Cara Mengetahui Judul Lagu di Video YouTube

Cara Mengetahui Judul Lagu di Video YouTube - Menambahkan musik atau lagu dalam sebuah video YouTube akan menambah daya tarik dari video tersebut, selain itu video yang memiliki musik atau backsound biasanya tidak akan membosankan, sehingga penonton YouTube akan menonton video Anda lebih lama dan kemungkinan video tidak akan di skip atau di loncat ke menit akhir.

Cara Mengetahui Judul Lagu di Video YouTube

Terkadang, pada komentar-komentar di YouTube, terdapat banyak sekali pertanyaan yang sama, yaitu pertanyaan yang menanyakan judul musik atau lagu yang berada di latar video atau backsound.

Terkadang, beberapa YouTuber tidak lupa untuk mencantumkan credit kepada video asli dari pemilik musik tersebut, sehingga penonton pada videonya tidak kesulitan untuk menemukan musik atau lagu yang ada di latar video. Selain itu, pemberian credit atau sumber pada video musik aslinya juga akan mendukung pembuat musik tersebut kedepannya. Selain itu, pembuat musik atau lagu juga akan mendapatkan penonton dari YouTuber yang menggunakan musiknya.

Cara Mengetahui Judul Lagu di Video YouTube

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui judul lagu atau musik yang ada di video YouTube dengan mudah. Berikut adalah tutorialnya.

1. Cek Deskripsi Video

Musik yang digunakan oleh kebanyakan YouTuber biasanya adalah musik yang termasuk dalam kategori tidak memiliki copyright atau bebas digunakan dalam video sehingga video tidak akan mendapatkan strike dari YouTube, namun kebanyakan pembuat musik "no copyright" tersebut biasanya meminta agar mencantumkan credit pada deskripsi video ke video musik asli miliknya.

Cara Mengetahui Judul Lagu di Video YouTube

Namun tidak semua YouTuber mencantumkan credit kepada pembuat musik aslinya, oleh karena itu, jika Anda tidak menemukan judul lagu yang Anda cari Anda bisa lanjut ke langkah berikutnya.

2. Mencari Judul Lagu di Kolom Komentar Video

Apabila Anda tidak menemukan judul lagu pada deskripsi video, maka opsi lain agar Anda mengetahui judul lagu pada video tersebut yaitu dengan mencari judul lagu pada kolom komentar di video tersebut, gunakan opsi CTRL + F (pada komputer) atau opsi Cari halaman (pada browser Google Chrome di Android) dengan mengetikan kata kunci seperti "judul lagu", "song", atau dengan memasukan menit atau detik dimana lagu atau musik dalam video itu mulai seperti "10:11", dan lain sebagainya.

Cara Mengetahui Judul Lagu di Video YouTube

3. Periksa Informasi "Musik dalam video ini"

Apabila musik atau lagu yang digunakan dalam video YouTube bukanlah lagu yang tidak mengandung copyright, maka musik tersebut bisa saja terkena klaim oleh pemilik lagu tersebut. Klaim ini bisa membuat revenue atau penghasilan video yang mengandung lagu tersebut sepenuhnya menjadi milik pemilik lagu tersebut.

Dalam hal ini, lagu yang berhasil di klaim oleh pemilik lagu maka judul lagu tersebut akan tercantum di bawah deskripsi video tersebut. Bukan hanya judul lagu dan artis nya saja, tetapi juga pembuat dan siapa yang memiliki lisensi lagu tersebut juga akan tercantum di dalamnya.

Cara Mengetahui Judul Lagu di Video YouTube

4. Menggunakan Aplikasi Shazam, atau Soundhound di Android

Untuk Anda pengguna ponsel pintar terutama Android, Anda bisa menggunakan aplikasi Shazam atau Soundhound untuk menemukan judul lagu dari video di YouTube. Anda harus memiliki dua perangkat atau menggunakan fitur split screen, pada perangkat atau split screen pastikan Anda memutar atau mendengarkan lagu yang ingin Anda ketahui judulnya, lalu klik buka aplikasi Shazam atau Soundhound, klik icon aplikasinya untuk memulai scanning, tunggu beberapa saat nanti akan muncul judul dan artis dari lagu tersebut.

Cara Mengetahui Judul Lagu di Video YouTube

Sayangnya, aplikasi ini hanya akurat dalam mengetahui judul lagu atau musik luar negeri, untuk judul lagu dalam negeri sendiri sangat sulit untuk ditemukan, dan tak jarang Anda akan mendapati judul lagu yang tak sesuai atau bahkan tak terdeteksi.

Apabila Anda ingin menemukan judul lagu berbahasa Indonesia, saya sarankan agar Anda mengetik sebagian liriknya di Google saja, karena nanti judul lagu akan muncul di pencarian dengan mudah, dan Anda bisa langsung menemukan lagu yang Anda cari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel