5 Cara Mengatasi Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti

5 Cara Mengatasi Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti - Semua ponsel khususnya yang memiliki sistem Android seringkali dapat memiliki berbagai masalah, darimulai bootloop, masalah terkena serangan virus, atau masalah crash dari aplikasi karena disebabkan oleh sistem atau aplikasi.

Sistem UI sendiri adalah layanan sistem yang berjalan secara otomatis, layanan sistem UI sendiri adalah status bar / notification bar, serta navigation bar. Lalu apa itu status bar serta navigation bar?

5 Cara Mengatasi Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti

Status bar / notifikasi bar sesuai dengan namanya adalah tempat dimana Anda biasanya menerima notifikasi atau tempat dimana Anda biasa melihat baterai dan sinyal. Sementara navigation bar adalah beberapa fungsi tombol virtual seperti tombol back, home, atau recent app.

Error Unfortunately, System UI has stopped adalah error yang paling menyebalkan yang terjadi di Android. Pasalnya error ini benar-benar sangat mengganggu, karena setelah kita menekan tombol Ok, notifikasi error tersebut akan hilang, namun dalam beberapa saat akan muncul lagi hingga terus menerus.

Mengapa error ini bisa terjadi? apa penyebabnya? error Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti ini dapat terjadi karena beberapa hal, seperti karena bug, file sistem yang corrupt, atau terjadi karena root.

5 Cara Mengatasi Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti

Sebelum Anda membawanya ke tempat service, ada baiknya Anda mencoba memperbaikinya sendiri. Ada 5 cara untuk memperbaiki masalah ini. Simak beberapa langkahnya dibawah ini.

#1. Hapus Chache Sistem UI

  1. Buka Pengaturan di Android Anda.
  2. Kemudian pilih menu Aplikasi.
  3. Scroll down hingga menemukan System UI dan pilih opsi tersebut.
  4. Pilih Hapus Chache.
  5. Selesai, restart ponsel Anda.

Bila Anda telah melakukan restart pada ponsel Anda namun masalah Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti ini belum terselesaikan, maka coba langkah berikutnya.

#2. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Dibutuhkan / Memakan Banyak RAM

Masalah Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti bisa disebabkan oleh aplikasi atau karena RAM yang terlalu penuh karena aplikasi berjalan dilatar belakang, oleh karena itu, silahkan uninstall aplikasi-aplikasi tersebut, kemudian restart ponsel Anda dan rasakan perbedaannya.

Untuk mengetahui aplikasi yang memakan banyak ruang RAM, Anda bisa menceknya melalui Pengaturan, kemudian pada menu Manajer Aplikasi, dan selanjutnya geser tab ke Aplikasi Berjalan.

Namun bila cara ini masih belum juga bisa digunakan, silahkan baca cara berikutnya.

#3. Update Sistem Android

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, masalah ini bisa saja terjadi disebabkan oleh sistem Android yang mungkin saja corrupt. Oleh karena itu disarankan agar Anda mencoba untuk melakukan update sistem Android Anda ke versi paling baru. Bagaimana caranya?
  1. Buka Pengaturan.
  2. Kemudian scroll down hingga menemukan About Phone / Tentang Perangkat.
  3. Selanjutnya pilih menu tersebut.
  4. Lalu terakhir pilih Update Sistem.

Namun bagaimana bila sistem telah diperbarui atau tidak ada lagi pembaruan sistem? silahkan coba cara berikutnya.

#4. Reset Pabrik

  1. Buka Pengaturan di ponsel Anda.
  2. Selanjutnya pilih menu Buat cadangan & setel ulang.
  3. Lalu Kembalikan ke setelan pabrik.
  4. Dan terakhr pilih Setelan pabrik.

Sebelum melakukan opsi ini, pastikan Anda telah membackup atau memindahkan data penting yang ada penyimpanan internal ke memori eksternal / sd card. Karena dengan melakukan reset pabrik, semua data yang tersimpan di memori internal baik itu data sistem atau data pribadi Anda akan ikut tereset.

#5. Flash Ulang Android Anda

Harusnya langkah-langkah sebelumnya sudah mampu mengatasi masalah Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti. Namun, bila masalah belum juga terselesaikan mungkin itu bisa saja terjadi karena kesalahan sistem yang disebabkan kegagalan saat melakukan penginstallan ROM. Oleh karena itu, jalan satu-satunya yaitu dengan melakukan flash ulang.

Flash ulang setiap perangkat Android sendiri berbeda-beda, Anda bisa mencari tutorialnya di Google atau komentar dibawah agar saya buatkan artikel tutorialnya.

Sama seperti cara #4, dengan melakukan flash ulang pastikan Anda telah membackup atau memindahkan data penting yang ada penyimpanan internal ke memori eksternal / sd card. Karena dengan melakukan flash ulang, semua data yang tersimpan di memori internal baik itu data sistem atau data pribadi Anda akan ikut tereset.

Begitulah 5 Cara Mengatasi Sayangnya Sistem UI Telah Terhenti, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Apabila Anda masih belum bisa menyelesaikan masalahnya walaupun telah melakukan semua langkah diatas, ada baiknya Anda membawa perangkat Anda ke teknisi ponsel terdekat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel