Cara Mengetahui Performa SSD Menggunakan CrystalDiskMark

Cara Mengetahui Performa SSD Menggunakan CrystalDiskMark - SSD (Solid State Drive) adalah hardware penyimpanan pada komputer yang merupakan komponen yang sangat penting untuk komputer masa kini, khususnya komputer untuk gaming dan editing. Karena SSD memiliki kecepatan membaca lebih cepat daripada HDD. Sehingga loading dalam game akan terasa lebih cepat dan rendering video editing akan lebih cepat daripada menggunakan HDD.

Cara Mengetahui Performa SSD Menggunakan CrystalDiskMark

Harga SSD sendiri lebih mahal daripada HDD. Tentu saja, semakin tinggi kapasitas penyimpanan pada SSD, maka harganya akan semakin lebih mahal. Bukan hanya dilihat oleh harga, tetapi juga dilihat dari kecepatan membaca serta menulis SSD itu sendiri. Semakin tinggi kecepatan membaca dan menulis, maka semakin mahal pula harganya.

Tentu saja, mungkin setelah memiliki SSD, Anda mungkin penasaran dengan performa dari SSD tersebut, oleh karena itu, kali ini saya akan membagikan cara untuk mengetahui performa dari SSD dengan mudah menggunakan software CrystalDiskMark.

Cara Mengetahui Performa SSD Menggunakan CrystalDiskMark

Untuk menginstall software CrystalDiskMark, Anda hanya perlu mengunjungi halaman ini, dan disana Anda dapat mengunduhnya secara gratis, lalu membuka folder downloadnya pada komputer Anda. Setelah itu, Anda hanya perlu membuka file CrystalDiskMark yang sesuai dengan OS Anda (32/64).

Maka selanjutnya disana Anda akan bisa menemukan performa SSD Anda yang tengah berjalan. Seperti kondisi SSD, temperatur SSD, jumlah tulis/baca, model SSD, jenis slot SSD, dan lain sebagainya.


Selain dapat memeriksa SSD, apabila Anda juga menggunakan HDD, Anda juga dapat memantau performa HDD, carnya yakni Anda hanya perlu klik pada menu Disk, lalu pilih HDD.

CrystalDiskMark juga menyediakan beberapa interface atau tema dari softwarenya itu sendiri, Anda bisa memilih tema dengan tampilan standar, atau anime. Serta Anda bisa mengunduhnya dalam format .exe, atau .zip.

Software ini adalah software portable, jadi setelah Anda mengunduh, Anda bisa langsung memakainya tanpa perlu menginstallnya.

Untuk Anda yang ingin mengetahui berapa kecepatan tulis atau baca dari SSD, Anda bisa mengunduh dan menginstall software Samsung Magician di perangkat Anda. Disana Anda bisa mengetahui performa benchmark Anda dengan melakukan proses scanning. Dan pastikan saat proses scanning jangan lakukan aktivitas apapun pada perangkat Anda, agar hasil dari scanning akan maksimal.

Demikianlah Cara Mengetahui Performa SSD Menggunakan CrystalDiskMark, semoga bermanfaat. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan berkaitan dengan artikel ini, silahkan tanyakan pada kolom komentar dibawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel