Cara Mengatasi Suara Speaker Pecah di Laptop/PC

Cara Mengatasi Audio Pecah di Laptop/PC - Pernahkah Anda mengalami suara audio di laptop atau pc Anda tiba-tiba rusak dengan menjadi pecah padahal sebelumnya baik-baik saja dan tidak ada kerusakan pada hardware?

Cara Mengatasi Suara Speaker Pecah di Laptop/PC

Beberapa waktu yang lalu, saya juga pernah mengalami hal yang serupa. Saat pertama kali membuka Windows dan memutar lagu di Spotify, tiba-tiba audio terdengar sangat aneh dan ancur, padahal sebelumnya normal-normal saja.

Jika Anda mengalami hal serupa, langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah tetap tenang dan jangan panik. Cobalah beberapa langkah berikut, jika cara dibawah ini tidak bekerja, saya sarankan agar Anda membawanya ke tempat service komputer.

Cara Mengatasi Suara Speaker Pecah di Laptop/PC


Sebelum Anda membawanya ke tempat service laptop atau komputer untuk mengatasi masalah audio suara pecah, tidak ada salahnya Anda mencoba langkah-langkah berikut ini untuk menghemat pengeluaran Anda. Berikut adalah beberapa langkah untuk mengatasi suara laptop/pc pecah.

#1. Tunggu Beberapa Saat Setelah Menyalakan Komputer/Laptop

Setelah Anda menyalakan Windows, namun audio atau suara menjadi kresek-kresek atau pecah, tunggulah beberapa saat 2-5 menit. Jika suara masih pecah, silahkan coba langkah berikutnya.

#2. Restart Program

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah dengan melakukan restart pada program yang memiliki audio pecah. Cara ini bekerja bagi saya. Setelah menutup program Spotify, lalu membukanya kembali, akhirnya suara pada laptop saya kembali menjadi normal.


#3. Restart Komputer atau Laptop

Jika langkah pertama tidak bekerja, silahkan coba melakukan restart pada Komputer atau Laptop, sama seperti sebelumnya, langkah ini bekerja di laptop saya.

#4. Update Driver Sound Card

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak bekerja, silahkan coba untuk melakukan update pada driver sound card Anda. Caranya dengan masuk ke Control Panel, kemudian buka Device Manager, pada menu Sound,video and game controller cari Driver Sound Card (contoh: Realtek(R) Audio). kemudian klik kanan pada Driver Sound Card, lalu klik Update Driver, klik Search automatically for updated driver software. Pada langkah ini, Anda perlu terhubung dengan internet untuk mengunduh otomatis driver sound card terbaru.

#5. Reinstall Driver Sound Card

Apabila driver sound card di laptop Anda telah memiliki driver paling baru, dan cara-cara sebelumnya tidak bekerja, cobalah dengan melakukan re-install driver, caranya pada Device Manager, klik kanan pada driver sound card, kemudian Uninstall device. Untuk menginstallnya kembali masih pada Device Manager, klik kanan pada nama perangkat Anda, kemudian klik Scan for hardware changes.


Namun jika cara diatas masih tidak dapat mengatasi masalah suara pecah di laptop atau komputer Anda, saya sarankan agar Anda segera memperbaikinya dengan membawa laptop atau komputer Anda ke tempat service terdekat. Apabila masalah suara pecah tidak segera di atasi, maka kerusakan bisa menjalar pada hardware, hardware sendiri akan sulit diperbaiki karena memiliki selaput yang tipis, kecuali apabila kerusakan terjadi pada jalur kabel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel