3 Cara Mengatasi Kinemaster Tidak Bisa Export Video

Di era digital seperti sekarang ini, banyak sekali peluang bisnis yang bisa didapatkan melalui internet. Tanpa perlu memiliki latar belakang akademis yang tinggi, internet dapat membuat orang biasa menjadi seorang jutawan.

3 Cara Mengatasi Kinemaster Tidak Bisa Export Video

Youtube menjadi platform yang dipilih oleh para influencer untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak mudah memang untuk mendapatkan penghasilan di Youtube. Apalagi saat ini, dikala persaingan yang begitu banyak, peraturan juga diperketat.

Langkah awal menjadi seorang Youtuber berpenghasilan memang tidak cukup mudah. Menggaet banyak pengikut menjadi sebuah tantangan. Namun ada beberapa trik khusus untuk bisa mendapatkan banyak subscriber, salah satunya yakni konten menarik.

Konten menarik bukan hanya dilihat dari tema yang dibahas dari video tersebut, akan tetapi bagaimana bentuk penyajian video tersebut, dalam artian video tersebut telah di edit dan tidak dalam bentuk mentahan.

Mengedit bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk pemula. Mempelajari software seperti Adobe Primiere atau Sony Vegas setidaknya akan memakan waktu yang cukup lama untuk dapat membiasakan dengan software editor tersebut. Terlebih software-software tersebut hanya dapat dipakai pada PC dengan spesifikasi yang cukup ganas agar hasil maksimal.

Untungnya, kini ada sebuah aplikasi smartphone yang bernama Kinemaster. Ya, video editor ini merupakan aplikasi smartphone. Meskipun tersedia untuk platform smartphone, fitur yang tersedia tak kalah dengan video editor untuk PC.

Dengan memiliki lebih dari 100 juta unduhan dan 1.8 juta review positif di Play Store, tentu saja menjadikan aplikasi Kinemaster menjadi aplikasi video editor terbaik versi Play Store.

Meski telah menjadi aplikasi video editor terbaik versi Play Store, Kinemaster juga terkadang mengalami masalah, salah satunya yaitu masalah kinemaster tidak bisa export video.

Setelah mengedit video, tentu saja sia-sia rasanya apabila hasil editan di Kinemaster tidak dapat disimpan atau di export. Beberapa pengguna sering mengalami masalah seperti ini. Masalah seperti ini biasanya ditandai dengan munculnya notifikasi error bahwa video tak dapat disimpan.


Cara Mengatasi Kinemaster Tidak Bisa Export Video

Masalah seperti ini biasanya diakibatkan oleh beberapa hal, karena file yang tidak mendukung, hp yang tak mendukung, kesalahan codec (Codec Init Failed) atau karena penyimpanan yang penuh. Berikut adalah cara mengatasi kinemaster tidak bisa menyimpan video.

1. Kosongkan ruang penyimpanan

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, masalah kinemaster tidak bisa export video bisa saja diakibatkan karena ruang penyimpanan yang penuh, sehingga file yang ingin di simpan tidak dapat tersimpan.

Periksalah ruang penyimpanan di ponsel Anda, apabila ruang penyimpanan penuh, hapuslah beberapa file yang tak begitu penting. Perlu di ingat bahwa, hasil render video akan menghasilkan ukuran yang besar, sehingga Anda harus menyediakan ruang penyimpanan yang cukup besar.

Apabila ruang penyimpanan penuh, Anda bisa memindahkan lokasi penyimpanan Kinemaster ke memori eksternal, agar file yang terdapat pada perangkat internal tidak terganggu.

2. Reboot ponsel

Saat proses rendering, beberapa pengguna mengaku bahwa proses rendering stuck dan tidak pernah selesai. Apabila Anda juga mengalami hal yang sama, cara yang bisa Anda lakukan ialah dengan merestart atau melakukan reboot pada ponsel Anda.

3. Gunakan aplikasi lain

  1. Unduh aplikasi video editor lain seperti Viva Video di Play Store
  2. Masukan video yang gagal export di Kinemaster ke aplikasi Viva Video
  3. Export video tersebut ke galeri
  4. Masukan kembali videonya ke Kinemaster, lalu coba export kembali

Apabila Anda tidak kunjung menyelesaikan masalah kinemaster tidak bisa export video, pastikan Anda menggunakan aplikasi resmi atau bukan mod, sehingga Anda bisa mendapatkan dukungan penuh melalui update pada aplikasi di masa mendatang. Update sendiri biasanya diperuntukan untuk penambahan sistem keamanan aplikasi, penambahan fitur, atau untuk memperbaiki bug seperti ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel