Cara Menampilkan Kecepatan Koneksi Internet di Android

Cara Menampilkan Kecepatan Koneksi Internet di Android - Sekarang, menonton film atau video tidak hanya dapat dilakukan di depan televisi atau bioskop saja, sekarang kita dapat menonton film atau video dalam genggaman ponsel saja, bukan hanya itu, dengan menggunakan Android, kita juga dapat melakukan aktivitas lain seperti bermain video games, membaca dan mengedit dokumen, melakukan transaksi jual-beli, dan lain sebagainya.

Cara Menampilkan Kecepatan Koneksi Internet di Android

Untuk melakukan aktivitas diatas, kita memerlukan koneksi internet untuk melakukannya, walaupun ada sebagian aktivitas yang bisa dilakukan tanpa menggunakan koneksi internet, namun kebanyakan hal memang membutuhkan akses internet, contohnya seperti menonton video, mengunduh file, dan lainnya.

Bila Anda ingin mencoba mengetahui seberapa cepat koneksi internet Anda, Anda bisa mengukurnya menggunakan aplikasi bawaan ataupun aplikasi dari pihak ketiga. Hal ini sangat berguna dimana Anda bisa memantau pengeluaran kuota data internet Anda dan untuk mengetahui apabila ada update yang dilakukan secara otomatis sehingga Anda bisa langsung mematikan data agar kuota tidak habis tersedot karena mendownload aplikasi atau sistem secara otomatis.

Cara Menampilkan Kecepatan Koneksi Internet di Android

Rata-rata ponsel Android tidak memiliki aplikasi atau fitur untuk mengukur koneksi internet secara real-time, dan hanya beberapa saja, sehingga untuk tutorial yang pertama ini, saya akan membagikan tutorial menampilkan kecepatan koneksi internet memakai aplikasi pihak ketiga. Berikut adalah tutorialnya.

Caranya sangatlah mudah, yakni Anda hanya perlu men-download dan meng-install aplikasi Inernet Speed Meter Lite di Play Store. Selanjutnya setelah terinstall, maka akan muncul kecepatan internet yang Anda dapatkan pada saat itu juga (real-time) di pojok kiri atas layar Anda.

Selain Anda bisa mengetahui kecepatan internet Anda secara real-time, Anda juga bisa mengetahui total kuota internet yang Anda pakai dalam sehari, tujuh hari, bahkan dari sebulan sebelumnya.

Akan tetapi, apabila Anda pengguna Xiaomi dengan OS Android MIUI 9, Anda bisa mengaktifkan fitur kecepatan koneksi melalui pengaturan. Caranya buka pengaturan selanjutnya pilih menu Notifikasi dan bar status, lalu aktifkan opsi Tampil kecepatan koneksi. Setelah itu, maka akan muncul kecepatan internet Anda pada notifikasi bar, di dekat baterai.

Demikianlah Cara Menampilkan Kecepatan Koneksi Internet di Android, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan terkait dengan artikel ini, silahkan komentar dibawah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel