Cara Mengatasi Black Screen di Google Chrome PC

Cara Mengatasi Black Screen di Google Chrome PC - Google Chrome merupakan browser yang paling sering saya gunakan. Tampilannya yang simpel dan responsive menjadikan browser ini menjadi pilihan pertama browser yang saya gunakan. Ditambah dengan fitur dan plugin yang sangat banyak membuat browser ini memiliki nilai plus tersendiri bagi saya.

Cara Mengatasi Black Screen di Google Chrome PC

Saat Anda sedang melakukan scrolling down timeline di Facebook, pernahkah Anda mengalami black screen secara tiba-tiba pada saat membukanya melalui browser Google Chrome? saya pribadi sering mengalami masalah ini, terkadang layar menjadi normal, namun terkadang layar tetap hitam sepenuhnya.

Dikutip dari beberapa sumber, masalah black screen yang terjadi pada Google Chrome ini terjadi karena diakibatkan oleh beberapa hal, yang pertama bisa disebabkan karena ekstensi atau plugin browser yang aktif, atau bisa juga disebabkan karena versi Google Chrome yang tidak kompatibel dengan komputer atau PC Anda.

Cara Mengatasi Black Screen di Google Chrome PC

Jika Anda mengalami hal yang sama, tidak ada salahnya jika Anda mencoba beberapa langkah berikut untuk mengatasi masalah black screen pada Google Chrome.

#1. Restart Chrome

Langkah yang pertama dan yang paling efektif dilakukan ialah dengan menutup lalu membuka kembali program Chrome, biasanya setelah itu dilakukan maka black screen akan kembali menjadi normal. Akan tetapi terkadang biasanya masalah black screen seringkali kambuh kembali. Dan jika Anda tidak ingin lelah karena terus-terusan menutup kemudian membuka kembali Chrome, silahkan coba langkah berikutnya.

#2. Disable plugins Chrome

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, masalah black screen ini bisa terjadi karena ekstensi pada Chrome. Cara untuk menonaktifkan plugin di Chrome sangatlah mudah. Anda hanya perlu menekan tombol Pengaturan, kemudian pilih menu More tools, lalu pilih opsi Extensions. Disana Anda hanya perlu menonaktifkan plugin yang ada.

#3. Atur kompabilitas Chrome

Jika langkah sebelumnya tidak bekerja, cobalah untuk mengatur Chrome agar kompatibel dengan sistem yang Anda gunakan. Caranya, klik kanan icon Chrome di desktop, kemudian pilih Properties, selanjutnya pilih menu Compability, lalu centang Run this program in compability mode for, dan terakhir klik Apply lalu OK.

Cara Mengatasi Black Screen di Google Chrome PC

#4. Update versi Chrome

Langkah berikutnya yang bisa dicoba yakni dengan melakukan update pada Chrome versi terbaru. Untuk mengupdatenya, Anda hanya perlu masuk pada menu pengaturan, kemudian klik menu Help, lalu pilih menu About Google Chrome, dan setelah itu maka Google Chrome akan update secara otomatis ke versi terbaru.

#5. Reset pengaturan Chrome

  1. Buka Settings, lalu scroll down hingga bawah
  2. Klik Advanced
  3. Scroll down hingga paling bawah
  4. Kemudian klik Restore settings to their original defaults
  5. Lalu klik Reset settings

#6. Tambahkan -no-sandbox pada launch parameter Chrome

Apabila langkah-langkah sebelumnya tidak bekerja, Anda bisa mencoba menambahkan -no-sandbox pada shortcut Google Chrome. Sandbox sendiri sebetulnya berfungsi untuk melindungi Anda dari malware saat melakukan browsing, namun tak jarang Sandbox juga bisa menyebabkan black screen.

Untuk menonaktifkan Sandbox pada Chrome. Caranya, klik kanan icon Chrome di desktop, kemudian pilih Properties, selanjutnya pilih menu Shortcut, pada kolom Target tambahkan -no-sandbox di penghujung keterangan lokasi Chrome berada, dan terakhir klik Apply lalu OK.

Jika langkah-langkah diatas tidak bekerja dengan baik, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan install ulang pada program Chrome. Menurut beberapa sumber, dengan melakukan reinstall Chrome juga dapat mengatasi masalah black screen ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel