Cara Balas Pesan WhatsApp Secara Otomatis

Cara Balas Pesan WhatsApp Secara Otomatis - WhatsApp adalah aplikasi chatting yang paling populer dan banyak digunakan saat ini. Meskipun ringan, beragam fitur menarik disajikan tak kalah menariknya dengan aplikasi chat lainnya.

Jika Anda seorang mahasiswa, pekerja kantoran, atau pelajar, mungkin Anda wajib memiliki aplikasi chatting yang satu ini, karena informasi seputar pekerjaan, perkuliahan, atau lainnya bisa disampaikan dengan mudah melalui fitur chat grup di WhatsApp.

Selain itu jika Anda juga seorang freelancer seperti saya, atau pedagang, biasanya konsumen atau client sering sekali meminta nomor WhatsApp untuk memudahkan komunikasi. Jika dibandingkan dengan menggunakan media sosial lainnya seperti Facebook, atau Twitter. Melakukan chatting melalui WhatsApp dirasa lebih efisien.

Biasanya client atau konsumen sangat menyukai dengan seller yang tanggap dalam merespon (fast respone), namun kita sebagai manusia mungkin juga memiliki kesibukan lain. Kadang kita bisa kehilangan client atau konsumen hanya karena kita tidak bisa merespon dengan cepat.

Cara Balas Pesan WhatsApp Secara Otomatis

Untuk mengatasi masalah tersebut, solusinya sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengaktifkan fitur balas pesan otomatis di WhatsApp Anda. Sehingga Anda bisa menjawab pelanggan dengan cepat meskipun Anda dalam keadaan sibuk.

Sayangnya, fitur ini masih belum tersedia pada aplikasi WhatsApp yang sebenarnya, namun Anda bisa mengaktifkan fitur ini pada aplikasi WhatsApp yang telah di modifikasi, yakni dengan menggunakan aplikasi GBWhatsApp. Berikut adalah langkah-langkah mengaktifkan fitur jawab pesan otomatis di WhatsApp menggunakan GBWhatsApp.

Cara Balas Pesan WhatsApp Secara Otomatis

  1. Unduh aplikasi GBWhatsApp pada URL berikut ini, kemudian instal aplikasinya di ponsel Anda
  2. Kemudian buka aplikasi WhatsApp klik pada menu yang terletak di sudut kanan atas
  3. Pilih opsi Pengaturan GB, dan pilih Otomatis Jawab Pesan
  4. Aktifkan Otomatis Jawab Pesan, klik icon (+) untuk mengatur isi pesan balasan otomatis
  5. Cara Balas Pesan WhatsApp Secara Otomatis
  6. Pada opsi Mengandung, atau Sama, dan Semua, isi kolom Harus dijawab dengan kata kunci pesan yang sekiranya sering masuk seperti "Halo", "Assalamualaikum", "Selamat Pagi", dan lain sebagainya, dan pada kolom Harus dikirim, isikan pesan jawabannya seperti "Walaikumsalam", dan lain sebagainya
  7. Cara Balas Pesan WhatsApp Secara Otomatis
  8. Bila telah selesai mengaturnya, ketuk tombol Tambah

Pada langkah ke 5, disebutkan bahwa ada beberapa opsi berbeda yang bisa Anda pilih, diantaranya seperti Mengandung, Sama, dan Semua. Apa artinya opsi-opsi tersebut? berikut adalah sedikit penjelasannya.

Mengandung, artinya Anda akan membalas pesan yang memiliki kata kunci yang sama dengan kata kunci yang Anda taruh di kolom Harus dijawab. Contohnya apabila Anda menaruh kata kunci Selamat pagi pada kolom Harus dijawab, kemudian ada pesan masuk dengan nada "Halo selamat pagi", maka pesan tersebut akan terjawab secara otomatis.

Sementara opsi Sama, hampir serupa dengan Mengandung, namun pesan yang dibalas secara otomatis hanya pesan yang persis dengan kata kunci yang Anda masukan di opsi Harus dijawab, contohnya apabila Anda menaruh kata kunci "Assalamualaikum" pada kolom Harus dijawab, maka pesan masuk yang serupa dengan kata kunci tersebut yang akan dibalas secara otomatis, namun apabila pengirim pesan menambahkan kata "Halo assalamualaikum" maka pesan tersebut tidak akan terbalas secara otomatis.

Sedangkan opsi Semua adalah Anda akan membalas semua pesan yang masuk tanpa perlu memasukan kata kunci. Oleh sebab itu pada opsi ini tidak ada kolom Harus dijawab.

Secara default, pesan otomatis akan langsung dikirm, namun Anda juga bisa mengaturnya agar pesan otomatis tersebut bisa dikirim pada beberapa detik setelah menerima pesan dari kirim pada kolom Tunda pesan isikan waktu delay untuk membalas pesan dalam hitungan detik, misalnya "30" (tanpa tanda petik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel