5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Touchpad adalah komponen paling penting yang ada pada laptop. Dengan adanya touchpad, pengguna tidak perlu memiliki mouse untuk dapat memindahkan kursor di layar PC. Namun, apa jadinya apabila touchpad tidak berfungsi sama sekali ketika di sentuh?

5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Ketidakberfungsian touchpad juga pernah terjadi pada laptop saya, ketika saya menyalakan laptop, touchpad sama sekali tak berfungsi dan tak bisa digerakan sama sekali, walaupun tidak ada tanda-tanda kerusakan dan juga tidak pernah tersiram air, maka membuat saya terheran-heran. Apalagi touchpad jarang sekali saya gunakan.

Masalah touchpad tidak berfungsi memang sering ditemukan. Terutama pada laptop Lenovo, ASUS, Acer, dan laptop lainnya. Situasi seperti ini biasanya dapat ditemukan setelah Anda menyalakan laptop selepas memasang mouse sebelumnya, melakukan instal ulang Windows, atau karena virus yang telah menginfeksi.


5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah touchpad yang tidak berfungsi pada laptop ASUS, Acer, Lenovo ini. Berikut adalah langkah-langkah selengkapnya.


1. Restart laptop

Hal yang patut Anda lakukan pertama kali jika terjadi masalah pada laptop adalah dengan melakukan restart pada laptop. Melakukan restart pada laptop memang sudah menjadi langkah awal untuk mengatasi masalah semacam ini, namun cara ini tidak menjamin dapat menyelesaikan masalah pada laptop Anda. Untuk itu, jika touchpad laptop tidak berfungsi dengan menggunakan cara ini, silahkan coba langkah berikutnya.

2. Aktifkan touchpad yang disable

Mungkin saja, masalah touchpad tidak berfungsi ini karena Anda secara tidak sadar menekan tombol keybind untuk mematikan fungsi touchpad. Untuk mengaktifkannya kembali, Anda bisa menekan tombol Fn + F3 pada keyboard secara bersamaan. Jika tombol F3 tidak bekerja, Anda bisa mencoba menekan tombol yang memiliki icon touchpad didalamnya yang kemudian dikombinasikan dengan tombol Fn.

3. Hidupkan touchpad di pengaturan

Apabila Anda tidak menemukan icon touchpad di keyboard Anda untuk menonaktifkannya menggunakan keybind, Anda bisa melakukannya secara manual melalui pengaturan Windows.
  1. Klik Windows
  2. Pada kolom pencarian/Cortana, ketik Touchpad
  3. Aktifkan opsi Touchpad dari Off menjadi On


4. Install atau Update driver touchpad

Selepas melakukan install ulang laptop, tentu saja semua data atau file sistem yang ada di komputer juga ikut lenyap. Oleh karena itu, Anda harus menginstal terlebih dahulu driver touchpad pada laptop Anda. Apabila Anda telah menginstallnya namun masih tidak bekerja, cobalah untuk melakukan update pada driver touchpad. Pada langkah ini, Anda memerlukan akses internet karena akan mengunduh drivernya secara otomatis.
  1. Klik Windows
  2. Masuk ke kolom pencarian/Cortana (bila Windows 10)
  3. Selanjutnya ketik Device Manager, lalu buka program tersebut
  4. Pada Device Manager, cari menu Mice and other pointing devices
  5. Klik kanan pada driver touchpad (biasanya driver memiliki embel-embel touchpad di belakang namanya)
  6. Klik Update Driver
  7. Selanjutnya klik Search automatically for updated driver software
  8. Jika update telah selesai, restart laptop Anda
  9. Lalu lihatlah hasilnya

5. Perbaiki ke tempat servis

Apabila langkah-langkah sebelumnya masih tidak juga mampu mengatasi touchpad yang tidak berfungsi di laptop, maka bawalah laptop Anda ke tempat berobat terdekat untuk bisa mendapatkan perawatan pertama. Karena ada kemungkinan bahwa kerusakan terjadi hardware touchpad.

Itulah 5 cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel