Cara Mengatasi Oppo Yoyo R2001 Bootloop Dengan Flash Ulang

Oppo Yoyo R2001 merupakan smartphone dengan sistem Android yang telah dirilis sejak 2014 lalu, saat ini harga ponsel Oppo Yoyo R2001 dipasaran kurang lebih sekitar Rp1.500.000. Memiliki kapasitas RAM 1GB serta penyimpanan internal 4GB membuat ponsel ini harus bersaing dengan produk-produk ponsel dari Xiaomi dan Asus.

Cara Mengatasi Oppo Yoyo R2001 Bootloop Dengan Flash Ulang

Jika Anda pengguna Oppo Yoyo R2001, pernahkah Anda mengalami bootloop atau mati total? penyebab bootloop sendiri bisa disebabkan oleh data sistem yang corrupt saat Anda "mengoprek" ponsel Anda. Seperti melakukan custom ROM, atau lain sebagainya.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mencoba untuk melakukan install ulang sistem atau yang dikenal dengan istilah flashing. Dengan melakukan flashing, semua data yang ada pada penyimpanan internal di perangkat Anda akan terhapus secara permanen, termasuk data sistem.

Tidak hanya mampu menyelesaikan persoalan bootloop, tetapi dengan melakukan flashing, Anda juga bisa mengatasi masalah-masalah lainnya yang terjadi pada ponsel Anda, seperti aplikasi sistem yang bermasalah atau crash, touchscreen yang tidak berfungsi dengan baik, kinerja ponsel yang menjadi lemot, hang, dan lain sebagainya.

Sebelum melakukan flashing, tentu saja ada bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan. Diantaranya yaitu kabel USB, perangkat PC, perangkat ponsel yang akan di flash serta software-software berikut ini yang perlu Anda unduh terlebih dahulu.
Setelah Anda berhasil mengunduh bahan-bahan diatas, jangan lupa ekstrak terlebih dahulu Firmware Oppo, kemudian install program SPFlashTool serta All MTK USB Driver, lalu lanjut ke Cara Flash Oppo Yoyo.

Cara Flash Oppo Yoyo via SPFlashTool

  1. Buka program FlashTool, setelah itu klik Download Agent, kemudian cari file MTK_AllInOne_DA.bin yang terletak di folder SP Flash Tool yang telah di ekstrak
  2. Kemudian klik scatter-loading, lalu cari file MT6582_Android_scatter pada folder firmware yang telah di ekstrak sebelumnya
  3. Centang pada opsi UBOOT, kemudian klik secara sembarang pada kolom Location, kemudian cari file LK yang terdapat pada folder firmware yang telah di esktrak
  4. Sama seperti sebelumnya, pada USRDATA klik secara sembarang di kolom Location, kemudian cari file userdata_nvram_only.ext4.tar yang terdapat pada folder firmware yang sebelumnya telah berhasil di ekstrak
  5. Selanjutnya klik tombol Download di Flash Tool
  6. Matikan perangkat Oppo Yoyo R2001, lalu hubungkan ponsel ke PC menggunakan USB sambil menekan tombol volume atas dan proses flashing otomatis akan mulai berjalan.
  7. Proses flashing memakan waktu beberapa saat dan jika flashing telah selesai maka akan muncul icon centang hijau pada program Flash Tool
  8. Flashing selesai, cobalah nyalakan ponsel Anda untuk melihat hasilnya

Saat pertama kali melakukan booting selepas melakukan flashing, jangan heran apabila proses booting terasa lama, karena hal ini sudah biasa terjadi pada ponsel yang baru saja di flash. Tunggulah sekitar dua hingga lima menit saat booting pertama kali.

Resiko dalam melakukan flashing ponsel yakni dapat menyebabkan mati total. Hal ini bisa disebabkan karena file yang corrupt, atau koneksi kabel USB yang tidak terhubung secara baik pada saat proses flashing. Selain itu, firmware juga mampu menyebabkan masalah ini.

Apabila langkah flash Oppo Yoyo R2001 diatas tidak bekerja, penulis sarankan agar Anda membawa ponsel Anda ke tempat service ponsel terdekat agar ponsel Anda bisa mendapatkan penanganan terbaik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel