Cara Menyalin Teks dari Buku / Gambar Tanpa Mengetik di Android

Cara Menyalin Teks dari Buku Tanpa Mengetik di Android - Tugas sekolah atau tugas kuliah, biasanya diharuskan untuk dicari melalui referensi dari buku, majalah, koran atau bahan-bahan yang lainnya. Dan biasanya kita juga harus menuliskan ulang kembali laporan tersebut dengan mengetik secara manual.

Cara Menyalin Teks dari Buku  Gambar Tanpa Mengetik di Android

Namun, bagaimana bila tulisan tersebut cukup banyak, sehingga akan memakan waktu yang cukup lama semisal Anda juga dikejar waktu untuk mengerjakanya ditambah dengan tugas lain, tentu saja dengan mengetik secara manual akan memakan waktu yang cukup lama untuk mengetiknya.

Akan tetapi, kini kemudahan bisa Anda dapatkan melalui genggaman saja, bagaimana tidak, sekarang Anda sudah tidak perlu mengetik ulang secara manual tulisan atau teks yang ada di buku, karena sekarang ini banyak aplikasi-aplikasi canggih yang bermunculan, yang mungkin saja bisa kita pasang di ponsel kita.

Aplikasi yang akan kita gunakan kali ini ialah aplikasi Pemindai Teks [OCR]. Cara kerja dari aplikasi penyalin teks dari buku pada gambar ini sangatlah mudah, caranya Anda hanya perlu mengarahkan kamera kepada teks, hingga teks tersebut dapat membaca secara jelas tulisannya. Berikut adalah tutorial lengkapnya.

Cara Menyalin Teks dari Buku Tanpa Mengetik di Android

  1. Download aplikasi Pemindai Teks [OCR] di Play Store.
  2. Kemudian selanjutnya bawa buku ke tempat yang cerah untuk dipindai.
  3. Arahkan kamera ke teks yang akan di pindai.
  4. Selanjutnya klik tombol bulat biru untuk memulai memindai.
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses pemindaian selesai.
  6. Dan boom! teks sudah dapat di copy-paste.
  7. Cara Menyalin Teks dari Buku / Gambar Tanpa Mengetik di Android

Sementara untuk mengambil teks dari gambar, Anda hanya perlu menekan icon gambar, pada saat membuka aplikasinya. Seperti gambar dibawah ini.

Cara Menyalin Teks dari Buku / Gambar Tanpa Mengetik di Android

Saran saya, apabila Anda ingin mengetiknya di perangkat lain seperti komputer atau laptop, kirimkan teks tersebut ke akun kedua media sosial Anda, agar Anda dapat melakukan copy-paste dengan mudah di komputer atau laptop. Dan agar tidak perlu repot-repot memindahkan file nya melalui USB yang akan memakan waktu yang cukup banyak.

Selain itu, masukan dari saya untuk Anda adalah jangan terlalu sering memakai aplikasi semacam ini, gunakan atau manfaatkan aplikasi ini hanya pada saat-saat genting saja, misalnya seperti kepepet atau tak memiliki waktu yang cukup banyak, atau karena memiliki kesibukan lainnya.

Demikianlah Cara Menyalin Teks dari Buku / Gambar Tanpa Mengetik di Android, semoga bermanfaat. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan terkait dengan artikel ini, silahkan komentar dibawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel