Tidak Bisa Buka Foto di Windows 10? Begini Solusinya!

Belakangan ini banyak sekali pengguna Windows 10 yang mengeluh bahwa pada perangkatnya komputernya mereka sama sekali tidak dapat membuka file gambar atau foto. Saat membuka foto, mereka hanya akan menemukan foto blank, lalu muncul notifikasi yang berisi tulisan File system error -2147219196.

Tidak Bisa Buka Foto di Windows 10? Begini Solusinya!

Hal serupa juga pernah terjadi kepada saya. Tentu saja hal ini sangat mengganggu aktivitas pekerjaan saya. Membuka foto sangatlah penting bagi saya untuk melihat preview sebelum saya unggah untuk kepentingan pekerjaan saya.

Sebelumnya, saya kira bahwa kejadian ini disebabkan oleh virus yang telah menginfeksi PC saya, namun setelah browsing, ternyata masalah ini bukanlah disebabkan oleh virus, melainkan hanya bug yang terjadi pada Windows 10.

Cara Mengatasi File System Error -2147219196


Ada beberapa solusi untuk mengatasi masalah file system error -2147219196 ini supaya Anda bisa tetap membuka foto di Windows 10 Anda, berikut adalah solusinya.

1. Buka gambar dengan program lain

Masalah file system error -2147219196 biasanya karena terjadi masalah pada program default Microsoft Photos di Windows 10. Oleh karena itu, jika Anda membukanya dengan program lain seperti Paint Anda akan dapat membuka gambarnya kembali. Cara untuk menggunakan langkah ini yakni dengan klik kanan pada file gambar yang akan dibuka, lalu pilih opsi Open with, lalu pilih Paint.

2. Repair program Photos

Jika Anda kekeuh ingin membukanya dengan program Photos, cobalah untuk melakukan repair pada program Photos.
  1. Klik Start, kemudian pilih Settings
  2. Lalu pilih menu Apps
  3. Cari program Microsoft Photos
  4. Selanjutnya klik Advanced options
  5. Scroll down kursor kebawah, lalu klik tombol Repair

3. Reset program Photos

Jika tombol repair tidak dapat mengatasi masalah ini, cobalah untuk menggunakan fitur Reset program, tombol Reset terletak persis dibawah tombol Repair.
  1. Klik Start, kemudian pilih Settings
  2. Lalu pilih menu Apps
  3. Cari program Microsoft Photos
  4. Selanjutnya klik Advanced options
  5. Scroll down kursor kebawah, lalu klik tombol Reset

Namun apabila langkah-langkah di atas tidak bekerja di Windows 10 Anda, maka untuk sementara gunakanlah program pengganti sementara seperti Irfan View yang bisa Anda unduh secara gratis di Microsoft Store.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel