Cara Mengaktifkan IDM di Mozila Firefox dengan Mudah

Download adalah sebuah kegiatan mengunduh data dari internet ke penyimpanan perangkat yang paling sering dilakukan oleh pengguna internet. Umumnya, pengguna mendownload file berjenis seperti foto, video, dokumen, video dan lain sebagainya. Kegiatan ini biasanya dilakukan melalui perantara browser. Salah satu browser yang biasa digunakan untuk digunakan ketika melakukan aktivitas download adalah Mozila Firefox, untuk menambah proses download, biasanya pengguna akan mengintegrasikan browser dengan program tambahan yang dinamakan Internet Download Manager (IDM).

Cara Mengaktifkan IDM di Mozila Firefox dengan Mudah

Bagi para downloader, aplikasi Internet Download Manager merupakan sebuah program yang wajib terpasang diperangkanya. IDM berfungsi untuk membantu proses download agar menjadi lebih cepat dan efektif. Selain itu, fitur yang lengkap memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas download. Kini sudah banyak pengguna yang mempercayakan unduhannya dengan menggunakan IDM.

Biasanya, saat kamu telah berhasil memasang software IDM di komputer atau laptop kamu, maka IDM akan tersambung secara otomatis. Jika IDM telah berhasil terpasang, maka saat kamu akan memulai sebuah video atau membuka sebuah situs, secara otomatis akan muncul jendela download.

Tetapi, kadangkala kamu akan menjumpai masalah integrasi IDM yang tidak terhubung dengan Firefox. Sehingga, opsi download untuk memulai unduhan biasanya tak akan muncul seperti biasanya.

Masalah ini bisa saja disebabkan karena versi IDM atau Firefox itu sendiri. Terkadang, sebuah versi program akan menyebabkan masalah pada integrasi IDM sehingga tidak mau tersambung dengan sebuah browser.

Solusi untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan memperbarui versi IDM sekaligus versi browser Mozilla Firefox kamu. Namun, jika dengan menggunakan cara pertama masalah masih belum dapat teratasi, kamu bisa gunakan langkah-langkah berikut ini.

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul Otomatis di Browser Firefox

Internet Download Manager (IDM) memang menjadi sangat bermanfaat untuk pengguna internet dalam kegiatan unduh mengunduh. Nah apabila IDM tidak kompatibel dan tidak bisa tersambung terhadap browser, tentu IDM tidak akan berfungsi dengan baik. Ikuti panduan dibawah ini untuk mengaktifkan serta memunculkan IDM di Mozilla Firefox.

Cara Integrasi IDM dengan Mozilla Firefox

  1. Pertama, kamu harus mendownload sebuah file disini
  2. Kemudian kamu bisa menjalankan browser Firefox pada perangkat kalian
  3. Lalu tekan CTRL + O pada keyboard untuk membuka file unduhan tadi.
  4. Kamu bisa mencari dimana letak file unduhanmu tadi, kalau sudah ketemu tinggal tekan tombol Open.
  5. Kalau muncul pop up berisika Add IDM Integration Module, kamu bisa melakukan tekan tombol Add.
  6. Nanti akan muncul notifikasi "IDM Integration Module Has been Added to Firefox" Hal ini menandakan bahwa IDM sudah berhasil di integrasi dengan Mozila Firefox di perangkat kamu.

Bagaimana mudah bukan? eits, tutorialnya masih belum selesai sampai disini saja, kamu masih perlu mengatur lagi program IDM sebagai berikut, untuk cara mengaktifkan IDM:
  1. Buka penyimpanan di hardisk kamu.
  2. Kemudian buka folder direktori C:\Program Files\Internet Download Manager.
  3. Kemudian cari file bernama IDMan, klik kanan file tersebut kemudian pilih Properties.
  4. Kemudian pada tab menu tersebut, kamu bisa memberi ceklis pada opsi Run this program as administrator lalu klik OK.

Nah selamat kamu sudah berhasil menyelesaikan panduan ini, kini IDM dan Firefox sudah terintegrasi dan opsi download akan otomatis kembali muncul saat kamu akan mendownload sebuah file.

Begitulah tutorial mengaktifkan IDM di Mozilla Firefox, dengan begitu kamu bisa mendownload semua file yang ada di internet tanpa ada masalah yang lagi muncul, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel