sedang kita gunakan.

Kekurangan dari aplikasi ini yakni, pengguna harus selalu mengaktifkan fitur keamanan di perangkatnya, seperti PIN, sidik jari, ataupun Pola, which is annoying. Serta perangkat harus mendukung fitur fingerprint untuk dapat mengakses fitur terbaru ini.

Fitur ini telah tersedia untuk seluruh pengguna WhatsApp, baik Android maupun iPhone, namun untuk dapat mengakses fiturnya, pastikan pengguna telah mengupdate WhatsApp ke versi terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel