Cara Agar Foto Video WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis di HP

Cara Agar Foto Video WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis di Galeri - Secara default setelah Anda berhasil menginstall aplikasi WhatsApp di ponsel Anda, WhatsApp akan mengaktifkan sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk menyimpan secara otomatis konten yang diterima pada pesan WhatsApp seperti gambar/foto, video, status, gif, dokumen dan lainnya. Baik itu pesan dari grup, atau pesan personal.

Cara Agar Foto Video WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis di HP

Bagi Anda yang memiliki ponsel dengan ruang penyimpanan yang tidak banyak, maka fitur ini akan benar-benar sangat mengganggu, mengingat konten yang diterima di WhatsApp akan tersimpan otomatis di galeri hp Anda. Apalagi apabila konten tersebut adalah konten video, video sendiri biasanya memiliki ukuran file yang cukup besar, sehingga ruang penyimpanan akan cepat penuh apabila Anda sering menerima pesan video di WhatsApp.

Oleh karena itu, agar tempat penyimpanan Anda tidak cepat penuh, maka disarankan agar Anda menonaktikfan fitur yang satu ini. Fitur ini dapat dinonaktifkan dengan mudah melalui fitur yang disediakan.

Alasan lain mengapa Anda harus menonaktifkan fitur ini, karena mungkin Anda memiliki grup atau teman yang sering iseng dengan mengirimkan konten yang tidak pantas dilihat oleh orang lain dan Anda mungkin tak ingin menyimpan konten tersebut di galeri Anda.

Cara Agar Foto Video WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis di HP

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Selanjutnya pilih menu pengaturan, dan pilih Setelan
  3. Pilih opsi Pengaturan data dan penyimpanan
  4. Pada opsi Unduh otomatis media, tertera 3 menu, yakni Saat menggunakan data seluler, Saat terhubung ke Wi-Fi, dan Saat roaming, buka menu tersebut satu per satu
  5. Lalu Unceklis keempat opsi yang muncul, yakni Foto, Audio, Video, Dokumen
  6. Terakhir ketuk OKE
Apabila Anda sering menggunakan data internet (kuota), Anda boleh hanya memilih opsi Saat menggunakan data seluler (pada langkah nomor 4), namun pada saat Anda menggunakan Wi-Fi Anda menyimpan secara otomatis ke galeri Anda.

Menurut saya, kuota data atau internet tidak akan berpengaruh pada boros atau tidaknya apabila Anda menyimpan atau tidaknya sebuah konten di WhatsApp.

Demikianlah Cara Agar Foto Video WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis di HP, semoga dapat membantu Anda. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan terkait dengan artikel ini, silahkan komentar di bawah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel