Cara Melaporkan SMS Penipuan Secara Online

Cara Melaporkan SMS Penipuan Secara Online - Penipuan menggunakan metode SMS sudah sering kita temukan, bahkan setelah kebijakan baru pemerintah (melalui kominfo) tentang pendaftaran NIK dan nomor KK sebelumnya, penipuan masih tetap sering terjadi, dan bahkan tidak ada perbedaan dengan sebelum adanya kebijakan ini.

Cara Melaporkan SMS Penipuan Secara Online

Beragam metode penipuan melalui SMS, yakni diantaranya seperti penipuan mama minta pulsa, penipu yang mengirimkan nomor rekening untuk mengecoh orang-orang yang sedang melakukan transaksi, dan lain sebagainya.

Agar penipuan ini tidak menimpa orang lain, ada baiknya kita untuk segera melaporkan penipuan tersebut agar nantinya di tindak lanjuti oleh pemerintah agar memblokir nomor rekening si pelaku penipuan.

Sebetulnya, ada beberapa cara untuk melaporkan SMS berisi penipuan secara online, salah satunya yakni dengan melaporkannya di LAPOR.GO.ID, namun menurut saya melaporkan disini sangatlah ribet, karena Anda harus terlebih dahulu mendaftar dan melakukan intruksi lainnya.

Cara Melaporkan SMS Penipuan Secara Online

Untuk melaporkan SMS penipuan yang masuk ke ponsel Anda, Anda bisa melaporkannya ke layanan FCC-OJK pada nomor 1-500-655, atau dengan mengirim email ke konsumen@ojk.go.id mengenai SMS penipuan dengan memberikan keterangan serta melampirkan screen capture (sebagai bukti).

OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sendiri adalah sebuah lembaga pemerintah yang berfungsi mengawasi segala kegiatan dalam sektor keuangan. Jadi apabila SMS penipuan tersebut telah di validasi oleh FCC-OJK dan terbukti melakukan penipuan, maka nomor rekening atau nomor telepon si pelaku bisa di blokir, itupun apabila si penipu melampirkan nomor rekening atau nomor telepon pada SMS nya.

Apabila Anda menemukan jenis penipuan menggunakan metode berbeda, seperti metode panggilan, Anda bisa melaporkannya ke lapor.go.id dengan terlebih dahulu merekam percakapan Anda dengan si penipu.

Lapor.go.id sendiri adalah sebuah situs pemerintah yang dapat Anda manfaatkan untuk melaporkan kejadian-kejadian di sekitar Anda atau yang Anda alami.

Demikianlah Cara Melaporkan SMS Penipuan Secara Online Dengan Mudah, semoga dapat membantu Anda. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan terkait dengan artikel ini, silahkan komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel