Cara Upgrade Kartu 3G ke 4G LTE Telkomsel Terbaru

Cara Upgrade Kartu 3G ke 4G LTE Telkomsel Terbaru - Saat ini jaringan 4G sudah banyak tersedia di hampir seluruh penjuru Indonesia, jaringan 4G sendiri memiliki kecepatan lebih cepat daripada jaringan 3G. Kecepatan 4G dari beberapa provider di Indonesia bisa mencapai 4Mbps hingga 12Mbps tergantung dengan providernya.

Salah satu provider internet yang memiliki kecepatan internet 4G paling tinggi ialah Telkomsel. Ya, untuk provider ini sendiri seperti yang dikutip dari situs Kompas.com, kecepatan download daripada provider yang satu ini bisa mencapai 12.9Mbps, sementara untuk upload sendiri bisa mencapai 7.3Mbps.

Cara Upgrade Kartu 3G ke 4G LTE Telkomsel Terbaru

Dalam waktu yang sama, beberapa waktu yang lalu, KOMINFO membuat peraturan baru mengenai penggunaan kartu perdana, yakni kita harus mendaftarkan data diri NIK dan KK, serta membatasi jumlah pendaftaran pada kartu perdana, yakni maksimal hanya bisa mendaftarkan 3 kartu saja.

Saya sendiri memiliki kartu perdana Telkomsel yang masih memiliki jaringan 3G, sangat merepotkan apabila harus membeli kartu perdana lain dan mendaftarkan kembali menggunakan NIK dan KK. Apalagi saat ini pendaftaran kartu perdana sudah dibatasi kecuali apabila kita mendatangi Grapari untuk bisa mendaftarkan lebih dari 3 kartu.

Akhirnya saya berfikir untuk mengupgrade kartu perdana saya menjadi kartu 4G dan menggunakan kartu tersebut untuk internetan, setelah saya cari tahu, ternyata kita bisa mengupgrade kartu dari 3G menjadi 4G dalam beberapa langkah, yakni upgrade 3g ke 4g secara online melalui website telkomsel, serta mendatangi langsung ke grapari.

Cara Upgrade Kartu 3G ke 4G LTE Telkomsel Tanpa ke GraPARI

  1. Buka situs https://mobi.telkomsel.com/usim
  2. Isi data diri Anda seperti Nomor HP, alamat tempat tinggal sekarang dengan kode pos, serta Email.
  3. Tunggu paket dari Telkomsel yang berisi kartu khusus untuk Upgrade 4G.
  4. Setelah itu, pada kartu lama Anda (yang masih 3G) tekan dial *888*46#.
  5. Lalu pilih menu nomor 1.
  6. Kemudian nanti Anda akan menerima SMS yang berisi PIN 4G, simpan PIN tersebut.
  7. Lepas kartu lama Anda (3G) dan masukan kartu Upgrade 4G di ponsel Anda.
  8. Selanjutnya tekan dial *888*46#.
  9. Kemudian pilih menu nomor 2.
  10. Masukan nomor PIN 4G yang telah disimpan sebelumnya.
  11. Dan terakhir pilih Yes, lalu Anda akan menerima SMS konfirmasi upgrade kartu. Apabila Anda tidak menerima SMSnya, restart dulu ponsel Anda.

Apabila Anda tidak bisa melakukan upgrade kartu 3g ke 4g telkomsel secara online, dan menerima SMS notifikasi "Untuk saat ini nomor Anda direkomendasikan untuk tukar kartu 4G di GraPARI terdekat. Klik di sini.", solusinya yakni dengan membeli kartu khusus upgrade yang sekarang banyak ditemukan di toko online, atau dengan mendatangi GraPARI telkomsel.

Cara Upgrade Kartu 3G ke 4G LTE Telkomsel di GraPARI

  1. Langkah pertama, ketahui dulu lokasi GraPARI terdekat di daerah Anda disini.
  2. Selanjutnya datang ke GraPARI dengan membawa beberapa syarat, seperti KTP (asli) dan KK (bisa fotocopy).
  3. Kemudian Anda akan diberikan nomor antrian, tunggu saja hingga Anda dipanggil atau mendapat SMS ke nomor Anda.
  4. Setelah Anda dipanggil, Anda bisa meminta kepada costumer service untuk melakukan upgrade dari 3G ke 4G.
  5. Anda akan dimintai KTP dan KK, serta kartu lama Anda.
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses ugrade selesai.

Apakah upgrade kartu menjadi 4G akan mengubah nomor? tentu saja tidak, upgrade kartu 3G ke 4G tidak akan mengubah nomor hp Anda, hanya jaringannya saja, dari yang awalnya hanya bisa menikmati jaringan 3G saja, setelah upgrade Anda bisa menggunakan kedua jaringan baik itu 3G dan juga 4G.

Setelah berhasil melakukan upgrade kartu dari 3G ke 4G, Anda bisa mendapatkan bonus kuota gratis 5GB yang hanya bisa digunakan pada jaringan 4G yang aktif selama 30 hari. Bonus akan diterima beberapa saat setelah Anda berhasil melakukan upgrade kartu 4G. Akan tetapi, tidak semua pelanggan Telkomsel yang berhasil melakukan upgrade kartu ke 4G bisa mendapatkan bonus ini, bonus ini bisa didapat oleh pengguna Telkomsel yang memiliki masa aktif kartu lebih dari 6 bulan dan tidak dalam masa tenggang.

Begitulah Cara Upgrade Kartu 3G ke 4G LTE Telkomsel Tanpa Ganti Kartu Terbaru, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan terkait dengan artikel ini, silahkan komentar dibawah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel