Mencuri Konten, Calon Sarjana Dilaporkan?

Pencurian konten di Youtube memang sudah menjadi hal yang lumrah terjadi. Namun bagaimana jadinya apabila pencurian itu dilakukan oleh kanal yang telah memiliki nama besar di Youtube― khususnya?

Calon Sarjana Dilaporkan Karena Pencurian Konten?

Kondisi ini sedang terjadi saat ini, kanal Calon Sarjana yang telah masuk dalam deretan 10 Youtuber dengan subscriber terbanyak di Indonesia itu, kini tengah mengundang kontroversi. Bukan hanya di Indonesia, namun juga di mata dunia internasional.

Pasalnya, ia diduga mencuri video tanpa mencantumkan credit kepada si pembuat video aslinya yakni JT, Youtuber asal Inggris. Ia juga mengambil thumbnail yang sama persis dengan thumbnail dari pemilik video aslinya, Calon Sarjana juga menambahkan emoticon yang membuat thumbnail terlihat sedikit berbeda. Bukan hanya itu, ia juga menambahkan watermark miliknya dalam thumbnail tersebut yang membuat kesan bahwa ialah yang membuat thumbnail tersebut.

Kronologi

Pada 18 Oktober 2019, kanal Youtube yang memiliki nama JT mengunggah sebuah video yang berjudul "this is the new #1 YouTube Channel... (Parlophone Records)," di video tersebut ia membahas mengenai kanal Youtube Parlophone Records yang menempati peringkat nomor satu Top 50 Youtubers menurut SocialBlade.

Kemudian pada 6 November 2019, Calon Sarjana mengunggah video dengan judul "Parlophone Records, Channel Youtube No #1 yang mengalahkan T-Series, Pewdiepie, dll.." di video tersebut, Calon Sarjana memiliki data-data yang sama dengan apa yang diutarakan oleh JT, bahkan videonya memiliki beberapa konten yang diduga dicuri dari video JT, namun ia hanya menambahkan dan mengedit beberapa bagiannya saja.

Hal ini tentu menyulut kemarahan JT, selaku pembuat aslinya. Ia menjelaskan bahwa hal seperti ini memang sudah lumrah terjadi, bila ia menemukan videonya dicuri oleh kanal Youtube "kecil", maka ia hanya akan menyuruh video tersebut untuk di takedown atau dilaporkan apabila kanal tersebut telah mengambil banyak videonya.

Namun perlakuannya berbeda kepada Calon Sarjana, kendati menyuruhnya untuk melakukan takedown pada videonya, ia lebih memilih melaporkannya (copystrike) agar hal serupa tak terjadi lagi. Hal ini ia lakukan karena Calon Sarjana menempati posisi Top Youtuber di Indonesia dengan 12 juta lebih subscribers namun masih "mencuri" kontennya.

Dalam videonya, Calon Sarjana sama sekali tidak menyebut nama JT. Padahal data yang ia katakan justru didapat dari JT.

"Tapi pas tau ada orang yang udah nanya langsung ke socialbladenya..." ujar narator Calon Sarjana dalam video kontrovesialnya.

Kutipan di atas yang menjadi permasalahan. JT mengatakan tak apa jika setidaknya Calon Sarjana memberikan credit ke JT, namun nyatanya tidak. Calon Sarjana justru memilih diksi "pas tau ada orang yang nanya" daripada "informasi yang didapat dari kanal Youtube JT"

"Orang ini tidak tahu siapa aku dan apa yang saya lakukan, ini adalah hal bodoh yang dilakukan" ungkap JT dalam video terbarunya.

Jadi Trending di Twitter

Setelah di ekspos oleh JT melalui akun Twitternya @JTonYoutube, tagar #calonsarjana sempat menjadi trending Twitter di Indonesia. Tagar itu diisi oleh kekecewaan, sindiran dan tak jarang cacian yang dilontarkan untuk kanal Calon Sarjana.

Salah satu kekecewaan datang dari akun Twitter @challvist, menurutnya sangat disayangkan kanal yang masuk dalam nominasi PG Award Indonesia terkait dengan skandal reupload video.



Permintaan Maaf

Setelah menjadi bulan-bulanan netizen, Calon Sarjana akhirnya meminta maaf. Permintaan maaf tersebut diutarakan langsung kepada JT sekaligus melalui akun Twitternya.



Diduga Plagiat

Kanal yang telah memiliki 12 juta subscribers itu, sebelumnya telah diduga plagiat, dalam sebuah screenshot menunjukan bahwa kanal ini memiliki konten yang sama persis dengan konten di kanal Youtube lain.



Bagaimana tanggapan Anda terkait masalah ini? Apakah menurut Anda Calon Sarjana benar-benar telah mencuri konten atau....?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel