Penipuan Berkedok Hadiah Handphone Gratis di Facebook

Penipuan Berkedok Hadiah Handphone Gratis di Facebook - Pernahkah Anda menemukan postingan yang dibagikan oleh teman Anda di Facebook yang menjanjikan akan mendapatkan hadiah berupa ponsel dengan merek ternama? bisa jadi postingan tersebut hanyalah hoax atau penipuan semata.

Penipuan Berkedok Hadiah Handphone Gratis di Facebook

Seperti yang kita ketahui, di zaman ini kita dapat menghasilkan uang dari internet tanpa perlu bekerja seharian dengan mengeluarkan banyak keringat di kantor. Namun, pekerjaan di internet sendiri tidak semuanya positif, terkadang ada saja orang yang memanfaatkan internet untuk mencari uang lewat cara haram seperti melakukan tindakan scamming atau penipuan.

Salah satu penipuan yang kini sedang sering terjadi di media sosial adalah penipuan dengan bermoduskan sebuah giveaway dengan hadiah handphone dengan produk ternama, seperti Xiaomi, ASUS, Samsung, Lenovo dan produk ternama lainnya.

Biasanya penipuan ini dilakukan oleh fanpage dengan menggunakan nama brand terkenal, dengan posting mengajak orang-orang di media sosial untuk me-like fanpage tersebut, share postingannya, dan juga mengomentari postingan tersebut.

Penipuan Berkedok Hadiah Handphone Gratis di FacebookPenipuan Berkedok Hadiah Handphone Gratis di Facebook


Disini penipu akan mendapatkan profit dari jumlah like halaman yang di dapat, penipu akan menjual fanpage tersebut kepada orang lain, semakin banyak jumlah like fanpage tersebut maka harganya juga akan semakin tinggi.

Memang, dari segi material mungkin tidak ada yang tertipu dan mengalami kerugian, akan tetapi tetap saja, memberikan harapan palsu kepada orang-orang di media sosial bukanlah tindakan yang patut di puji. Bayangkan saja, ribuan atau bahkan hingga ratusan ribu orang yang meluangkan waktunya untuk mengikuti perintah-perintah dari si penipu tersebut dengan harapan bisa mendapatkan handphone branded.

Nah, jadi kesimpulannya disini, kita tidak boleh langsung mempercayai sebuah giveaway di media sosial tanpa melakukan crosscheck dan validasi terlebih dahulu apakah benar brand tersebut sedang melakukan giveaway.

Untuk mengetahui bahwa halaman tersebut sedang mengadakan sebuah giveaway, caranya sangatlah mudah, pada halaman resmi untuk sebuah brand, biasanya memiliki tanda ceklis biru di sebelah kanan di namanya. Sedangkan halaman palsu biasanya tidak memiliki ceklis biru di sebelah kanan halamannya.

Dan halaman berkedok penipuan, biasanya menawarkan hadiah palsu dengan syarat harus melaksanakan perintah-perintah yang cukup mudah, seperti like, share atau komen saja. Dan biasanya untuk giveaway dengan hadiah-hadiah dari brand resmi ditawarkan dalam bentuk lomba, atau hal lain yang tertera secara resmi pada halaman asli atau situs resminya.

Demikianlah artikel Penipuan Berkedok Hadiah Handphone Gratis di Facebook, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. Apabila Anda memiliki pertanyaan terkait dengan artikel ini, silahkan komentar di bawah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel