Cara Mengaktifkan Fitur Kode Autentikasi di Facebook

Cara Memasang Kode Autentikasi di Facebook - Facebook merupakan sosial media yang populer sekaligus paling banyak digunakan di seluruh dunia. Tentu saja akun Facebook juga tak luput dari ancaman peretas. Biasanya peretas mencari celah keamanan akun dengan menggunakan situs palsu, keylogger, dan lain sebagainya untuk mencari keuntungan tersendiri dari akun yang ia dapatkan.


Menanggapi ancaman tersebut, tentu saja tim Facebook tidak berdiam diri. Facebook terus gencar meningkatkan keamanan sehingga pengguna Facebook tak perlu khawatir lagi dengan ancaman para peretas. Beberapa hal yang telah dilakukan Facebook untuk meningkatkan keamanan akun penggunanya. Salah satunya yakni dengan menambahkan fitur kode autentikasi.

Kode autentikasi ini adalah fitur keamanan Facebook yang sangat perlu Anda aktifkan agar akun Anda tidak menjadi sasaran empuk para peretas. Pasalnya, setiap akun Anda login pada laman Facebook, Anda akan dimintai untuk memasukan kode autentikasi yang dikirim ke nomor ponsel Anda.

Cara Mengaktifkan Fitur Kode Autentikasi di Facebook

  1. Langkah awal, masuk ke menu Pengaturan.
  2. Kemudian klik menu Keamanan dan Info Login.
  3. Scroll kebawah hingga menemukan Autentikasi dua-faktor.
  4. Lalu pada Gunakan autentikasi dua-faktor klik Edit.
  5. Cara Mengaktifkan Fitur Kode Autentikasi di Facebook
  6. Selanjutnya klik Mulai.
  7. Cara Mengaktifkan Fitur Kode Autentikasi di Facebook
  8. Masukan kata sandi Anda.
  9. Disana Anda dapat memilih dua opsi autentikasi, yakni kode akan di kirim melalui SMS, atau kode autentikasi bisa Anda dapatkan melalui aplikasi seperti Google Authenticator atau Duo Mobile, pilih salah satu, lalu klik Selanjutnya.
  10. Cara Mengaktifkan Fitur Kode Autentikasi di Facebook
  11. Masukan kode yang di kirim melalui SMS atau yang didapat dari aplikasi.
  12. Cara Mengaktifkan Fitur Kode Autentikasi di Facebook
  13. Setelah itu, kode autentikasi telah berhasil di aktifkan.

Setelah mengaktifkan fitur ini, maka setiap kali akun Anda login ke Facebook melalui device atau perangkat baru, maka Facebook akan meminta Anda untuk memasukan kode yang akan di kirim baik melalui SMS atau melalui aplikasi, sehingga jika ada orang lain yang mencoba masuk ke akun Anda melalui perangkat yang tidak dikenal, maka akan sulit untuk menembus fitur keamanan yang satu ini.

Namun, apabila Anda menganggap bahwa fitur ini merepotkan, Anda bisa menonaktifkannya melalui fitur Autentikasi dua-faktor, klik Edit, lalu pilih Nonaktifkan, maka setelah itu Anda tidak akan dimintai kode autentikasi lagi ketika masuk Facebook pada device baru.

Untuk menemukan Autentikasi dua-faktor pada aplikasi Facebook Lite, Anda bisa menemukannya pada menu Pengaturan & Privasi, lalu Pintasan Privasi. Untuk langkah mengaktifkannya sama saja dengan tutorial diatas.

Begitulah Cara Mengaktifkan Fitur Kode Autentikasi di Facebook, semoga dapat bermanfaat. Apabila Anda memiliki pertanyaan terkait dengan artikel ini, silahkan komentar pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel