Cara Edit Foto 3D Stereoscopic di Android Dengan Mudah

Cara Edit Foto 3D Stereoscopic di Android & PC Dengan Mudah - Stereoscopic atau 3D Stereoscopic merupakan sebuah teknik fotografi yang dimana kalian memanipulasi foto 2 dimensi dan diubah menjadi 3 dimensi. Teknik foto Stereoscopic ini dibuat dengan cara memotret satu objek dalam 3 sudut pandang berbeda. Sehingga hasil foto akan terlihat seperti objek utama yang dikelilingi oleh kamera 3 dimensi.

Cara Edit Foto 3D Stereoscopic di Android Dengan Mudah

Umumnya, para fotografer professional menggunakan kamera Nimslo, yaitu sebuah kamera khusus yang memiliki 3 lensa dengan angle yang diatur sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan foto stereoscopic yang bagus. Namun, kamera Nimslo ini dijual dengan harga yang cukup mahal. Sehingga sebagian orang yang bukan penghobi fotografi, akan berpikir dua kali sebelum membeli kamera ini.

Namun tenang saja, dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini, kita juga dapat membuat foto 3d stereoscopic hanya dengan bermodalkan alat seadanya. Oleh karena itu, mari kita simak tutorial edit foto 3d stereoscopic di Android dan PC.

Tutorial Edit Foto 3D Stereoscopic di Android

Sebenarnya, ada banyak aplikasi yang bisa kalian gunakan dalam membuat foto 3D Stereoscopic di Android. Namun, tiap aplikasi mekanisme dan teknik pembuatan yang berbebda – beda. Oleh karena itu, di tutorial kali ini, kita akan membahas cara membuat 3D Stereoscopic menggunakan aplikasi Power Director.
Cara Edit Foto 3D Stereoscopic di Android Dengan Mudah
  1. Pertama – tama, kalian perlu memotret 1 objek dalam 2 foto dengan angle yang berbeda. Seperti contohnya jika kalian mengambil foto dari angle tengah, kemudian bergeser ke kiri dan kanan objek.
  2. Usahakan tiap foto di ambil dengan posisi kamera yang sejajar. Untuk itu, kalian dapat menggunakan tripod atau tongsis yang telah di modifikasi
  3. Kemudian, buka aplikasi Power Diretor dan klik pada kolom New Project
  4. Masukan ketika file foto yang telah kalian potret sebelumnya. Agar hasilnya semakin baik, usahakan untuk mengatur urutan foto dengan benar
  5. Kemudian atur durasi video dengan cara mengklik tools Duplicate yang ada di bagian kiri aplikasi
  6. Jika sudah, save hasil edit dan share ke media sosial kalian.

Tutorial Edit Foto 3D Stereoscopic di PC

Berbeda dengan di Android, membuat foto 3D Stereoscopic di PC terbilang lebih rumit. Namun, hasil editan di PC tentunya lebih smooth dan lebih bagus. Bagi kalian yang ingin membuat foto 3D Stereoscopic di PC, kalian dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini.
Cara Edit Foto 3D Stereoscopic di Android Dengan Mudah
  1. Pertama – tama kalian perlu mendownload software Photoshop
  2. Kemudian ambil 3 foto dengan angle berbeda seperti yang kalian lakukan untuk membuat 3D stresocopic di android
  3. Buka software Photoshop, kemudian masukan ketiga foto dan pisahkan ke dalam 3 layers yang berbeda
  4. Untuk mempermudah, urutkan ganti nama layers seuai urutan angka
  5. Buka tab Windows yang ada di atas tampilan, kemudian klik tools Timeline
  6. Atur urutan foto yang ada pada tab Timeline agar foto yang kalian masukan akan bergerak layaknya memutari objek
  7. Atur sedemikian rupa hingga pergerakan dari satu frame ke frame yang lain menjadi semakin halus
  8. Jika sudah, klik tab File kemudian Export dan Render Video

Demikianlah tutorial edit foto 3D Stereoscopic di Android dan PC. Jika kalian ingin bereksperimen, kalian juga dapat mencoba aplikasi – aplikasi lain seperti Kine Master di Android atau GIMP dan Adobe Premiere Pro CC yang ada di PC.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel