10 Aplikasi Antivirus Terbaik di Android

Pernah mengalami smartphone bermasalah karena virus? Tentu hal tersebut sangat menjengkelkan. Apalagi jika hal tersebut terjadi saat kita sedang menggunakan smartphone untuk kebutuhan tertentu. Masalahnya, smartphone yang terinfeksi virus biasanya akan mengalami beberapa kendala, seperti kinerja menurun atau bahkan kehilangan satu atau beberapa file.

10 Aplikasi Antivirus Terbaik di Android

Untuk itu, sangat penting sebagai pengguna untuk mengetahui ciri-ciri smartphone yang terkena virus. Tapi, kalau sudah terlanjur kena ya cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan membasmi virus tersebut. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi antivirus yang banyak tersedia di Play Store.

Berikut beberapa rekomendasi antivirus terbaik di Android.

1. Kaspersky Mobile Antivirus

Antivirus besutan Kaspersky Lab ini merupakan salah satu antivirus yang cukup mumpuni. Berbekal fitur lengkap berupa seperti anti thief, app lock, serta web protect mampu memberikan keamanan tambahan bagi Android jika menggunakan aplikasi ini. Terutama fitur web protecting yang sangat membantu ketika melakukan browsing dengan mode safe browsing-nya. Dengan begitu, website-website berbahaya yang berisi malware bisa kamu ketahui dengan mudah.

2. Avast Mobile Security

Avast merupakan salah satu brand terkenal dalam dunia software untuk mengatasi virus di smartphone. Sebelum itu, Avast juga sudah terkenal sebagai antivirus handal di platform PC. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah unduhannya di Play Store yang mencapai angka 10 juta.

Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan dan dibalut dengan UI yang ramah untuk pengguna awam sekalipun. Avast memiliki fitur andalan yaitu real-time protection yang memberikan perlindungan setiap saat untuk Android kesayanganmu. Selain itu, ada fitur pendukung lain seperti virus scanner, anti-malware, dan trojan removal untuk keamanan ekstra.

3. Bitdefender Antivirus

Bitdefender merupakan salah satu aplikasi yang cukup ringan saat dijalankan di smartphone sehingga tidak mengganggu aplikasi lain yang berjalan bersamaan. Pada tahun 2015 dan tahun 2016, AV-TEST bahkan memberi gelar aplikasi keamanan android terbaik kepada Bitdefender.

Sistem proteksi yang ditawarkan adalah pemindaian untuk mendeteksi virus yang bersarang di smartphone atau aplikasi yang terinstal. Bitdefender juga menjamin mampu mengatasi sampai 99% virus pada perangkat.

Ringan dan powerfull!

4. Norton Security & Antivirus

Aplikasi lain untuk mengatasi virus di smartphone yang bisa kamu pertimbangkan adalah Norton Security & Antivirus. Aplikasi ini hadir guna memberi perlindungan maksimal bagi yang suka berselancar di dunia maya. Perlindungan secara real time mampu memberikan proteksi terhadap data-data pribadi pengguna sehingga tetap aman.

Norton Security juga mampu mendeteksi malware, spyware, dan virus yang menyebabkan perangkat menjadi lemot. Tak hanya itu, ada fitur tambahan untuk memberitahu aplikasi yang paling boros dalam menggunakan daya baterai dan aktivitas mencurigakan di smartphone.

5. Avira Antivirus Security

Tidak hanya mengatasi virus pada perangkat, Avira juga memberikan proteksi terhadap data milikmu. Misalnya saja foto, video, kontak, email, hingga nomor kartu kredit masuk dalam cakupan perlindungan Avira. Avira tersedia dalam dua versi, gratis dan berbayar (fitur lebih komplit).

6. McAfee Mobile Security

McAfee sudah dari dulu dikenal sebagai antivirus PC yang cukup populer. Tak hanya tangguh di PC, versi mobile McAfee juga sama ampuhnya dalam memberantas virus di smartphone Android. Selain itu, antivirus ini dilengkapi fitur untuk melacak smartphone yang hilang. Tentunya dengan fitur utama (penghilang malware) yang tidak kalah tangguh dengan aplikasi serupa lainnya.

7. CM Security Master

Antivirus besutan Cheetah Mobile ini sangat bisa diandalkan untuk mengatasi virus pada perangkat Android. Menariknya, semua fitur dalam aplikasi ini bisa dipakai full dengan gratis tanpa kamu harus membayar sedikitpun. CM Security juga bisa difungsikan untuk menghapus sampah dan file tak berguna yang menghabiskan kapasitas penyimpanan Android.

8. 360 Security

Termasuk sebagai aplikasi antivirus populer, 360 Security memiliki fitur lengkap untuk menunjang kinerja smartphone. Hanya dengan sekali ketuk, kamu bisa mengatasi virus di smartphone sekaligus mengoptimalkan performa Android. Dengan perlindungan real-time, 360 Security menjamin penuh keamanan perangkatmu. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur speed booster dan cleaner-lacking sebagai fitur tambahan.

9. AVG Antivirus

Pemain lama di kancah antivirus ini sudah tak perlu diragukan lagi kehandalannya. Fitur yang dibawa AVG sendiri tidak jauh berbeda dengan Avast. Selain fungsi utamanya untuk melindungi perangkat dari virus dan malware, AVG juga dibekali berbagai fitur penunjang lain. Salah satunya adalah anti-theft yang berfungsi untuk melacak smartphone jika sewaktu-waktu hilang.

10. ESET Mobile Security & Antivirus

Dengan tampilan yang menarik dan interaktif, Eset dengan mudah dapat dioperasikan. Aplikasi ini mampu melindungi semua data secara menyeluruh di dalam smartphone. Scan malware dan anti-phising adalah dua fitur andalah yang diberikan oleh Eset. Sayangnya, aplikasi ini tidak dapat dinikmati secara gratis sepenuhnya. Kamu hanya diberikan waktu trial 30 hari saja.

Itulah 10 aplikasi antivirus terbaik di Android yang bisa kamu coba. Meski begitu, aman dan tidaknya smartphone tetap tergantung penggunanya. Jadilah user yang baik dan perhatikan setiap hal yang kamu lakukan menggunakan smartphone. Hindari hal-hal yang sekiranya membuka celah virus untuk masuk, salah satunya instal aplikasi dari sumber yang tidak jelas sumbernya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel