Platform Yang Cocok Untuk Live Streamer Pemula

Platform Yang Cocok Untuk Live Streamer Pemula - Dikenal banyak orang dan menghasilkan banyak uang memang telah menjadi impian bagi semua orang. Sekarang ini kita bisa dikenal oleh banyak orang dan bukan tak mungkin juga menghasilkan banyak orang dengan menjadi seorang influencer.

Lalu apa itu influencer? Influencer adalah seseorang yang memiliki banyak follower atau pengikut serta mampu mempengaruhi keputusan pengikutnya. Biasanya orang yang mendapat julukan influencer ini adalah artis, selebgram, YouTuber, atau live streamer yang telah memiliki pengikut yang cukup banyak.

Platform Yang Cocok Untuk Live Streamer Pemula

Jika Anda ingin memulai karir menjadi seorang live streamer, tidak ada salahnya Anda membaca artikel yang akan saya bagikan saat ini. Meskipun saya bukanlah seorang influencer, namun saya akan membagikan analisa saya mengenai bagaimana cara memulai menjadi seorang live streamer pemula.

Platform Mana Yang Cocok Untuk Live Streamer Pemula?


Ada beberapa platform yang cocok digunakan untuk menjadi seorang live streamer, diantaranya yakni Facebook, Instagram, YouTube, dan Twitch. Diantara keempat platform tersebut, manakah yang cocok untuk dijadikan sebagai destinasi bagi live streamer pemula?

#1. Facebook

Platform pertama yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk memulai karir sebagai live streamer adalah Facebook, mengapa? fitur live streaming di Facebook tak kalah dengan fitur live streaming di YouTube. Facebook memiliki beberapa kategori live streaming seperti Facebook Gaming Creator serupa dengan YouTube Gaming yang kabarnya telah ditutup.

Mengapa posisi pertama ditempati oleh Facebook? well, menurut saya banyak orang yang juga memulai karir live streamingnya di Facebook yang akhirnya mencapai kesuksesan. Tak mudah memang untuk menggapai tujuan yang telah diimpikan, namun bila ditekuni dengan niatan yang tulus, konsistensi, dan kesabaran tujuan tersebut mungkin akan tercapai.

Lalu bagaimana orang bisa menjadi terkenal dan menghasilkan banyak uang melalui Facebook? ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memulai karir menjadi seorang live streamer di Facebook. Pertama yaitu menyebarkan konten Anda pada grup yang memuat konten yang sama, contohnya jika Anda sedang melakukan live streaming bermain video game PUBG, maka Anda bisa membagikan konten Anda ke grup yang memiliki tema PUBG.

Menambahkan embel-embel giveaway saat melakukan live streaming adalah salah satu trik yang telah dilakukan kebanyakan streamer di Facebook untuk mendapatkan banyak audiens. Tidak hanya sekedar kata di judul saja, namun Anda juga harus merealisasikan embel-embel tersebut. Jika tidak, maka bukan tidak mungkin audiens perlahan akan meninggalkan Anda.

Lakukan hal-hal tersebut secara konsiten dan dipenuhi dengan kesabaran, karena sesuai dengan perkataan orang, segala sesuatu itu gak ada yang instan, butuh proses untuk menjadi apa yang diinginkan.

Jika Anda telah mendapatkan banyak audiens setiap melakukan live streaming. Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya yakni memonetisasi konten Anda sehingga dapat menghasilkan uang.

#2. Instagram

Platform selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk melakukan live streaming yakni adalah Instagram. Instagram sendiri tak memiliki kategori konten khusus saat melakukan live streaming, biasanya konten streaming di Instagram di isi dengan aktivitas sehari-hari.

Menurut saya, instagram cocok digunakan sebagai ladang mata pencaharian bagi Anda yang telah memiliki 'nama' atau sudah terkenal. Jika Anda telah memiliki puluhan ribu follower, Anda bisa memulai live streaming dengan memasarkan produk. Baik itu produk Anda atau produk orang lain yang meminta Anda untuk memasarkannya (endorse).

Namun, bila Anda benar-benar pemula namun ingin mulai berkarir menjadi seorang influencer di Instagram, langkah yang harus Anda lakukan yakni dengan memulai membuat konten menarik, seperti konten fotography, videography, atau konten desain menarik yang mampu mendapatkan perhatian audiens. Atau jika Anda memiliki peruntungan dengan memiliki tampang menarik, hanya dengan selfie Anda juga bisa menarik banyak audiens.

Bedanya Instagram dengan platform lain yaitu Anda hanya bisa mendapatkan uang dari hasil endorse atau berjualan produk saja. Instagram tidak memiliki fitur khusus untuk iklan bagi para streamer ataupun video-video di Instagram.

#3. YouTube

Tak jauh berbeda dengan Instagram, YouTube akan sangat cocok digunakan untuk streaming bagi orang yang telah memiliki nama atau yang telah memiliki banyak subscribers. Jika Anda perhatikan YouTuber kecil dengan jumlah subscribers yang tak lebih dari seratus melakukan streaming, maka Anda akan melihat jumlah penonton yang sedikit.

Namun, YouTube dikenal dengan algoritmanya yang cukup membingungkan. Nah disinilah Anda memiliki kesempatan untuk ikut bersaing dengan YouTuber yang telah memiliki nama. Menggunakan teknik SEO adalah jalan cepat untuk ikut bersaing dengan streamer ternama. Tidak hanya SEO, namun kualitas konten juga diperhitungkan.

Setelah Anda memenuhi persyaratan YouTube untuk dapat memonetisasi konten Anda. Maka Anda sudah bisa mulai menghasilkan uang. Tidak hanya dapat menghasilkan dari AdSense, Anda juga bisa mendapatkan uang dari donasi penonton saat melakukan live streaming, dan bila konten yang Anda miliki cukup berkualitas maka bukan tidak mungkin Anda juga akan mendapatkan penghasilan dari sponsor pihak ketiga.

#4. Twitch

Twitch dikenal dengan sebagai platform streaming terbaik di dunia. Namun tidak di Indonesia. Layanan streaming yang satu ini tidak cukup diminati oleh orang Indonesia. Buktinya, tercatat minim sekali streamer dari Indonesia yang menggunakan layanan streaming Twitch.

Layanan ini sangat cocok bagi para professional yang telah menjadikan streaming sebagai job utamanya. Kebanyakan streamer di platform ini berasal dari luar negeri, Karena platform ini merupakan platform khusus untuk streaming, Twitch menyediakan berbagai kategori. Dari mulai kategori game, music, creative atau chatting.

Bila Anda yang masih pemula dan ingin terjun ke dunia live streaming, maka platform ini sangatlah tidak cocok bagi Anda.

Kesimpulan

Menurut opini, analisa dan pengalaman. Facebook adalah tempat yang paling cocok untuk memulai karir sebagai live streamer. Karena selain dari keterangan saya di atas, Anda juga tidak memerlukan keterampilan khusus atau trik khusus untuk menggapai banyak audiens, seperti pada YouTube yang memerlukan teknik SEO. Selain itu, menurut Kominfo, jumlah pengguna Facebook di Indonesia telah menggapai 63 juta. Jadi, tempat ini sangat cocok bagi Anda yang mengincar audiens dari Indonesia. Tidak seperti Twitch yang cocok untuk mencari audiens dari mancanegara. Jika Anda bukan orang alay yang suka eksis gak jelas. Maka Facebook adalah tempat yang cocok untuk melakukan live streaming. Alasannya? hmm...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel