Cara Menemukan Arah Kiblat Menggunakan Qibla Finder di Android

Cara Menemukan Arah Kiblat Menggunakan Qibla Finder di Android - Di bulan Ramadhan ini, tentu banyak sekali yang melakukan perjalan mudik ke kampung halaman, bahkan berdampak pada padatnya jalan raya. Sebagai warga negara yang beriman, tentu dalam waktu apapun dan kapanpun kita tidak lupa akan beribadah terutama saat sedang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

Namun, bila Anda sedang berada didalam perjalanan, tentu mungkin Anda akan sulit mengetahui arah kiblat, apalagi bila Anda tidak membawa kompas. Akan tetapi, seiring berkembangnya zaman, berbagai aplikasi yang dapat membantu aktivitas keseharian kita juga banyak muncul, terutama pada ponsel cerdas Android.

Cara Menemukan Arah Kiblat Menggunakan Qibla Finder di Android

Salah satu aplikasi yang dapat membantu aktivitas keseharian kita adalah aplikasi Qibla Finder, sesuai dengan namanya aplikasi ini berfungsi bagi kita untuk menemukan arah kiblat yang benar hanya melalui ponsel.

Akan tetapi, untuk dapat menggunakan aplikasi ini, ponsel Anda harus dilengkapi dengan akses GPS dan koneksi internet. Qibla Finder ini adalah aplikasi resmi dari Google. Untuk menggunakan Qibla Finder, Anda tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga, melainkan hanya menggunakan browser Google Chrome saja.

Lalu bagaimana cara menggunakan Qibla Finder dengan benar untuk menentukan arah kiblat melalui android?

Cara Menggunakan Qibla Finder di Android

  1. Pertama, aktifkan fitur GPS pada ponsel Anda, pastikan Anda juga telah mengaktifkan koneksi internet.
  2. Kemudian buka browser Chrome, selanjutnya masuk ke qiblafinder.withgoogle.com
  3. Pilih negara dimana Anda sedang berada, lalu tap Let's Go atau Ayo.
  4. Cara Menemukan Arah Kiblat Menggunakan Qibla Finder di Android
  5. Selanjutnya masukan lokasi persis dimana Anda sedang berada, atau tap icon yang berada dipojok kanan bawah, seperti pada gambar dibawah ini untuk menampilkan secara otomatis lokasi Anda sedang berada.
  6. Berikutnya akan muncul notifikasi perizinan untuk menampilkan lokasi Anda menggunakan GPS, pilih Izinkan.
  7. Cara Menemukan Arah Kiblat Menggunakan Qibla Finder di Android
  8. Terakhir akan muncul lokasi Anda dan akan muncul garis biru yang menunjukan arah kiblat yang benar dilokasi Anda.

Karena Qibla Finder ini bukanlah aplikasi pihak ketiga yang perlu diinstall terlebih dahulu sebelum digunakan, aplikasi dari Google ini terbilang ringan, sehingga tidak memerlukan ruang penyimpanan sedikitpun saat menggunakannya.

Walaupun tidak memerlukan ruang penyimpanan, namun saat menggunakan Qibla Finder ini, disarankan agar digunakan pada ponsel dengan minimal RAM 1GB, atau setidaknya dengan tidak menjalankan aplikasi dilatar belakang, karena terkadang bisa menyebabkan force close atau crash pada aplikasinya.

Selain meminta izin akses Lokasi atau GPS, Qibla Finder juga akan meminta izin akses kamera, hal ini agar lokasi dimana Anda berada didapatkan secara akurat.

Sebetulnya banyak aplikasi lain di Play Store untuk dapat mengetahui arah kiblat secara akurat dalam berbagai tampilan seperti kompas, dan lainnya, akan tetapi Qiblat Finder sendiri saya sering gunakan karena penggunaanya yang lebih simpel, ringan dan mudah. Selain itu, mengingat Qiblat Finder yang satu ini adalah aplikasi resmi dari Google.

Namun, bila Anda kurang memahami Qiblat Finder dari Google ini, Anda dapat mengunduh Qiblat Finder dengan tampilan kompas di Play Store dengan nama aplikasi yang sama. Aplikasi tersebut juga hanya memerlukan akses GPS dan konseksi internet untuk bisa mengaksesnya.

Begitulah Cara Mudah Menemukan Arah Kiblat Menggunakan Qibla Finder di Android, semoga dapat bermanfaat untuk Anda, apabila memiliki pertanyaan terkait artikel ini, silahkan ajukan pertanyaan Anda pada kolom komentar dibawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel